Peluang Bisnis Budidaya Bebek

 

budidaya bebekBeternak bebek sebenarnya selalu dalam siklus yang sangat menguntungkan. Mulai dari telur dapat ditetaskan, dari anak bebek betina dapat dikembangkan menjadi bebek produksi atau petelur. Untuk anak bebek jantan, dapat dibesarkan menjadi bebek pedaging. Sedangkan telurnya yang tidak dapat ditetaskan dapat diolah menjadi telur asin.

Itik atau lebih dikenal dengan nama Bebek sebenarnya berasal dari Amerika Utara yang disebut itik liar (Anas Moscha). Kemudian dijinakkan oleh manusia, sehingga menjadi hewan ternak yang disebut dengan Anas Domesticus. Untuk Bebek lokal Indonesia disebut dengan Indian Runner (Anas Javanico).

Apabila kita berbicara tentang prospek bisnis ternak bebek maka kita harus mengkaitkannya dengan keadaan demografi Indonesia, berkaitan dengan peningkatan angka nilai konsumsi protein hewani perkapita dan analisa ternak bebek. Setiap tahunya angka konsumsi protein hewani semakin meningkat. Coba kita perhatikan kasus impor daging sapi yang melibatkan salah satu petinggi PKS, nah ini merupakan sebuah pertAnda besar bahwa di Indonesia ini masih sangat kurang sumber-sumber protein hewani terutama daging. Bebek adalah salah satu sumber protein hewani yang cukup prospektif mulai dari produksi telur bebek atau produksi daging bebek.

BACA JUGA:  Meraup Untung Dari Peluang Bisnis Studio Musik

Bebek memang bisa dipelihara khusus untuk menghasilkan daging contohnya bebek peking dan juga untuk ternak petelur seperti bebek petelur, entok petelur dan lainnya. Kualitas karkas daging bebek jauh lebih baik jika dibandingkan dengan kualitas karkas daging ayam  sehingga harga daging bebek cenderung lebih mahal dibandingkan dengan daging ayam kampung sekalipun. Tingginya harga daging bebek ini sudah selayaknya menjadi pertAnda bahwa ternak bebek sangat prospektif untuk dikembangkan. Telur bebek juga lebih mahal jika dibandingkan dengan telur ayam ras, biasanya harga telur bebek 2 kali lipat dari pada telur ayam ras.

Dari segi pakan, bebek cenderung tidak memilih-milih dalam segi pakan. Bebek bisa makan semua sisa-sisa makanan rumah tangga seperti kacang-kacangan dan sangat doyan dengan keong. Keong ini dapat dengan mudah kita temukan di hampir setiap pelosok dan harganya pun sangat murah bahkan bisa gratis terutama keong mas. Merancang ransum pakan bebek jauh lebih mudah dari pada meransum pakan ayam.

BACA JUGA:  Cara Memulai Bisnis Warteg

Perawatan ternak bebek daging, entok, kering , petelur, peking, potong dan ternak bebek tikto jauh lebih mudah dibandingkan dengan merawat ayam ras maupun buras. Bebek cenderung lebih kebal terhadap penyakit dibandingkan dengan ayam dan unggas lainnya. Coba perhatikan pada bebek hampir jarang sekali ditemukan kasus penyakit CRD dan gumboro, padahal pada ayam penyakit gumboro ini merupakan penyakit yang paling sering menular ke seisi kandang ayam. Dan juga perhatikan berita di televisi hampir tidak pernah kita dengar kasus bebek yang mati ratuasn ekor dalam satu kAndang, sedangkan ayam sering sekali diberitakan seluruh ayam pada satu kAndang mati karena diduga terkena flu burung.

 

Adapun kendala dalam ternak bebek ini menurut saya paling utama yaitu belum ditemukannya jenis bebek seperti ayam broiler yang dapat mencapai berat satu kilogram dalam waktu 30 hari. Kendala lainnya yaitu masalah pengetahuan masyarakat dalam memelihara bebek, dan masalah ketersediaan kolam untuk tempat berenang bebek hal ini sering dikeluhkan oleh masyarakat yang diajak untuk mem-budidayakan ternak bebek ini, padahal ternak bebek juga ada yang disebut dengan ternak bebek kering. Dan kendala yang paling berat pada saat ini tentu saja masalah ketersediaan bibit bebek, sebenarnya saat ini ada beberapa perusahaan besar yang telah menyediakan DOC bebek atau itik petelur, nama perusahaan tersebut yaitu Mabar, selain sebagai penyedia bibit bebek mereka juga sebagai produsen pakan ternak.

BACA JUGA:  Peluang Bisnis Butik Korea

Demikianlah artikel yang bisa saya sajikan mengenai peluang usaha budidaya bebek semoga artikel ini dapat bermanfaat dan berguna untuk Anda semua. Saya ucapkan terima kasih telah membaca artikel ini.

TOPIK TERBARU:

gerobak rokok gratis, hari baik membeli barang elektronik, pertanyaan tentang aspek keuangan, cara membuat gir untuk tawuran, sebutkan contoh wirausaha yang terinspirasi dari gagasan orang lain, iklan kesehatan bahasa jawa, gaji karyawan hisana fried chicken, sebutkan dan jelaskan cara memperoleh permodalan bagi PT, contoh perusahaan non manufaktur, yang termasuk lapangan pemberian jasa adalah, cara perhitungan arisan menurun, contoh percakapan melobi, analisis swot rendang, slogan makanan tradisional, contoh peluang dari konsumen