Begini Strategi Pemasaran yang Baik dan Benar

 

Begini Strategi Pemasaran yang Baik dan BenarLUTIMNEWS.COM – INVESTASI – Teknik pemasaran bisa dikatakan sebagai kunci keberhasilan dari penjualan produk.

Kemampuan dalam memasarkan produk atau jasa bisa jadi lebih penting dibandingkan produk itu sendiri. Pemasaran yang baik didukung oleh strategi pemasaran yang efektif.

Dengan strategi tersebut maka proses marketing dapat dipertahankan, bahkan cara baru dalam memasarkan produk juga dapat kita temukan dan membuat pelanggan semakin loyal. Tentu saja, jangan mengabaikan faktor kualitas produk yang merupakan poin penting dalam pemasaran itu sendiri.

Setelah Anda memastikan kualitas produk Anda, rancanglah strategi pemasaran yang efektif supaya proses pemasaran bisa berjalan secara terkontrol, dinamis, dan kreatif. Berikut ini langkah strategi pemasaran yang dapat Anda terapkan:

Kenalilah Pelanggan Anda

Mengdentifikasi target market Anda akan membantu Anda dalam menyusun strategi pemasaran yang efektif. Anda bisa membidik pasar di kelompok usia 15 sampai 30 tahun apabila Anda ingin memasarkan produk, sepeda sport.

BACA JUGA:  Tips Sukses Menjalankan Bisnis Cuci Helm

Atau Anda bisa membidik wanita dengan kelompok usia 20 sampai 35 tahun apabila Anda ingin memasarkan produk sepatu wedges. Jadi dengan mengetahui siapa target pemasaran, Anda akan terhindar dari terbuangnya waktu serta biaya yang sia-sia.

 

Lakukan Promosi

Lakukan upaya promosi atau memperkenalkan produk Anda kepada konsumen. Usahakan supaya promosi yang Anda lakukan tersebut terus-menerus, konsisten, dan dengan cara yang kreatif sehingga para pelanggan tidak merasa bosan.

Misalnya setiap kali bepergian bawalah pamflet, brosur, atau leaflet berisi produk Anda untuk dibagikan kepada rekan-rekan, atau Anda bisa menyebarkan brosur tersebut di tempat umum.

Buatlah status di jejaring sosial seperti Facebook yang berkaitan dengan produk Anda, atau Anda bisa mengirim sms kepada teman-teman Anda terkait dengan produk tersebut. Dengan berbagai usaha itu, dengan sendirinya Anda akan menemukan pelanggan.

BACA JUGA:  Tips Memasarkan Bisnis dari Hobi Anda

Pilih Lokasi yang Strategis

Faktor penting dalam strategi pemasaran lainnya yaitu masalah pemilihan lokasi. Jika diperhatikan outlet atau toko roti Holland Bakery selalu berada di jalan yang sibuk di mana lalu lalang orang cukup tinggi. Itu merupakan strategi mereka dalam membidik pelanggan yang potensial.

Maka dari itu usahakan untuk memilih lokasi yang tepat, strategis, supaya kesempatan bisnis Anda mudah untuk diakses oleh pelanggan lebih terbuka.

Gunakan Internet Marketing

Internet marketing bisa Anda manfaatkan sebagai salah satu strategi pemasaran yang efektif. Anda bisa mengetahui selera serta kebutuhan pelanggan Anda dengan cara menempatkan bisnis Anda di situs jejaring sosial.

Sekarang ini jual beli online semakin marak dengan jumlah transaksi yang meningkat di setiap tahunnya. Hal tersebut menunjukkan kecenderungan pelanggan yang ingin berbelanja di luar jam toko dan lebih privasi.

BACA JUGA:  Cara Menentukan Jenis Investasi yang Baik

Selain itu, ruang inovasi juga terbuka lebar di internet. Anda bisa memasang foto, berinteraksi langsung dengan pelanggan, bahkan menggelar berbagai promo menarik.

Jalin Hubungan dengan Pelanggan

Memelihara pelanggan lama lebih mudah dibandingkan dengan mendapatkan pelanggan baru. Konon biaya yang dibutuhkan guna menarik pelanggan baru sekitar 6 kali lipat dari pada memelihara pelanggan lama.

Maka buatlah database pelanggan, masukkan data penting beserta kemajuan yang telah Anda capai, hubungi mereka secara berkala, serta informasikan pelanggan mengenai promo produk yang sedang berjalan, dan lain-lain.

Joe Girard seorang salesman terkemuka di dunia otomotif, berkata bahwa kunci suksesnya yaitu selalu memelihara hubungan yang baik dengan para pelanggannya. Kini dengan ketatnya persaingan pasar sekarang ini, Anda harus bisa memenangkan pasar dengan strategi marketing yang tepat dan juga ide yang inovatif.

(photo: dmarealtors.com)

TOPIK TERBARU:

gerobak rokok gratis, hari baik membeli barang elektronik, pertanyaan tentang aspek keuangan, cara membuat gir untuk tawuran, sebutkan contoh wirausaha yang terinspirasi dari gagasan orang lain, iklan kesehatan bahasa jawa, gaji karyawan hisana fried chicken, sebutkan dan jelaskan cara memperoleh permodalan bagi PT, contoh perusahaan non manufaktur, yang termasuk lapangan pemberian jasa adalah, cara perhitungan arisan menurun, contoh percakapan melobi, analisis swot rendang, slogan makanan tradisional, contoh peluang dari konsumen