Tips Sukses Menjalankan Bisnis Laundry Kiloan

 

laundry kiloanLUTIMNEWS.COM – INVESTASI – Memulai bisnis bagi sebagian orang adalah hal yang sulit karena dia akan berfikir panjang untuk bisa mengambil langkah. Namun bagi sebagian lagi memulai bisnis tidaklah sulit, tinggal mulai dan menjalaninya.

Bagi anda yang tertarik menjalankan bisnis rumahan, membuka jasa laundry kiloan lumayan menjanjikan. Bisnis laundry kiloan bisa anda lakukan sendiri di rumah atau membuka ruko kecil di dekat rumah. Bisa mengerjakannya sendiri atau dibantu oleh orang lain.

Perhatikan tips ini jika ingin sukses menjalankan bisnis laundry kiloan.

Cari lokasi tepat

Jenis usaha laundry kiloan tentunya cukup dipengaruhi oleh tempat yang strategis. Carilah tempat yang mudah dijangkau oleh para calon pelanggan. Jika harus membuka laundry kiloan di rumah juga harus memperhitungkan akses orang untuk masuk ke dalam.

BACA JUGA:  Saptuari Sugiharto: Unik dan Pesona

Ada pula laundry kiloan yang memberikan layanan plus dengan antar jemput pakaian. Jadi para pelanggan tinggal menghubungi melalui sms atau telpon, kemudian anda mengambil dan mengantarnya ke rumah.

Lakukan survey pasar

Survey pasar kecil kecilan bisa bermanfaat untuk mengetahui situasi yang ada di lingkungan tempat anda membuka usaha. Jika di sana sudah terdapat tempat laundry juga, anda harus lebih strategis atau memberikan layanan yang lebih baik lagi agar pelanggan memilih tempat anda. Melakukan survey dengan baik juga membuat anda lebih mengenal kompetitor dan bisa merancang persaingan secara sehat.

 

Setidaknya dari survey yang dilakukan, anda bisa mengetahui berapa harga pasaran untuk jasa laundry kiloan dan berapa banyak calon pelanggan yang akan terjaring di lokasi tempat anda membukanya.

BACA JUGA:  Cara Menetapkan Harga Produk Agar Menguntungkan

Berikan promosi dan diskon

Tahap awal jika anda ingin sukses berbisnis laundry kiloan adalah memberikan promo dan diskon. Pada awal mula menjaring pelanggan, buatlah harga di bawah pasaran agar orang tertarik untuk lebih memilih menggunakan jasa anda.

Berikan layanan terbaik dan terima keluhan

Salah satu kepuasan pelanggan datang dari pelayanan yang baik dan memperlihatkan keramahan anda. Jika anda lebih perhatian kepada pelanggan, pelanggan akan lebih senang menggunakan jasa anda. Misalkan dengan menghafal nama-nama pelanggan anda atau paling tidak memberikan senyum, sapa dan salam yang baik saat bertemu.

Selain itu juga jika pelanggan mengalami keluhan dengan layanan anda, berikan kompensasi yang memadai. Misalnya jika ada pelanggan yang mengeluh bajunya masih kotor atau masih ada noda, berikan layanan mencuci kembali dengan harga gratis.

BACA JUGA:  Kunci Menjalin Kerja Sama Saling Menguntungkan Dalam Bisnis

Sempurnakan sistem manajerial

Setelah pelanggan berdatangan dengan sendirinya dan sudah ada orang yang membantu mengurusi administrasi. Ingatlah bahwa usaha anda bisa dibesarkan dengan cara meningkatkan branding. Branding nama usaha laundry anda bisa dikenal oleh banyak orang karena pelayanan yang baik atau hasil yang baik. Setelah itu anda sempurnakan sistem managerial dan membuka cabang di tempat lain atau bisa juga dijadikan sistem franchise.

Selamat mencoba dan semoga sukses. Baca juga artikel sebelumnya kunci menjadi pengusaha sukses.

TOPIK TERBARU:

gerobak rokok gratis, hari baik membeli barang elektronik, pertanyaan tentang aspek keuangan, cara membuat gir untuk tawuran, sebutkan contoh wirausaha yang terinspirasi dari gagasan orang lain, iklan kesehatan bahasa jawa, gaji karyawan hisana fried chicken, sebutkan dan jelaskan cara memperoleh permodalan bagi PT, contoh perusahaan non manufaktur, yang termasuk lapangan pemberian jasa adalah, cara perhitungan arisan menurun, contoh percakapan melobi, analisis swot rendang, slogan makanan tradisional, contoh peluang dari konsumen