Tips Untuk Mengatasi Gangguan Bau Mulut


Bau mulut dapat terjadi secara permanen atau sementara. Gangguan ini memberikan dampak atau citra yang negatif bagi penderitanya. Apalagi jika bau mulut tersebut kronis atau dalam bahasa kedokteran disebut sebagai halitosis. Bau mulut biasanya disebabkan oleh pembusukan partikel makanan atau sisa-sisa makan dalam mulut serta bakteri dalam mulut. Adapun penyebab bau mulut, bisa dikarenakan gangguan perut, penyakit, mulut kering, rokok atau kopi dan alkohol, makanan beraroma, tonsilitis, atau karena bakteri di dalam mulut.

READ:  Mencegah Gigi Sensitif Dengan Mengurangi Makanan Asam

Berikut tips untuk mengatasi bau mulut, diantaranya;

1. Sikat gigi setelah makan

Pastikan menyikat gigi minimal dua kali sehari. Menyikat gigi dapat membersihkan sisa makanan dan bakteri yang menyebabkan mulut berbau.

2. Menyikat lidah

 

Membersihkan lidah secara rutin seperti menyikat gigi dengan bulu sikat yang lembut dapat membersihkan bakteri dan sisa makanan penyebab bau mulut.

 

3. Membersihkan gigi palsu

Jika menggunakan gigi palsu sebaiknya dibersikan sama seperti membersihkan gigi normal. Karena gigi palsu juga bisa menyebabkan bau mulut karena kotor.

READ:  Penatalaksanaan Pasien dengan Abrasi Gigi

4. Minum air putih sebanyak mungkin

Untuk menjaga mulut tetap basah dan menghilangkan partikel makanan dan bakteri, minum air putih sangat dianjurkan.

5. Pemeriksaan gigi secara teratur

Gigi yang keropos dan tidak sehat juga bisa jadi sumber bau mulut. Memeriksanya secara rutin 6 bulan sekali, dianjurkan untuk mengurangi potensi bau mulut.

6. Menghilangkan kebiasaan merokok dan minum alkohol

Kebiasaan merokok dan mengkonsumsi alkohol salah satu penyebab dari bau mulut. Meninggalkan kebiasaan itu selain menjaga bau mulut segar juga baik bagi kesehatan tubuh.

READ:  Kesehatan Gigi dan Mulut

7. Mengkonsumsi makanan berserat

Mengkonsumsi makanan berserat seperti sayur-sayuran dan buah-buahan segar serta menghindari makanan yang dapat menyebabkan bau mulut seperti bawang, petai, dan makanan yang manis dapat mencegah bau mulut. Makanan berserat juga berfungsi melancarkan saluran pencernaan. Gangguan pencernaan terkadang juga menjadi penyebab bau mulut tak sedap.