Langkah Cerdas Memulai Bisnis Percetakan Undangan

 

bisnis cetak undanganLUTIMNEWS.COM – INVESTASI – Berbisnis merupakan salah satu cara terbaik untuk menjadi kaya. Begitu banyaknya peluang bisnis yang bisa dimanfaatkan justru kadang kita akan merasa bingung dan ragu-ragu dalam memulainya. Sebelum memulai suatu bisnis, kita sangat perlu untuk mengetahui seluk beluk di dalamnya. Walaupun masih pemula asalkan anda mau belajar dan mencoba pasti akan sukses nantinya.

Salah satu bisnis yang cukup menggiurkan adalah bisnis percetakan undangan. Bisnis percetakan sangat banyak jenisnya, mulai dari mencetak buku, mmt, poster, selebaran dan undangan.

Berikut ini berbagai langkah cerdas yang bisa anda lakukan untuk memulai bisnis percetakan undangan.

Persiapkan peralatan berkualitas

Jika anda akan memulai bisnis percetakan undangan, sebaiknya perhatikan mesin cetak anda. Kualitas alat produksi menjadi prioritas utama dalam bisnis ini. Jika alat yang anda gunakan sering macet dan memberikan noda pada hasil cetakan, maka selain anda akan rugi karena banyak produk gagal cetak anda juga akan ditinggalkan pelanggan.

BACA JUGA:  Peluang Bisnis Cacing Tanah Yang Menjanjikan

Persiapkan dengan matang peralatan cetak undangan. Lakukan service secara rutin, jika perlu manfaatkan pelayanan service rutin yang diberikan oleh penyedia mesin anda.

Lakukan promosi dan beriklan

Melakukan promo dapat mendatangkan pelanggan dengan cepat. Seringkali pelanggan baru akan datang karena adanya promo. Anda juga bisa melakukan promo melalui media massa atau poster yang disebarkan di seluruh wilayah target pasar anda.

 

Pemberian promo dan iklan yang rutin dilakukan dapat memberikan efek positif terhadap brand image usaha percetakan anda. Lakukan ini juga pada undangan yang anda cetak. Letakkan logo pada lokasi strategis namun tidak terlalu mencolok pada undangan yang anda cetak.

BACA JUGA:  Berbagai Peluang Bisnis Dari Kerajinan Bambu

Perhatikan kualitas cetakan

Kualitas cetakan sangat berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Namun anda juga harus memperhatikan harga dan modal yang digunakan. Lakukan pengelompokan harga berdasarkan kualitas dan bahan cetakan sehingga biaya produksi juga tidak membengkak.

Berikan layanan memuaskan

Layanan pada konsumen secara tidak langsung akan menjaga keberadaan konsumen pada anda. Jika anda kurang memperhatikan kebutuhan konsumen dan berlaku tidak ramah, maka konsumen hanya akan menggunakan jasa anda sekali atau dua kali saja. Berikan pelatihan pada karyawan anda agar bisa menangani pelanggan dengan cara yang baik.

BACA JUGA:  Cara Memulai Usaha Kue Kering

Layani pelanggan kelas “kakap” dengan cara spesial

Dalam usaha percetakan undangan, pasti ada beberapa klasifikasi pelanggan. Klasifikasi ini didasarkan pada besarnya nilai order yang mereka lakukan. Jika pemesanan dilakukan dalam jumlah banyak pastinya anda akan untung besar, tapi bagaimana jadinya jika pelanggan itu beralih kepada kompetitor kita.

Salah satu cara untuk menyiasati ini adalah dengan melakukan layanan khusus pada pelanggan kelas “kakap” itu. Misalkan dengan memberikan diskon khusus atau kenang-kenangan atas kepercayaanya menggunakan jasa anda. Atau bisa juga dengan memberikan bingkisan atau ucapan di hari spesial orang tersebut.

Demikianlah berbagai Langkah Cerdas Memulai Bisnis Percetakan Undangan. Semoga usaha anda sukses dan lancar.

TOPIK TERBARU:

gerobak rokok gratis, hari baik membeli barang elektronik, pertanyaan tentang aspek keuangan, cara membuat gir untuk tawuran, sebutkan contoh wirausaha yang terinspirasi dari gagasan orang lain, iklan kesehatan bahasa jawa, gaji karyawan hisana fried chicken, sebutkan dan jelaskan cara memperoleh permodalan bagi PT, contoh perusahaan non manufaktur, yang termasuk lapangan pemberian jasa adalah, cara perhitungan arisan menurun, contoh percakapan melobi, analisis swot rendang, slogan makanan tradisional, contoh peluang dari konsumen