Tips dan Cara Berinvestasi Obligasi Bagi Pemula

 

Tips dan Cara Berinvestasi Obligasi Bagi PemulaInvestasi obligasi adalah salah satu pilihan berinvestasi dewasa ini. Obligasi adalah surat hutang jangka panjang yang diterbitkan oleh perusahaan atau pemerintah dengan nilai nominal (nilai pari /par value) dan waktu jatuh tempo tertentu.

Di Indonesia, sejumlah perusahaan telah berbondong-bondong untuk menerbitkan obligasi dengan kupon bunga yang kompetitif dalam beberapa tahun terakhir ini.

Diantaranya adalah perusahaan yang sudah tertulis dan tercatat dalam pasar modal, baik perusahaan yang bergerak di bidang swasta maupun perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Tidak ketinggalan juga perusahaan-perusahaan yang belum tercatat sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI).

BACA JUGA:  Tips untuk Investor Baru

Bagaimana seorang investor pemula dapat memilih instrumen investasi obligasi ini?

Saat sekarang ini, investasi obligasi ternyata masih lebih baik dan menarik dibandingkan dengan jenis investasi lain, terutama untuk deposito. Karena, adanya obligasi korporasi dengan kupon bunga antara 8-10 persen yang lebih baik dan menarik.

Oleh sebab itu, calon investor obligasi harus melihat beberapa komponen dan karakter yang perlu untuk dipertimbangkan agar para investor pemula tidak terjebak pada investasi yang merugikan bagi dirinya.

 
BACA JUGA:  Jadikan THR Sebagai Sumber Investasi

Bagi seorang investor pemula, yang perlu untuk dicermati dan dilihat yaitu rating obligasi. Semakin tinggi rating tersebut, maka akan semakin bagus obligasi itu. Sebaliknya, jika rating obligasinya rendah, maka investasi obligasi yang dimaksud juga pasti tidak bagus.

Selain itu, adalagi satu hal yang perlu diperhatikan juga yaitu seberapa besar kupon yang akan ditawarkan oleh perusahaan dari penerbit obligasi tersebut. Semakin besar kupon bunganya, maka semakin menarik juga karena itu akan memberikan keuntungan yang besar pada Anda.

BACA JUGA:  5 Cara Mendapat Modal Usaha

Nah, selamat mencoba berinvestasi obligasi!

TOPIK TERBARU:

gerobak rokok gratis, hari baik membeli barang elektronik, pertanyaan tentang aspek keuangan, cara membuat gir untuk tawuran, sebutkan contoh wirausaha yang terinspirasi dari gagasan orang lain, iklan kesehatan bahasa jawa, gaji karyawan hisana fried chicken, sebutkan dan jelaskan cara memperoleh permodalan bagi PT, contoh perusahaan non manufaktur, yang termasuk lapangan pemberian jasa adalah, cara perhitungan arisan menurun, contoh percakapan melobi, analisis swot rendang, slogan makanan tradisional, contoh peluang dari konsumen