Tips Sukses Berbisnis Jamur Kuping

 

peluang usaha jamur kupingKita mengenal berbagai jenis jamur yang dapat di konsumsi. Salah satunya adalah jamur kuping. Jamur kuping berbentuk  melebar seperti bentuk daun telinga pada manusia, itulah sebabnya jamur yang masuk dalam kelompok jelly fungi ini dikenal dengan nama jamur kuping oleh masyarakat luas.

Jamur kuping pada umumnya dapat di budidayakan di segala iklim, baik itu saat musim panas maupun saat musim dingin. Tetapi  idealnya jamur konsumsi ini akan tumbuh subur pada suhu antara 20 hingga 30°C, dengan tingkat kelembapan sekitar 80 hingga 90%. Jenis jamur kuping yang banyak dibudidayakan oleh petani jamur di Indonesia yaitu :

  • Jamur kuping hitam atau Auricularia polytricha.
  • Jamur kuping merah atau Auricularia yudae.
  • Jamur kuping agar atau Tremella fuciformis.

Jamur kuping sangat bagus untuk di konsumsi karena banyak mengandung nutrisi, lemak, dan vitamin yang manfaatnya sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Jamur kuping bisa di olah menjadi berbagai masakan yang lezat dan nikmat sesuai dengan selera. Selain  itu jamur kuping hitam juga bermanfaat sebagai obat sakit jantung, menurunkan kolesterol dan sebagai anti-pendarahan.

BACA JUGA:  11 Langkah Menciptakan Sumber Pendapatan

Jamur kuping bisa dipasarkan dalam bentuk masih segar ataupun kering namun keduanya sangat laku keras dipasaran. Potensi inilah yang mendorong sebagian besar masyarakat mulai tertarik menekuni bisnis yang satu ini sebagai alternatif peluang usaha yang cukup menjanjikan.

Cara Budidaya jamur kuping:

Langkah awal untuk budidaya kamur kuping yaitu persiapan media yang akan digunakan untuk menanam jamur kuping. Media yang bagus untuk menanam jamur kuping yaitu serbuk kayu yang bisa didapatkan di tempat-tempat penggergajian kayu. Media serbuk kayu menjadi pilihan sebab disamping memudahakan proses menanam dan pemupukan dan juga manfaatnya sangat baik untuk tanaman jamur kuping itu sendiri.

 

Manfaat lain dari media serbuk  kayu yaitu harga jual jamur kuping yang di tanam di media serbuk kayu jauh lebih tinggi dibandingkan dengan yang di tanam di media lain sebab biasanya jamur kuping yang ditanam di media serbuk kayu hasilnya jauh lebih baik.

BACA JUGA:  Strategi Tepat Budidaya Jamur Tiram

Namun begitu tidak berarti semua media yang digunakan adalah serbuk kayu 100% tapi harus di beri campuran media lain seperti bekatul, kapur dan air dengan takaran sebagai berikut :

  • Serbuk kayu (85 hingga 90%),
  • Bekatul (10 hingga 15%)
  • kapur (1 hingga 2%),
  • Dan Air (50 hingga 70%).

Untuk mendapatkan media tanam yang bagus, lakukan fermentasi selama 3 hingga 5 hari sampai suhu media mengalami peningkatan sampai 70ºC. Selama proses fermentasi berlangsung lakukan pembalikan setiap 2 sampai 3 kali sehari. Pastikan media yang siap digunakan berubah warna menjadi cokelat.

Cara mempersiapkan media

Masukkan serbuk kayu yang sudah di sadur dalam kantong plastik atau polybag. Sebaiknya Anda memilih polybag yang tahan panas. Setelah itu padatkan menggunakan alat pengepres hingga plastik menyerupai baglog. Selanjutnya pada bagian atas plastik dipasang ring dan ditutup dengan kapas supaya media tidak kemasukan air saat proses sterilisasi.

BACA JUGA:  Peluang Usaha Bagi Seorang Guru Yang Menjanjikan

Tahapan berikutnya yaitu tahap sterilisasi media, proses ini dilakukan dengan cara menguapi baglog yang telah ditutupi kapas tadi. Sterilisasi dilakukan pada suhu sekitar 95 hingga 120º selama 6 jam. Jika proses sterilisasi telah selesai, selanjutnya proses penanaman Anda bisa melakukannya jika suhu baglog telah kembali normal.

Persiapan Bibit Jamur Kuping

Untuk mendapatkan hasil panen yang lebih maksimal maka Anda harus memilih bibit jamur kuping yang berkualitas. Untuk Anda yang berniat menjalankan bisnis jamur kuping skala rumah tangga, sebaiknya membeli bibit jamur yang sudah siap pakai atau bibit F4. Namun bila Anda yang berencana membuka perusahaan jamur dalam skala industri (besar), bisa membiakkan bibit jamur F1.

Pemanenan jamur kuping dapat dilakukan dengan cara mencabut jamur kuping beserta akarnya. Jika ada akar yang tertinggal, maka bersihkan lubang tersebut agar tidak mengganggu pertumbuhan jamur kuping generasi berikutnya.

Sumber : Dari berbagai sumber

TOPIK TERBARU:

gerobak rokok gratis, hari baik membeli barang elektronik, pertanyaan tentang aspek keuangan, cara membuat gir untuk tawuran, sebutkan contoh wirausaha yang terinspirasi dari gagasan orang lain, iklan kesehatan bahasa jawa, gaji karyawan hisana fried chicken, sebutkan dan jelaskan cara memperoleh permodalan bagi PT, contoh perusahaan non manufaktur, yang termasuk lapangan pemberian jasa adalah, cara perhitungan arisan menurun, contoh percakapan melobi, analisis swot rendang, slogan makanan tradisional, contoh peluang dari konsumen