Analisis SWOT

 

Analisis SWOTAnalisis SWOTApa yang dimaksud analisis SWOT dan apa kegunaannya untuk usaha jajanan gerobak? Mendengar kata analisis SWOT rasanya kok ilmiah sekali dan apa cocok usaha kecil seperti usaha jajanan gerobak memakai analisis SWOT?

Analisis SWOT adalah analisis berdasarkan Strong (Kekuatan), Weak (Kelemahan), Opportunity (Kesempatan), dan Threat (Ancaman). Sebelum buka usaha lebih baik Anda melakukan analisis SWOT untuk rencana usaha yang akan dipilih dan lakukan analisis SWOT pada usaha pesaing. Tujuannya agar Anda dapat mengetahui kekuatan, kelemahan usaha Anda, dan juga menganalisis apa kesempatan yang membuat usaha Anda dapat maju dan juga ancaman yang dapat menjadi kendala pada usaha.

Nah, untuk mengetahui keunggulan produk yang Anda jual untuk usaha jajanan dapat pula digunakan analisis SWOT berikut, juga Anda dapat menganalisis keunggulan produk pesaing.

BACA JUGA:  Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Penjualan Jajanan Gerobak

Contoh menganalisis SWOT untuk produk jajanan Anda:

Anda menganalisis produk yang hendak Anda jual misal, Bakwan Malang. Anda mengukur dan menilai produk Anda sendiri secara jujur dan dapat pula analisis mi dilakukan orang lain yang sudah Anda beri contoh produk.

Analisis Usaha Jajanan Bakwan Malang Saya:

 

Analisis kekuatan:

1. Rasa bakwan malang saya enak, disukai dan punya rasa khas.

2. Harga jual bersaing.

3. Bakwan malang saya bebas bahan kimia dan bahan pengawet.

Hal yang perlu dilakukan setelah analisis:

1. Terus mempertahankan kualitas rasa, jangan sampai berubah.

2. Usahakan terus untuk mempertahankan harga bersaing.

3. Semakin menonjolkan keunggulan bakwan malang Anda tidak memakai bahan pengawet dan dijamin sehat.

Analisis kelemahan:

BACA JUGA:  Perizinan Usaha

1. Ukuran tidak dapat terlalu besar karena memakai bahan yang asli.

2. Tidak tahan lama karena tidak memakai pengawet.

Hal yang perlu dilakukan setelah analisis:

1. Tonjolkan pada bentuk bakwan yang indah dan unik sehingga walaupun tak besar tapi memiliki keunikan tersendiri yang dapat menarik pembeli.

2. Memperhitungkan jumlah produk yang dapat dijual untuk satu hari sehingga tidak bersisa dan tetap tidak menggunakan bahan pengawet.

Analisis ancaman:

  1. Semakin banyak pesaing muncul bila bakwan saya laris nanti.
  2. Kemungkinan dapat jatuh-jatuhan harga.

Hal yang dapat dilakukan setelah analisis:

  1. Mempersiapkan untuk mencari pelanggan sebanyak-banyaknya pelanggan yang loyal tetap akan membeli produk Anda walaupun ada pesaing.
  2. Mempertahankan kualitas dan jangan sembarangan menaikkan harga karena persaingan ketat

Analisis kesempatan:

BACA JUGA:  Menentukan Harga Jual Jajanan Gerobak

1. Dapat melayani pesanan pesta atau katering.

2. Dapat pula buka bakwan malang yang mangkal.

Hal yang dapat dilakukan setelah analisis:

1. Mempersiapkan dan mulai menawarkan bakwan malang pada katering yang membutuhkan untuk gubug-gubugan.

2. Mulai membuat rencana untuk membuka usaha bakwan malang yang mangkal.

Sebaiknya Anda juga melakukan analisis SWOT pada usaha bakwan malang yang laris sehingga Anda akan mendapatkan kelebihan dan kekurangan usahanya untuk bahan masukan gambaran selera pasar. Penting bagi Anda untuk mengetahui bagaimana mayoritas selera pasar bakwan malang (terutama pada rasa produknya) agar dapat menarik banyak pembeli. Analisis SWOT merupakan salah satu cara untuk mengetahui selera pasar setelah itu barulah Anda tentukan produk yang dijual di mana keunggulannya sesuai dengan selera pasar.

TOPIK TERBARU:

gerobak rokok gratis, hari baik membeli barang elektronik, pertanyaan tentang aspek keuangan, cara membuat gir untuk tawuran, sebutkan contoh wirausaha yang terinspirasi dari gagasan orang lain, iklan kesehatan bahasa jawa, gaji karyawan hisana fried chicken, sebutkan dan jelaskan cara memperoleh permodalan bagi PT, contoh perusahaan non manufaktur, yang termasuk lapangan pemberian jasa adalah, cara perhitungan arisan menurun, contoh percakapan melobi, analisis swot rendang, slogan makanan tradisional, contoh peluang dari konsumen