Tips Memilih Lokasi Usaha yang Strategis

 

lokasi strategisBagi  Anda yang ingin memulai atau merintis suatu usaha terutama dalam hal berdagang atau berjualan pastinya Anda akan memikirkan bagaimana mendapatkan lokasi usaha yang strategis.

Dalam merintis suatu usaha terutama dalam membuka usaha dagang pastiya banyak sekali pertimbangan pertimbahan dalam memilih suatu lokasi usaha agar dagangan atau produk Anda laris terjual.

Suatu lokasi usaha yang strategis itu sangatlah mempengaruhi dagangan  Anda lakunya atau tidaknya produk  Anda.

Berikut ini ada beberpa tips dan beberapa hal yang Anda harus perhatikan dalam hal memilih tempat atau lokasi usaha yang strategis:

Mudah terlihat

Tips yang pertama dalam hal memilih lokasi usahaya yang strategis adalah dengan mencari temapt yang mudah terlihat oleh banyak orang.

 

Jika  Anda yang akan merintis suatu bisnis ritel, apalagi distro fashion pastinya membutuhkan lokasi yang sangat strategis serta mudah dilihat oleh orang banyak untuk memudahkan dan menarik para konsumen dan meminalisir biaya promosi.

BACA JUGA:  5 Hal Penting Memilih Jasa Pembuatan Toko Online

Lalu Lintas

Tips selanjutnya dalam memilih suatu lokasi yang strategis yaitu dengan memilih arus lalu lalang orang atau kendaraan, karena dengan memilih lokasi yang banyak orang yang berlalu lalang, akan menambah peluang untuk datangnya pengunjung .

Dekat dengan target pasar

Tips berikutnya dalam memilih suatu lokasi yang strategis yaitu dengan memastikan siapa target pasar produk  Anda, apakah target  Anda itu untuk dikalangan tertentu, umur tertentu atau mungkin pada kalangan kalangan lain.

Jika  Anda dekat dengan target pasar  Anda, maka itu bisa jadi nilai tambah bagi toko  Anda, karena  Anda bisa menjangkau market lebih dekat sehingga pelanggan atau konsumen lebih mudah untuk mengunjungi dan bagi pelanggan hal itu bisa menghemat waktu serta biaya bagi pelanggan.

Akses

Anda harus perhatikan arus lalu lintas, apakah satu arah atau dua arah dan apakah letak toko  Anda ada pada sisi arah orang berangkat atau pulang dari aktivitasnya dan pikirkan juga bagaimana caranya agar konsumen atau pelanggan mudah mengakses ke toko  Anda.

BACA JUGA:  Tips Memulai Usaha Rumah Makan

Biaya Sewa

Suatu lokasi tempat usaha yang strategis biasanya mempunyai harga sewa yang tinggi, nah cara yang selanjutnya dalam memilih lokasi usaha yang strategis ini adalah dengan memperhatikan biaya sewanya.

Biarkan saja harga mahal namun akan membuat usaha Anda maju, dibandingkan dengan yang murah namun usahanya gagal. Toh biaya yang akan Anda keluarkan nantinya perlahan-lahan akan tergantikan dengan keuntungan yang Anda peroleh tiap bulannya.

Legalitas

Tips yang selanjutnya dalam memilih suatu lokasi usaha yang strategis adalah Anda harus memperhatikan aspek legal. Janganlah sampai Anda mengabaikan hal ini karena akan terlalu berisiko yang apabila kita sudah memutuskan untuk memilih suatu lokasi tetapi di kemudian hari ada masalah dalam hal perijinan, regulasi kawasan serta lingkungan yanga ada di sekitar.

BACA JUGA:  7 Langkah Penting Membangun Tim Sales Terbaik

Lingkungan sekitar

Dalam memilih lokasi usaha yang strategis faktor lingkungan sekitar sangat perlu diperhatikan. Karena jenis usaha yang akan kita jalani, di kanan maupun di kiri toko kita akan sedikit berpengaruh terhadap image serta tidak langsung mempengaruhi minat kunjungan pelanggan.

Sebagai contohya, jika Anda hendak membuka usaha distro, akan lebih baik atau lebih cocok di deretan usaha warnet, game, café dan jangan memaksakan diri dalam usahanya seperti mendirikan distro tersebut berada dekat dengan bengkel, ataupun toko bangunan atau pun tempat yang tidak cocok lainnya.

Nah itulah beberapa tips untuk memilih lokasi usaha yang strategis. Terlepas dari tips tips tersebut, faktor felling bisnis sedikit banyak akan turut  berpengaruh dalam hal memilih suatu tempat yang akan  Anda jadikan usaha.

Semoga tips memilih lokasi usaha yang strategis ini dapat bermanfaat bagi  Anda yang ingin memulai atau merintis suatu usaha.

TOPIK TERBARU:

gerobak rokok gratis, hari baik membeli barang elektronik, pertanyaan tentang aspek keuangan, cara membuat gir untuk tawuran, sebutkan contoh wirausaha yang terinspirasi dari gagasan orang lain, iklan kesehatan bahasa jawa, gaji karyawan hisana fried chicken, sebutkan dan jelaskan cara memperoleh permodalan bagi PT, contoh perusahaan non manufaktur, yang termasuk lapangan pemberian jasa adalah, cara perhitungan arisan menurun, contoh percakapan melobi, analisis swot rendang, slogan makanan tradisional, contoh peluang dari konsumen