Dwi Kartika Sari: Merangkul Masyarakat

 

Dari sisi bisnis, strategi ini menampakkan hasil. Namun di siai lain citra Goeboex Coffee sebagai tempat nongkrong ternyata menjadi masalah tersendiri. Sempat muncul dugaan miring dari masyarakatsekitar bahwa mereka tidak hanya menyajikan kopi.

Di sinilah Sari memuji peran kedua orang. Tidak sekadar ingin dukung dalam bentuk modal, Sudarto ayahnya ikut turun tangan ketika ada masalah dengan usaha anak-anaknya. Terjun langsung didunia masyarakat dan aparat keamanan, pensiunan tersebut berusaha menjelaskan keberadaan Goeboex Coffee yang sesungguhnya.

Sari lalu menyisihkan sebagian keuntungan guna membantu masyarakat sekitar. Ia juga sebisa mungkin merekrut karyawan dari penduduk sekitar. “Sayang tidak semua penduduk asli punya etos kerja bagus,” katanya.

BACA JUGA:  Meraup Untung Dari Bisnis Kue Kering Rumahan

Sebagai anak-anak muda yang baru saja beranjak dari usia 20 an awal, Sari dan para mitranya menjadi matang sebelum waktunya. Bukan hanya masalah karyawan, ia juga harus mampu menangani masalah bahan baku, memutar otak menyiasati saat-saat bisnisnya sepi, mengamati produk mana yang lebih laku, memikirkan cara pendekatan kepada target market dan seabreg lagi masalah teknis lainnya. “Cukup melelahkan,” ia mengaku.

BACA JUGA:  Hendy Setiono: Mencari Partner Bisnis

Untuk menjaga loyalitas tersebut Sari selalu memastikan agar mereka memberikan produk dan layanan yang sesuai dengan setiap rupiah yang dikeluarkan pelanggan. Tiga serangkai ini tidak terburu nafsu untuk memetik keuntungan. Setiap sen keuntungan langsung dimasukkan dalam rekening untuk program up grade Goeboex Coffee Dengan prinsip itu break event point lebih cepat dicapai. Sebagai gambaran, program perluasan warung dari 2.000 m2 menjadi 3.000 m2 pada bu­lan Agustus 2008, sudah balik modal dalam waktu tidak sampai 8 bulan.

BACA JUGA:  5 Pilar untuk Mengamankan Bisnis Anda

Mereka juga menahan diri untuk tidak berkembang terlalu cepat. Dengan tegas Sari menolak membesarkan usahanya dengan pola waralaba. Ia merasa lebih baik bersabar dan me­mupuk modal sendiri sampai bisa mewujudkan cita-citanya untuk membuka beberapa cabang. “Cukup satu cabang di Setiap kota, agar terjaga eksklusivitasnya,” katanya.

 

Tiga serangkai ini tidak terburu nafsu untuk memetik keun tungan. Setiap sen keuntungan langsung di­masukkan dalam rekening untuk program up grade Goeboex Coffee .

TOPIK TERBARU:

gerobak rokok gratis, hari baik membeli barang elektronik, pertanyaan tentang aspek keuangan, cara membuat gir untuk tawuran, sebutkan contoh wirausaha yang terinspirasi dari gagasan orang lain, iklan kesehatan bahasa jawa, gaji karyawan hisana fried chicken, sebutkan dan jelaskan cara memperoleh permodalan bagi PT, contoh perusahaan non manufaktur, yang termasuk lapangan pemberian jasa adalah, cara perhitungan arisan menurun, contoh percakapan melobi, analisis swot rendang, slogan makanan tradisional, contoh peluang dari konsumen