Tips Promosi untuk Pemula

 

Tips Promosi Untuk PemulaLUTIMNEWS.COM – INVESTASI – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara promosi untuk pemula. Dalam marketing mix terdapat istilah 4P, yaitu Product, Place, Price dan Promotion.

Hal ini sudah tidak asing lagi di dunia bisnis termasuk untuk para pemula. Padahal ada satu mix lagi yang tidak kalah pentingnya untuk menjual produk terutama bagi pemula dalam mengembangkan bisnis mereka, yaitu promotion mix.

Sudah menjadi rahasia umum, kondisi bisnis para pemula jika diibaratkan daur hidup adalah janin, dimana kondisinya sangat membutuhkan asupan gizi dan si induk harus ekstra menjaga kesehatan. Begitu pula bisnis bagi pemula, sangat membutuhkan banyak asupan, bukan sekadar modal yang cukup tapi ilmu dan motivasi bisnis menjadi sebuah keniscayaan.

Bagaimana tidak, jarak antara untung dan buntung menjadi sangat dekat. Satu-satunya jalan supaya bisnis bagi pemula terus survive, pencapaian target penjualan tidak bisa ditawar-tawar lagi.

Lalu, Bagaimana caranya supaya target penjualan bisa tercapai? Berikut ini adalah tips promosi untuk para pemula:

Advertising

Advertising ini identik dengan mahal. tetapi tunggu dulu. Iklan tidak semuanya mahal, tergantung media apa yang digunakan. Beriklan di media elektronik seperti televisi dan radio memanglah sangat mahal karena mereka menjual durasi. Begitu juga dengan media cetak seperti koran, tabloid dan majalah, karena mereka menjual kolom.

 
BACA JUGA:  Tips Promosi untuk Perusahaan Baru

Mahal atau murahnya iklan itu idealnya disesuaikan dengan target penjualan dan jangkauan konsumen yang disasar. Jika target Anda  adalah konsumen lokal, apa gunanya menggunakan media iklan, baik elektronik atau tidak, yang jangkauannya regional bahkan nasional.

Jika target yang disasar masih daerah lokal atau sekitar tempat usaha, lebih baik beriklan dengan MLR (Media Luar Ruangan) mulai dari yang kecil seperti flyer atau poster atau yang besar seperti spanduk, banner, neon box atau baligo.

Sebagai perbandingan, coba Anda amati cara beriklan bisnis-bisnis yang sukses di lingkungan Anda, dimana target konsumennya adalah penduduk sekitar. Tidak ada salahnya meniru cara mereka dalam beriklan.

Pada saat ini Anda sangat disarankan untuk menggunakan social media sebagai media promosi seperti blog, Facebook atau Twitter. selain mudah untuk digunakan, biayanya relatif murah bahkan gratis.

BACA JUGA:  5 Cara Kreatif Menghemat Dana Bisnis

Direct Sales

Tidak semua pemula berani melakukan direct sales. Dikarenakan rasa malu, segan, minder dan mental block lainnya seringkali menghambat, jadi masalahnya bukan semata-mata barangnya mahal atau jelek.

Namun demikian, mengingat manfaat direct sales itu adalah membangun hubungan dan kepercayaan dengan para konsumen, menjelaskan keunggulan produk secara langsung dan manfaat lainnya, sayang sekali kalau jalan pintas ini dilewatkan begitu saja.

Adapun langkah-langkah direct sales diantarnya adalah:

  • Bertemu
  • Pendekatan
  • Menjelaskan maksud dan product knowledge,
  • Menyiapkan jawaban dari keluhan dan penolakan
  • Menjual
  • Follow up

Sales Promotion (Promosi Penjualan)

Biasanya promosi hanya memberitahukan, bukan meminta para konsumen untuk melakukan sesuatu yang diinginkan oleh pemilik usaha. Padahal tujuan awal dari promosi itu adalah untuk mencapai suatu target penjualan dengan cara-cara yang menarik.

Kondisi mengambang seperti ini tidak jarang dialami oleh para pemula dalam melakukan bisnisnya. Mereka mengaku sudah mengeluarkan biaya promosi yang tidak sedikit di media elektronik atau cetak tapi kenapa hasilnya masih jauh dari target penjualan.

Maka timbulan sebuah pertanyaan: apakah promosinya mengajak calon konsumen untuk segera membeli produk atau sekadar memberitahukan?

BACA JUGA:  6 Jenis Ternak Yang Bisa Menjadi Lahan Bisnis

Inilah saatnya Anda menggunakan sales promotion, untuk mengajak para calon konsumen unt membeli produk karena penawarannya menarik dan memiliki batas waktu, diantaranya: kupon undian, voucher belanja dan potongan harga, sample gratis, hadiah dan bahkan permainan.

Public Relation (Hubungan Masyarakat)

Menurut Kerry L. Johson dalam bukunya ‘Sales Magic.’ Percaya atau tidak, coba deh Anda tanyakan pada diri Anda sendiri, apakah Anda senang jika dilayani oleh penjual atau pelayan toko yang judes dan galak?

Pasti Anda tidak akan mau membeli dan mungkin akan meninggalkan toko begitu saja, atau malah balik memarahi si pelayan. Inilah pentingnya membangun hubungan baik dengan calon pelanggan. Menjaga image yang baik di mata konsumen idealnya bukan hanya tugas PR, tapi pemilik usaha dan semua karyawan harus sama-sama menjaga aset yang tidak ternilai harganya, yaitu menjaga hubungan baik.

Nah, Itulah tips untuk promotion mix yang bisa Anda lakukan sekarang juga untuk mencapai target penjualan bisnis Anda. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

TOPIK TERBARU:

gerobak rokok gratis, hari baik membeli barang elektronik, pertanyaan tentang aspek keuangan, cara membuat gir untuk tawuran, sebutkan contoh wirausaha yang terinspirasi dari gagasan orang lain, iklan kesehatan bahasa jawa, gaji karyawan hisana fried chicken, sebutkan dan jelaskan cara memperoleh permodalan bagi PT, contoh perusahaan non manufaktur, yang termasuk lapangan pemberian jasa adalah, cara perhitungan arisan menurun, contoh percakapan melobi, analisis swot rendang, slogan makanan tradisional, contoh peluang dari konsumen