Rahasia Cerdas Mengelola Keuangan Usaha Kecil Anda

 

pengelolaan keuanganLUTIMNEWS.COM – INVESTASI – Memulai bisnis marupakan keputusan penting yang akan mengubah hidup anda. Terlebih saat pertama kali menjalankanannya, anda dituntut untuk disiplin pada berbagai hal. Salah satunya disiplin pada pengelolaan keuangan anda maupun usaha anda.

Terkadang para pelaku usaha yang baru berumur jagung atau jenis bisnis UMKM masih belum menerapkan manajemen keuangan yang baik. Padahal manajemen keuangan sangat penting agar usaha anda secara perlahan akan tumbuh menjadi besar dan kesuksesan berada di tangan anda.

Berikut ini berbagai rahasia sukses mengelola keuangan pada bisnis anda

Memisahkan uang pribadi dan usaha

Seringkali para pembisnis pemula melakukan kesalahan yang membuat dirinya berkutat dalam perputaran berpola dalam bisnis. Hal ini akan membuat bisnis anda tidak berkembang dan cenderung akan stagnan. Kesalahan itu adalah mencampurkan uang pribadi dan uang usaha.

BACA JUGA:  Tips Mendapatkan Ide Kreatif Dalam Berbisnis

Keuangan pribadi seringkali anda gunakan untuk konsumtif pribadi saja, sedangkan uang usaha digunakan untuk memenuhi kebutuhan usaha dan pengembangannya. Apabila ini dicampurkan maka anda akan kesulitan mengembangkan usaha. Sifat dasar manusia akan muncul dan penggunakan uang pribadi untuk hal-hal yang tidak membangun usaha anda.

Lakukan perencanaan belanja kebutuhan usaha

Perencanaan belanja usaha sangat penting terutama bagi anda yang menjalankan bisnis tertentu. Bisnis yang dimaksud adalah semacam bisnis kuliner, bisnis jual beli dan sebagainya yang membutuhkan perputaran uang dan membeli berbagai kebutuhan usaha.

 
BACA JUGA:  5 Kesalahan Saat Memulai Bisnis

Perencanaan bisa dihitung dari berapa banyaknya uang yang akan anda gunakan untuk mendapatkan keuntungan tertentu. Jika keuntungan anda tidak bisa melampaui target, maka berlaku bijaklah pada pengeluaran untuk kebutuhanusaha anda.

Buatlah catatan kecil atau pembukuan keuangan

Otak manusia tidak mampu mengingat secara detail semua hal. Untuk itu buatlah catatan kecil pada pengelolaan keuangan usaha anda. Pembuatan catatan atau pembukuan keuangan sangat penting agar anda bisa membelanjakan keuntungan dari usaha and secara bijak.

Hitunglah keuntungan dengan detail dan teliti

Keuntungan adalah hal yang sangat anda inginkan saat menjalankan usaha, namun jika tidak anda hitung dengan baik bisa membuat keuntungan anda tidak bisa dimanfaatkan secara optimal. Keuntungan yang dihitung dan dicatat dengan detail membantu anda untuk menentukan berapa banyak uang yang akan anda belanjakan kembali.

BACA JUGA:  Trik Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Siapkan dana pengembangan usaha

Seringkali para pelaku UMKM belum menyadari tentang pentingnya menyiapkan dana pengembangan usaha. Perencanaan pengembangan usaha pasti membutuhkan dana yang tidak sedikit,  misalkan untuk membangun cabang atau berinvestasi dengan menggunakan perlengkapan yang lebih modern. Perencanaan dana pengembangan dilakukan dengan menyisihkan sebagian keuntungan yang anda dapatkan setiap hari.

Melakukan pengelolaan keuangan dibutuhkan kedisipilan anda. Semakin besar usaha anda nantinya membuat pengelolaan keuangan yang semakin kompleks. Ingatlah untuk selalu menyisihkan sebagian keuntungan dari bisnis anda untuk amal atau shodaqoh. Semoga sukses. 🙂

TOPIK TERBARU:

gerobak rokok gratis, hari baik membeli barang elektronik, pertanyaan tentang aspek keuangan, cara membuat gir untuk tawuran, sebutkan contoh wirausaha yang terinspirasi dari gagasan orang lain, iklan kesehatan bahasa jawa, gaji karyawan hisana fried chicken, sebutkan dan jelaskan cara memperoleh permodalan bagi PT, contoh perusahaan non manufaktur, yang termasuk lapangan pemberian jasa adalah, cara perhitungan arisan menurun, contoh percakapan melobi, analisis swot rendang, slogan makanan tradisional, contoh peluang dari konsumen