Usaha Waralaba Bakso Malang Cak Eko

 

Kata orang Indonesia, bakso adalah salah satu jajanan yang “gak ada matinya”. Jadi kalau anda mau terjun ke usaha bakso, bisa jadi prospek ke depannya tetap cerah. Walaupun usaha bakso ini buanyaaaak sekali bertebaran di Indonesia. Bahkan sampai ujung kampung-pun ada. Ingin tahu buktinya? Anda bisa lihat usaha waralaba bakso Malang Cak Eko. Pemenang pertama Bisnis Indonesia Young Entrepreneur Award 2008 ini memang terbilang ganas. Gimana nggak ngeri, gerainya saja sampai 75 biji, tersebar di seluruh Indonesia.

Awalnya usaha waralaba bakso Malang Cak Eko ini buka hanya di pinggir jalan di Jatiwarna, Bekasi pada Maret pada 2005. Setelah usahanya berkembang, usaha franchise bakso Malang Cak Eko tersebut menyewa sebuah outlet di Tamini Square pada 2006. Nah, saking larisnya usaha mas Henky Eko Sriyantono ini (itu nama asli franchisor atau pemilik franchise Cak Eko gan), banyak konsumen yang tertarik untuk bekerjasama. Dan jadilah mas Eko mewaralabakan bakso Malang Cak Eko.

Keunggulan bakso Malang Cak Eko adalah rasa kuah dan varian isinya yang berbeda dengan kebanyakan bakso Malang lain. Lezat dan mak yuss. Katanya, butuh tiga bulan untuk menemukan formula yang pas. Usaha waralaba bakso Malang Cak Eko ini terbilang sangat memperhatikan kebersihan, kehalalan, higienitas, dan kesehatan. Sudah bersertifikat halal MUI, BPOM Dinkes serta sertifikat uji laboratorium bebas formalin, borax, dan zat-zat lain yang membahayakan tubuh. Lengkap kan bro… Menu waralaba bakso Malang Cak Eko juga banyak. Anda tidak usah khawatir dengan kata “BAKSO”. Nggak cuma itu kok.

BACA JUGA:  Contoh Usaha Jajanan Gerobak yang Berhasil

Ada bakso campur, siomay dan batagor, bakso urat atau halus, soto ayam dan daging, cwie mie Malang, nasi goreng jawa, mie ayam, mie goreng Jawa, mie ayam bakso, mie godok dan rawon. Pegel sampai saya nulisnya. Menu minumannya juga variatif. Ada aneka juice segar, es campur, sekoteng, es dawet dan sebagainya. Kalau anda bertanya apa keuntungannya jika bermitra dengan franchise bakso malang cak Eko ini? Akan saya jelaskan. Ada 5 keuntungan yang bisa anda dapat :

  1. Kesempatan untuk memiliki usaha sendiri, tetapi tidak dengan sendiri.
  2. Alat bantu guna mendukung keberhasilan usaha dalam hal sistem operasional, sistem pemasaran, pemilihan lokasi, pasokan bahan baku, dan sebagainya.
  3. Investasi sepenuhnya milik anda, setelah operasional seluruhnya dalam kendali dan pengawasan anda.
  4. Kemungkinan keberhasilan lebih besar dibandingkan anda membangun usaha dengan sistem baru anda sendiri. Survey menunjukkan 80% keberhasilan bisnis jika anda mengikuti bisnis yang sudah jadi dan tingkat kegagalan berkisar 20%. Prosentase tersebut berbanding terbalik jika anda membangun usaha secara sendirian (seperti hukum pareto ya?).
  5. Semua usaha mengandung resiko, tetapi usaha waralaba bakso Malang Cak Eko berusaha meminimalisir tingkat resiko yang mungkin terjadi dengan cara membantu sepenuhnya keberhasilan mitra usaha menuju sukses.
  6. Setelah berakhirnya masa perjanjian mitra usaha atau yang ditunjuk, akan diprioritaskan untuk memperpanjang perjanjian yang akan diatur kemudian, setelah dievaluasi.
BACA JUGA:  Makanan Tela-tela, Makanan Indonesia yang Tetap Eksis

Lalau berapa biayanya? Gud kuestion…Bakso Malang Cak Eko menyediakan 3 paket yang bisa anda pilih sesuai dengan keinginan dan kemampuan anda.

  1. Paket Food Court Mall
    Franchise Fee : 47 juta
    Royalty Fee : 3,5% dari total omzet perbulan
    Jangka Waktu : 5 tahun
  2. Paket Mini Resto (40 – 80 meter persegi)
    Franchise Fee : 77 juta
    Royalty Fee : 3,5% dari total omzet perbulan
    Jangka Waktu : 5 tahun
  3. Paket Resto (> 80 meter persegi)
    Franchise Fee : 99 juta
    Royalty Fee : 3,5% dari total omzet perbulan
    Jangka Waktu : 5 tahun
BACA JUGA:  Franchise Edam Burger

He..he..he…masih kurang informasinya? Saya tambahin. Ini asumsi keuangan per bulannya kalau anda bermitra dengan Bakso Malang Cak Eko. Saya ambil yang paket foodcourt aja ya…

 

Simulasi Keuangan Usaha Franchise Bakso Malang Cak Eko

Investasi Awal
Sewa tempat pertahun : Rp. 20.000.000,00
Franchise fee : Rp. 47.000.000,00
Total Investasi : Rp. 67.000.000,00

Pemasukan
Makanan : Rp.16.650.000,00
Minuman : Rp. 6.960.000,00
Total Pemasukan : Rp.23.610.000,00

Pengeluaran
Gaji pegawai 3 org : Rp. 1.500.000,00
Listrik, air, elpiji : Rp. 1.500.000,00
Bahan baku utama : Rp. 7.650.000,00
Bahan baku tambahan : Rp. 1.260.000,00
Royalti Fee 3,5% : Rp. 826.000,00
Total Pengeluaran : Rp 11.910.000,00

Keuntungan Bersih : Rp. 10.870.000
Balik Modal (BEP): 67 juta / 10.87 juta = 6 Bulan

TOPIK TERBARU:

gerobak rokok gratis, hari baik membeli barang elektronik, pertanyaan tentang aspek keuangan, cara membuat gir untuk tawuran, sebutkan contoh wirausaha yang terinspirasi dari gagasan orang lain, iklan kesehatan bahasa jawa, gaji karyawan hisana fried chicken, sebutkan dan jelaskan cara memperoleh permodalan bagi PT, contoh perusahaan non manufaktur, yang termasuk lapangan pemberian jasa adalah, cara perhitungan arisan menurun, contoh percakapan melobi, analisis swot rendang, slogan makanan tradisional, contoh peluang dari konsumen