Survei dari Usaha yang Laris

Survei dari Usaha yang LarisPernah Anda melihat usaha jajanan gerobak yang dikerubungi pembeli bahkan sampai antre? Pasti pernah, ya? Saya paling senang mencoba jajanan yang ramai pembeli karena ingin tahu lalu kalau memang rasanya cocok kemungkinan besok-besok saya akan kembali untuk jajan.


Buat Anda yang ingin buka usaha jajanan, coba untuk melakukan icip-icip ke beberapa usaha sejenis yang ramai. Icip-icip ini sekaligus melakukan survei langsung dan pencatatan perbandingan apa kelebihan dan kekurangan dari masing-masing usaha. Bila Anda ingin buka usaha mi ayam, Anda tinggal datang mencoba ke usaha mi ayam yang laris manis, asah kepekaan Anda untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari masing-masing usaha mi tersebut.

Hal yang perlu Anda perhatikan saat survei produk adalah (contoh dalam usaha mi ayam):

 

1. Isi produk

 

Anda harus memperhatikan isi dan mi yang dihidangkan, misal: menggunakan mi keriting atau mi kuning, bumbu ayamnya, minyak, sayur yang dipakai, dan sebagainya.

2. Rasa produk

 

Anda harus mencoba cita rasa dan kekhasan rasa mi tersebut. Apakah mi dibuat dengan rasa ala chinese, ala wonogin, dan sebagainya.

3. Jumlah dalam porsi

Anda harus memperhatikan banyaknya komposisi hidangan, misal berapa banyak mi yang bisa diukur dan isi dalam mangkok, berapa sendok makan banyak bumbu ayam, berapa potong sawi termasuk berapa banyak pelengkapnya seperti berapa bakso yang diberikan dalam satu porsi atau begitu juga pangsitnya.

4. Cara penyajian

Anda harus melihat bagaimana mi tersebut diolah dan cara penyajiannya. Misal, mi tersebut direbus berapa lama, bagaimana urutannya mi dulu, minyak dulu, atau kecap dulu? Kemudian disajikan terpisah atau campur dengan pelengkapnya dan sebagainya.

5. Perangkat produk

Anda harus memperhatikan apa saja perangkat dan peralatan yang dipakai untuk usaha. Seperti jenis mangkok untuk menghidangkan mi, besar kecilnya, jenis sendok dan garpu bahkan sumpitnya, dan perangkat lain yang dibutuhkan usalia mi ayam.

6. Pelengkap produk

Anda harus memperhatikan apa saja yang menjadi pelengkap usaha dan jenisnya. Seperti dalam usaha mi ayam pelengkapnya adalah jenis bakso, pangsit, sambal botol, kecap asin, dan sebagainya.

7. Menu penunjang lainnya

Anda perlu memperhatikan menu apa saja yang dijual bersama produk utama. Seperti minuman apa yang cocok dijual bersama, atau makanan kecil lain seperti kerupuk atau gorengan dan bahkan menu jajanan lain misal, bakso kuah, pangsit rebus, mi jenis lainnya.