8 Cara Mengurangi Risiko Bisnis Sekaligus Memaksimalkan Potensi

 

8 Cara Mengurangi Risiko Bisnis Sekaligus Memaksimalkan PotensiLUTIMNEWS.COM – INVESTASI – Pada akhirnya, selalu ada risiko ketika bicara tentang bisnis. Pada intinya, bisnis tidak pasti. Namun, itu bukan berarti tidak ada cara untuk mengurangi risiko dan meningkatkan peluang keberhasilan.

Bahkan, keberhasilan Anda sebagai pengusaha atau pemilik bisnis kemungkinan akan tergantung pada kemampuan Anda untuk mengurangi risiko sekaligus memaksimalkan potensi.

Perlu dicatat bahwa tidak semua risiko diciptakan sama. Bahkan, setiap kali Anda mengambil kesempatan, hasilnya bergantung pada sejumlah keadaan independen yang mungkin atau mungkin tidak berbeda untuk situasi Anda. Kuncinya adalah menemukan situasi dan risiko yang membatasi hasil yang berpotensi negatif sekaligus memaksimalkan kesempatan hasil yang positif.

Banyak orang yang tidak menyadari ada perbedaan. Hal ini menyebabkan mereka cenderung membuat keputusan bodoh atau takut mencoba. Menurut Ben Michaelis, PhD, “Alasan bahwa orang biasanya mundur pada gagasan risiko adalah bahwa banyak dari kita yang dibesarkan dalam lingkungan yang menghindarinya.”

Sebelum Anda dapat belajar bagaimana untuk mengurangi risiko sekaligus memaksimalkan potensi, Anda harus memahami ide dasar ini. Setelah itu, Anda tentu akan membuat pilihan cerdas dan bertanggung-jawab.

BACA JUGA:  Sedang Menelusuri Bisnis Waralaba? Tanyakan 5 Hal Ini!

Nah, berikut adalah tips mengurangi risiko dan memaksimalkan potensi:

 

1. Gunakan dengan cerdas

Menurut Scott Lovingood, CEO Wealth Squad, Inc., “Risiko bisnis nomor satu bagi sebagian besar bisnis kecil adalah manajemen arus kas yang tidak benar.” Mengurangi risiko ini membutuhkan anggaran yang cermat dan perhatian terhadap detail yang ketat.

Anda harus membuat rencana kontingensi jangka panjang dan sisihkan mana saja dari tiga sampai enam bulan dari biaya operasi dalam persediaan cadangan. Hal ini memastikan Anda aman untuk jangka waktu jika terjadi kesalahan.

2. Diversifikasi klien

Meskipun tidak mungkin dalam setiap bisnis, Anda harus berusaha untuk diversifikasi portofolio klien Anda untuk memasukkan pelanggan di berbagai industri. Hal ini untuk mencegah bisnis Anda dari kerugian jika industri tertentu runtuh atau kehilangan permintaan untuk produk dan jasa yang Anda tawarkan.

3. Jangan bergantung pada klien

Terkait erat dengan tips sebelumnya adalah ide menghindari ketergantungan pada klien. Ini berarti jangan pernah membiarkan bisnis Anda bergantung pada persentase besar pendapatan berasal dari salah satu klien.

BACA JUGA:  Meraup Untung Dari Bisnis Oleh-oleh Di Daerah Wisata

Jika pelanggan utama membentuk 60 persen dari pendapatan Anda, kehilangan kontrak bisa memaksa bisnis Anda gulung tikar. Lakukan pengembangan distribusi klien, bahkan untuk melindungi diri terhadap risiko ini.

4. Lindungi staf kunci

Apakah bisnis Anda bergantung pada orang-orang tertentu yang – dalam istilah Lovingood: “kritis untuk bisnis Anda”? Jika demikian, salah satu cara terbaik untuk melindungi diri dari kehilangan staf kunci ialah memberikan jaminan polis asuransi.

5. Menilai kembali rencana bisnis

Tujuan bisnis Anda dan prosesnya kemungkinan akan berubah dari waktu ke waktu, sehingga perlu untuk menilai kembali rencana bisnis Anda secara teratur. Hal ini memastikan organisasi bergerak ke arah yang benar dan dapat beradaptasi dengan perubahan yang diperlukan.

Selain itu, hal tersebut akan memaksimalkan potensi Anda dengan memastikan Anda mengambil keuntungan dari peluang baru.

6. Investasikan kembali

Perusahaan hampir selalu menginvestasikan kembali keuntungan yang bertentangan dengan pemotongan gaji besar yang berhasil dalam jangka panjang. Menurut Jonathan Caplan dari Fruitful Property Investments, “Investasi selalu melibatkan beberapa tingkat risiko, tapi saya berpendapat bahwa melakukan apa saja berisiko. Anda perlu untuk membuat uang Anda bekerja untuk Anda.”

BACA JUGA:  5 Fakta Penting Tentang Seorang Entrepreneurs

7. Usahakan pembayaran tetap rendah

Menurut pakar investasi Joshua Kennon, bukan utang yang menyakiti seseorang; tapi ketidakmampuan mereka untuk melakukan pembayaran. Dengan kata lain, Anda perlu untuk bekerja dalam sebuah sistem yang memungkinkan Anda untuk melakukan pembayaran yang lebih kecil ketika arus kas Anda rendah dan lebih besar ketika arus kas sehat.

Hal ini memerlukan pembayaran tetap rendah sehingga Anda dapat menggunakan modal kerja untuk membayar biaya variabel.

8. Catat semuanya

Sebagai aturan umum, catat semua yang Anda lakukan. Entah itu kontak, pemberitahuan, banding, usulan, atau apapun, tuliskan. Ini melindungi Anda dalam jangka panjang dan memastikan setiap miskomunikasi tidak membawa masalah.

Belajar bagaimana meminimalkan risiko sekaligus memaksimalkan potensi adalah sesuatu yang membutuhkan waktu bertahun-tahun dan puluhan tahun untuk sempurna.

(photo: http://tolmanandwiker.com)

TOPIK TERBARU:

gerobak rokok gratis, hari baik membeli barang elektronik, pertanyaan tentang aspek keuangan, cara membuat gir untuk tawuran, sebutkan contoh wirausaha yang terinspirasi dari gagasan orang lain, iklan kesehatan bahasa jawa, gaji karyawan hisana fried chicken, sebutkan dan jelaskan cara memperoleh permodalan bagi PT, contoh perusahaan non manufaktur, yang termasuk lapangan pemberian jasa adalah, cara perhitungan arisan menurun, contoh percakapan melobi, analisis swot rendang, slogan makanan tradisional, contoh peluang dari konsumen