Belajar Usaha Jajanan Gerobak di UKMKU

Belajar Usaha Jajanan Gerobak di UKMKUPada awal tahun 2009 Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Erman Suparno mengunjungi sebuah tempat kursus dan pelatihan wirausaha setelah membaca artikelnya di harian Warta Kota.


Menakertrans ingin sekali berkunjung ke tempat kursus tersebut karena selain diminati oleh banyak kalangan, harga kursusnya terjangkau tapi pesertanya banyak mendapatkan manfaat dan dapat buka usaha sendiri.

Menakertrans memberikan dukungan bagi tempat kursus dan anggotanya karena diharapkan dapat membantu ekonomi keluarga dengan berwirausaha dan menjadi solusi bagi korban pemutusan hubungan kerja (PHK) yang sedang marak pada tahun ini karena krisis ekonomi yang sedang melanda dunia.

 

Tempat kursus dan pelatihan tersebut bernama UKMKU yang merupakan singkatan dan Usaha Kecil Menengah-Ku. UKMKU merupakan suatu wadah yang didirikan oleh Wulan Ayodya sejak tahun 2006.

 

Tujuan dari didirikannya UKMKU adalah untuk memberikan edukasi dan informasi di bidang wirausaha khususnya usaha kecil dan menengah. Harapan dari Wulan Ayodya semoga UKMKU dapat bermanfaat untuk meningkatkan ekonomi rumah tangga dan masyarakat kecil dengan berwirausaha. UKMKU memberikan informasi dan edukasi wirausaha dalam bentuk:

1. Kursus Keterampilan Berikut Pelatihan Buka Usaha

 

UKMKU mengadakan kursus aneka pelatihan keterampilan seperti membuat aneka jajanan, roti, kue-kue, dan aneka masakan Iainnya berikut diajarkan cara berbisnisnya. UKMKU bekerja sama dengan beberapa praktisi usaha untuk memberikan kursus memasak sekaligus diberikan pelatihan wirausaha pada jenis keterampilan yang dipilih.

Contohnya: kursus jajanan mi ayam diajarkan oleh praktisi yang juga sudah membuka usaha mi ayam.

Aneka Kursus Wirausaha & Pelatihan Keterampilan di UKMKU

1. Kursus Usaha Roti Rakyat

2. Kursus Usaha Roti Unyil

3. Kursus Usaha Roti Home Made

4. Kursus Usaha Aneka Roti Goreng

5. Kursus Usaha Aneka Bakso

6. Kursus Usaha Mi Ayam Pangsit

7. Kursus Usaha Aneka Risoles

8. Kursus Usaha Aneka Soes

9. Kursus Usaha Katering Rantangan & Boks

10. Kursus Usaha Katering Pesta

11. Kursus Membuat Blog Promosi untuk Pemula

12. Kursus Membuat Blog Promosi untuk Lanjutan

13. Kursus Usaha Kuliner untuk Pemula

14. Kursus Usaha Burger

15. Kursus Usaha Es Puter

16. Kursus Usaha Brownies Kukus

17. Kursus Usaha Bolu & Cake Ekonomis

18. Kursus Usaha Tart Mini & Cup Cakes

19. Kursus Usaha Roti Boy

20. Kursus Usaha Martabak

21. Kursus Usaha Molen Pisang Bandung

22. Kursus Usaha Kue Kering

23. Kursus Pemasaran Usaha Kuliner

24. Kursus Aneka Pasta Panggang

25. Kursus Pizza

26. Kursus Membuat Cokelat Hias

27. Kursus Menghias Payet (tingkat dasar)

28. Kursus Sulam Pita

2. Jasa konsultasi usaha

UKMKU memberikan jasa konsultasi khususnya untuk wirausaha. Jasa konsultasi ini ditujukan bagi mereka yang ingin mendapatkan petunjuk untuk usahanya secara khusus.

3. Media Informasi dengan Web Site dan Blog

UKMKU memiliki sarana web site (www.ukmku.com) dan blog (www.ukmku.blogspot.com) yang memberikan informasi khususnya tentang usaha kecil dan menengah (UKM) dengan menu program yang menarik seperti: 1.000 peluang bisnis, artikel wirausaha, berita-berita tentang usaha, tip-tip usaha, konsultasi online, dan pembelian buku online. Blog kami khusus menyajikan cerita-cerita mengenai usaha kecil yang inspiratif dan berdasarkan pengalaman nyata. Di samping itu, blog kami memuat tentang kisah nyata peserta kursus kami yang sudah menjalankan usaha.

4. Seminar dan Program Training Institusi

UKMKU menyediakan jasa seminar dan pelatihan untuk kelompok dan intitusi yang membutuhkan edukasi tentang wirausaha. Seminar dan program training disesuaikan kebutuhan kelompok atau perusahaan yang mengundang. Program training yang diberikan seperti, pelatihan profil bisnis, mempersiapkan masa pensiun (MPP), pemutusan hubungan kerja (PHK), pensiun dini, dan pembekalan kewirausahaan. Topik seminar yang diberikan mengenai kewirausahaan.