Hal yang Harus Diketahui Sebelum Membuat Rencana Bisnis

Hal yang Harus Diketahui Sebelum Membuat Rencana BisnisRencana bisnis (business plan) adalah sebuah prasyarat kunci sebelum Anda memulai sebuah bisnis. Tanpa rencana bisnis yang matang, besar kemungkinan bisnis yang Anda kelola akan menemui sejumlah hambatan dan kendala di saat-saat yang tidak terduga.


Jika rencana bisnis disusun dengan baik, maka akan menjadi salah satu faktor pendukung kesuksesan bisnis Anda. Sebaliknya jika rencana bisnis Anda disusun seadanya saja, maka pengaruhnya pada eksistensi bisnis Anda juga tentu tidak baik.

Sebuah rencana bisnis tentu akan menjadi pegangan Anda selama menjalankan bisnis, baik ketika menghadapi masa-masa kesuksesan maupun saat berhadapan dengan aneka masalah yang bisa menghambat perjalanan bisnis Anda.

 

Nah, berikut ini adalah 3 hal yang perlu Anda ketahui untuk mempersiapkan diri ketika menyusun sebuah rencana bisnis (business plan) yang baik:

 

1. Anda harus siap dari kemungkinan yang terbaik dan terburuk. Kedua hal ini dapat terjadi dan Anda perlu mempersiapkan diri untuk menghadapinya ketika memulai suatu bisnis. Semakin piawai Anda merumuskan segala kemungkinan yang bakal terjadi di masa mendatang, maka akan semakin kuat pijakan bisnis Anda menapaki tangga kesuksesan.

2. Menjelaskan rencana bisnis yang baik dan hal ini benar-benar penting! Sebuah rencana bisnis yang baik akan berisi sumber daya yang tersedia untuk Anda, apa yang Anda rencanakan untuk dijual dan layanan apa yang Anda rencanakan untuk menjual. Rencana bisnis juga setidaknya memuat aspek waktu, ruang dan strategi masa depan.

 

3. Dapatkan informasi tentang bisnis dari sumber yang terpercaya, entah itu dari buku, situs online, atau orang-orang yang Anda kenal. Adapun informasi yang harus anda dapatkan yaitu  jenis informasi yang terbaik, jangan informasi seadanya saja. Semakin lengkap informasi yang Anda peroleh akan semakin mempermudah Anda membuat rencana bisnis masa depan.

Demikianlah 3 hal penting yang perlu Anda ketahui ketika akan menyusun sebuah rencana bisnis (business plan) yang baik untuk usaha dan bisnis Anda saat ini.