Cara Membuka Bisnis Rumah Makan Padang

 

berbisnis masakan padangBisnis rumah makan padang memang tidak pernah mati. Bisnis ini memang semakin tumbuh subur seiring dengan perkembangan jumlah penduduk dan gaya hidup yang ingin serba instan. Sadar atau tidak dengan pertumbuhan penduduk yang semakin besar maka semakin besar pula kebutuhan pangan yang harus disediakan.

Persiapan pertama untuk memulai bisnis apa saja termasuk rumah makan padang yaitu mempersiapkan mental untuk menghadapi tantangan, ketakutan serta keraguan akan kegagalan. Setelah langkah pertama kini menyangkut masalah operasional dari rencana usaha Anda. Masalah-masalah teknis yang menyangkut seluk beluk pekerjaan perlu disiapkan secara cermat.

Mulai dari mengukur kemampuan diri, keterampilan yang dimiliki yang menyangkut bidang bisnis itu, untuk usaha rumah makan padang minimal harus mengerti masakan ala padang. Pintar memasak akan lebih baik lagi. Tapi untuk menjadi pengusaha rumah makan padang tidak harus menjadi ahli memasak dulu, tapi yang terpenting yaitu mampu mengelola usaha itu, tenaga ahli yang bisa memasak bisa Anda rekrut.

BACA JUGA:  11 Aplikasi Ini Bisa Membantu Bisnis Anda Meski Bepergian

Persiapan dalam memulai bisnis rumah makan padang lainnya, yaitu menyediakan sarana dan prasarana. Untuk sarana dan prasarana bisa diperoleh dari meminjam atau menyewa terlebih dahulu, kecuali Anda mempunyai dana yang cukup yang sengaja diinvestasikan ke usaha Anda untuk jangka panjang.

Prasarana yaitu hal-hal kemudahan bersifat fisik maupun non fisik yang mendukung pengoperasian sarana-sarana. Sedangkan sarana yaitu alat-alat untuk melakukan kegiatan-kegiatan tertentu.

Dalam usaha rumah makan padang, maka yang termasuk prasarana yaitu tempat yang strategis, tenaga ahli (juru masak), modal usaha, dan izin usaha, sedangkan meja kursi, peralatan makan, peralatan masak, dan sebagainya termasuk ke dalam sarana.

 

Bisnis rumah makan padang termasuk bisnis yang beresiko besar karena bisnis tersebut berbeda dengan bisnis-bisnis lain. Kecuali yang kita jual ialah makanan kering, yang bisa bertahan hingga berbulan-bulan. Tapi jika Anda yakin pangsa pasarnya bagus, maka bisnis rumah makan padang tersebut akan memberi keuntungan yang berlipat ganda.

BACA JUGA:  Bagaimana Memulai Bisnis Kafe Kecil

Dalam bisnis rumah makan padan memang kita tidak dituntut untuk bisa membuat makanan yang akan dijual karena banyak yang sukses berbisnis rumah makan padang dengan cara mengambil makanan ditempat lain, lalu menjualnya lagi. Bagi Anda yang pintar memasak, tetapi tidak bisa menjual, Anda bisa menitipkannya di kantin, atau di tempat-tempat yang ramai.

Untuk bisnis rumah makan padang jika Anda bingung memilih makanan apa yang akan dijual, Anda bisa memulainya dari makanan-makanan pderah padang yang biasa Anda jumpai. Jika Anda lebih berani Anda bisa memulainya dari makanan yang banyak dijual disekitar tempat Anda ingin membangun bisnis rumah makan padang tersebut.

BACA JUGA:  Cara Sederhana Mengatur Keuangan Bisnis Anda

Usaha rumah makan padang juga sangat sensitif terhadap rasa, karena itu penting sekali ada juru masak yang betul-betul ahli dibidangnya. Jual lah masakan yang terbaik dan berkualitas tinggi. Jangan coba-coba membuka rumah makan padang jika tidak ada juru masak yang hebat dalam memasak.

Sebaiknya Anda juga mengurus izin usaha. Bisa izin usaha dari RT atau RW atau keamanan setempat. Tetapi secara prinsip, yang saya maksud yaitu berbadan hukum dengan akte notaris. Hal ini sangat diperlukan apabila usaha Anda berada di pinggir jalan raya dan melibatkan beberapa pekerja. Tidak perlu mendirikan PT ataupun CV, contohnyanya cukup dalam status UD (Usaha Dagang) milik perseorangan, yaitu Anda yang disahkan oleh seorang notaris.

TOPIK TERBARU:

gerobak rokok gratis, hari baik membeli barang elektronik, pertanyaan tentang aspek keuangan, cara membuat gir untuk tawuran, sebutkan contoh wirausaha yang terinspirasi dari gagasan orang lain, iklan kesehatan bahasa jawa, gaji karyawan hisana fried chicken, sebutkan dan jelaskan cara memperoleh permodalan bagi PT, contoh perusahaan non manufaktur, yang termasuk lapangan pemberian jasa adalah, cara perhitungan arisan menurun, contoh percakapan melobi, analisis swot rendang, slogan makanan tradisional, contoh peluang dari konsumen