Mengenal Rencana Bisnis: Bagian Utama dan Komponen Kunci

 

Mengenal Rencana Bisnis, Bagian Utama dan Komponen KunciLUTIMNEWS.COM – INVESTASI – Sebuah rencana bisnis adalah deskripsi tertulis tentang masa depan bisnis Anda. Semuanya ada – dokumen yang menggambarkan mengenai apa yang Anda rencanakan dan bagaimana Anda berencana untuk melakukannya.

Jika Anda menuliskan suatu paragraf saja di bagian belakang amplop yang menggambarkan strategi bisnis Anda, Anda telah menulis rencana, atau setidaknya awal rencana.

Rencana bisnis dapat membantu Anda melakukan sejumlah tugas. Ia digunakan oleh pengusaha investasi yang berusaha untuk menyampaikan visi kepada calon investor. Karenanya, ia dapat digunakan oleh perusahaan-perusahaan yang mencoba untuk menarik karyawan kunci, prospek bisnis baru, berhubungan dengan supplier atau hanya untuk memahami bagaimana mengelola perusahaan dengan lebih baik.

BACA JUGA:  Minat Bisnis? Ini 7 Lokasi Belanja Grosir Ternama

Jadi apa yang termasuk dalam rencana bisnis, dan bagaimana Anda menempatkannya bersama-sama? Rencana bisnis menyampaikan tujuan bisnis Anda, strategi yang akan Anda gunakan untuk mencapainya, potensi masalah dan cara untuk memecahkannya, struktur organisasi bisnis (termasuk judul dan tanggung jawab), dan akhirnya, jumlah modal yang dibutuhkan untuk membiayai usaha Anda dan mempertahankannya.

Bagian Utama

Terdengar mengesankan? Ada tiga bagian utama untuk rencana bisnis:

Yang pertama adalah konsep bisnis, di mana Anda mendiskusikan industri, struktur bisnis, produk atau jasa tertentu, dan bagaimana Anda berencana untuk membuat bisnis Anda sukses.

 

Yang kedua adalah bagian pasar, di mana Anda menggambarkan dan menganalisis pelanggan potensial: siapa dan di mana mereka apa yang membuat mereka membeli dan sebagainya. Di sini Anda menggambarkan persaingan dan bagaimana Anda akan memposisikan diri untuk mengalahkan itu.

BACA JUGA:  8 Kesalahan Umum dalam Menyusun Rencana Bisnis

Akhirnya, bagian keuangan berisi pendapatan dan arus kas pernyataan Anda, neraca dan rasio keuangan lainnya, diperiksa sebagai impas analisis. Bagian ini mungkin memerlukan bantuan dari akuntan dan program software spreadsheet yang bagus.

Komponen Kunci

Memecah tiga bagian utama lebih jauh, rencana bisnis terdiri dari tujuh komponen utama:

1. Ringkasan eksekutif
2. Deskripsi bisnis
3. Strategi pasar
4. Analisis kompetitif
5. Desain dan pengembangan rencana
6. Operasi dan Rencana Pengelolaan
7. Faktor keuangan

Selain bagian sintesis, rencana bisnis juga seharusnya memiliki cover, halaman judul dan daftar isi.

BACA JUGA:  7 Kegagalan Yang Harus Dihadapi Setiap Pengusaha

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyusun rencana bisnis?

Sedikit banyak tergantung pada sifat dari bisnis Anda. Jika Anda memiliki konsep yang sederhana, Anda mungkin dapat mengungkapkan dalam beberapa kata. Di sisi lain, jika Anda mengusulkan jenis bisnis baru atau bahkan industri baru, itu mungkin memerlukan sedikit penjelasan agar tersampaikan.

Tujuan rencana Anda juga mempengaruhi panjangnya. Jika Anda ingin menggunakan rencana Anda untuk mencari jutaan dolar modal awal guna memulai usaha berisiko, Anda mungkin harus banyak menjelaskan dan meyakinkan. Jika Anda hanya akan menggunakan rencana Anda untuk tujuan internal guna mengelola bisnis yang sedang berjalan, versi yang jauh lebih singkat tentu sudah cukup.

TOPIK TERBARU:

gerobak rokok gratis, hari baik membeli barang elektronik, pertanyaan tentang aspek keuangan, cara membuat gir untuk tawuran, sebutkan contoh wirausaha yang terinspirasi dari gagasan orang lain, iklan kesehatan bahasa jawa, gaji karyawan hisana fried chicken, sebutkan dan jelaskan cara memperoleh permodalan bagi PT, contoh perusahaan non manufaktur, yang termasuk lapangan pemberian jasa adalah, cara perhitungan arisan menurun, contoh percakapan melobi, analisis swot rendang, slogan makanan tradisional, contoh peluang dari konsumen