Tips Memulai Usaha Fotocopy Agar Menguntungkan

 

Tips Memulai Usaha Fotocopy Agar Menguntungkan

LUTIMNEWS.COM – INVESTASI – Menggandakan file asli dilakukan dengan cara fotocopy. Bisnis ini akan cepat berkembang dan mendatang untung bagi pengelolanya. Hal tersebut karena dokumen asli dibutuhkan untuk arsip guna kepentingan tertentu. Memulai usaha fotocopy dibutuhkan trik khusus agar keuntungan yang diperoleh maksimal.

  1. Lokasi dan pangsa pasar

Ketepatan pemilihan lokasi berhubungan erat dengan bidikan pangsa pasar. Kalangan yang membutuhkan penggandaan file ialah pelajar dan pekerja kantoran. Jadi lokasi yang disarankan yakni berdekatan dengan sekolah, perguruan tinggi dan perkantoran.

  1. Kelengkapan sarana prasarana

Sarana prasarana yang dimaksud berupa peralatan yang berkaitang dengan dokumen. Selain mesin fotocopy, sediakan alat lain berupa scan dan PC. Scan berguna bila pelanggan membutuhkan file ganda dalam bentuk soft. Sedangkan PC dipakai saat ada kekeliruan data dan perlu diperbaiki sebelum akhirnya digandakan.

  1. Fungsi ganda sebagai toko ATK
BACA JUGA:  Yohan Tirtawijaya: Berpikir Pasar

Kebutuhan akan Alat Tulis Kantor (ATK) biasanya dicari pelanggan sembari menunggu file yang sedang difotocopy. Barang-barang ATK diantaranya folio, puplen, klip, map, lem, isolasi, pensil, penghapus/tip-X, buku tulis dan lainnya. Susun rapi semua barang ini di etalase kaca yang berada dibagian paling dengan. Tujuannya ialah memudahkan pelanggan dalam memilihnya.

  1. Pilih pekerja yang sudah terlatih

Rekrut pekerja yang telah memiliki pengalaman sebelumnya pada bidang yang sama. Kecekatannya dapat mempersingkat waktu pengerjaan fotocopy. Semakin cepat, maka pelanggan yang berdatangan akan semakin banyak. Pastikan pekerja juga pandai berkomunikasi dan berinteraksi secara langsung.

 
  1. Utamakan pelayanan
BACA JUGA:  5 Peluang Usaha di Lingkungan Sekolah

Bisnis fotocopy menjual jasa bukan produk, jadi jaminkan pelayanan yang memuaskan. Kerjakan dengan cepat file pelanggan dan berikan hasil terbaik sesuai apa yang diminta. Jika sedang ramai, beritahukan berapa lama waktu untuk menunggu. Desain ruang tunggu yang dapat memberikan kenyamanan, misalnya melengkapi dengan televisi, radio dan kipas angin.

Bila masih tersisa sudut yang kosong, letakkan lemari pendingin yang berisi minuman bagian atasnya bisa Anda taruh makanan ringan. Sembari pengunggu, pelanggan bisa menikmati makanan dan minuman. Jangan lupa untuk memasang tarif agar dapat dibayar bersamaan dengan barang lain yang dibeli.

  1. Strategi promosi berkesinambungan
BACA JUGA:  Sinta: Mewujudkan Mimpi-mimpi Dari Keripik Pisang

Laris manisnya usaha fotocopy Anda bukanlah akhir dari perjuangan kesuksesan. Kompetitor pasti tak mau kalah dan akan meniru bisnis sejenis. Terkadang, pengusaha baru justru lebih sukses daripada Anda. Mengapa demikian?, karena ia telah melakukan perbaikan terhadap kekuranga yang Anda miliki. Hasil akhirnya tentu jauh lebih sempurna dibandingkan usaha pendahulunya.

Promosi berkesinambungan ialah cara mengenalkan usaha secara berkelanjutan atau terus menerus. Kartu pelanggan bisa menjadi solusinya, sertakan data diri di dalamnya. Tuliskan pada kartu setiap batasan minimal belanja yang Anda tentukan. Berikan reward bila pelanggan telah mencapai poin sesuai ketetapan. Reward dapat berupa layanan fotocopy gratis dan pemberian barang lain secara cuma-cuma.

 

TOPIK TERBARU:

produk yang cocok dijual di ebay, hari baik membeli barang elektronik, pertanyaan tentang aspek keuangan, cara membuat gir untuk tawuran, gerobak rokok gratis, sebutkan contoh wirausaha yang terinspirasi dari gagasan orang lain, iklan kesehatan bahasa jawa, gaji karyawan hisana fried chicken, sebutkan dan jelaskan cara memperoleh permodalan bagi PT, contoh perusahaan non manufaktur, yang termasuk lapangan pemberian jasa adalah, cara perhitungan arisan menurun, contoh percakapan melobi, analisis swot rendang, slogan makanan tradisional