Modal Pinjaman untuk Pemula

 

Modal Pinjaman untuk PemulaKebutuhan modal usaha memang didapat tidak hanya dari modal sendiri, Anda juga dapat memperoleh modal dengan cara meminjam pada pihak lain. Saya telah memberikan gambaran bahwa usaha jajanan dapat dijalankan dengan modal yang relatif kecil bahkan seadanya dahulu.

Untuk mereka yang memiliki keyakinan punya konsep usaha yang bagus tapi kekurangan atau tidak punya modal usaha dapat mengambil alternatif pinjaman modal. Untuk mengambil pinjaman bukan merupakan langkah yang mudah, perlu cara yang tepat untuk mendapatkan pinjaman.

Bagi pemula usaha bukan langkah yang tepat untuk meminjam pada lembaga keuangan atau perbankan. Persyaratan peminjaman dana usaha di lembaga keuangan biasanya dapat diberikan pada usaha yang telah berjalan minimal 2 tahun lamanya.

BACA JUGA:  Menghitung Modal Pokok (HPP)

Hanya lembaga keuangan tertentu yang dapat meminjamkan dana bagi pemula usaha seperti kredit untuk usaha rakyat tapi itu pun sudah harus berjalan minimal 6 bulan.

Berikut ini merupakan aneka sumber permodalan untuk mendapatkan pinjaman bagi mereka yang baru mulai usaha:

Sumber Permodalan Usaha bagi Pemula Usaha

 
Sumber PemodalPersyaratan Pinjaman
Pinjaman keluarga/temanSumber pinjaman yang paling mudah karena Iebih mengenal dan fleksibel. Buat rencana bisnis sederhana, jujur sehingga mereka Iebih yakin dengan Anda.
Kerja sama usaha/joinCari partner usaha sebagai pemodal dan Anda sebagai pelaksana usaha. Buat bisnis plan dengan jelas berikut bagi hasil usaha.
Penjualan aset tidak produktifAkan Iebih baik untuk memanfaatkan aset Anda yang kurang produktif seperti perhiasan, kendaraan, tanah, dan sebagainya.
Perum PegadaianCara mudah dapat modal dari lembaga keuangan. Bila Anda punya aset tidak produktif seperti emas, elektronik dapat digadaikan dengan cepat. Syaratnya cuma KTP. Prosesnya mudah hanya 15 menit.
Program lease backJaminkan BPKB mobil Anda untuk dapat modal pada perusahaan leasing yang tepercaya, tidak perlu mobilnya. Syaratnya KTP, KK, rekening listrik, dan telepon juga slip gaji. Caranya mudah tinggal datang maka pihak leasing akan menghitung pinjaman yang dapat diperoleh berikut bunganya.
Kredit tanpa agunan/dana cash dan kartu kreditBila Anda berprofesi sebagai pegawai Anda dapat memanfaatkan kredit tanpa agunan dengan dengan syarat KTP, KK, dan lain-lain, dan yang penting slip gaji dari kantor Anda. Atau dapat mencairkan dana tunai dari kartu kredit bagi yang sudah memiliki.
BACA JUGA:  Survei dari Usaha yang Laris

TOPIK TERBARU:

gerobak rokok gratis, hari baik membeli barang elektronik, pertanyaan tentang aspek keuangan, cara membuat gir untuk tawuran, sebutkan contoh wirausaha yang terinspirasi dari gagasan orang lain, iklan kesehatan bahasa jawa, gaji karyawan hisana fried chicken, sebutkan dan jelaskan cara memperoleh permodalan bagi PT, contoh perusahaan non manufaktur, yang termasuk lapangan pemberian jasa adalah, cara perhitungan arisan menurun, contoh percakapan melobi, analisis swot rendang, slogan makanan tradisional, contoh peluang dari konsumen