Mengatasi Keuangan yang Menciut Sehabis Liburan

 

LUTIMNEWS.COM – INVESTASI – Menghabiskan waktu akhir pekan dengan keluarga dengan liburan, tentu keinginan setiap orang. Namun terkadang liburan tidak terasa menyenangkan jika tidak mengunjungi tempat-tempat yang tergolong mahal sehingga memaksakan untuk mengeluarkan uang yang cukup banyak. Hal inilah yang menjadi pertimbangan banyak orang yang melakukan aktivitas liburan, keungan mereka akan menciut sehabis liburan.

mengatasi-keuangan-yang-menciut-sehabis-liburanBagaimana cara mengatasi keuangan yang menciut sehabis liburan? Kali ini kami akan mencoba membahas masalah ini, agar keuangan Anda tetap kembali stabil sehabis liburan. Masalah ini cobalah Anda melakukan hal dibawah ini untuk mengatasi keuangan Anda yang terkuras sehabis liburan:

Buatlah Catatan Pengeluaran

Catatatan pegeluaran salah satu yang harus Anda lakukan dengan memandingkan anggaran (budget) yang sudah Anda buat sebelum liburan. Apabila Anda menemukan dana yang berlebih selama melakukan liburan maka jalan satu-satunya yaitu dengan Anda harus menghemat pengeluaran lainnya. Jika memang ada sisa dari anggaran, belanjakan untuk kebutuhan-kebutuhan yang lebih produktif seperti menabung atau berinvestasi. Dengan cara ini Anda akan tetap memiliki kontrol atas keuangan Anda.

BACA JUGA:  Lejitkan Kekayaan Dari Bisnis Kost-Kostan

Selesaikan Masalah Utang untuk Liburan

Apakah Anda menggunakan utang untuk pergi berlibur? Sebenarnya kami tidak merekomendasikan utang untuk pergi berlibur. Jika terpaksa liburan dengan menggunakan utang (entah KTA, Kartu Kredit, Utang teman, Utang koperasi dan utang lainnya) segera selesaikan. Kenapa? Sangat tidak bijak, Anda sudah selesai liburan, Anda sudah selesai senang-senang tetapi sekarang Anda masih harus membayar cicilan utang. Hati-hati salah menentukan cicilan Anda bisa rugi.

 

Lunasi Tagihan Kartu Kredit yang Ada

Apakah Anda menggunakan kartu kredit selama liburan? Jika ia gunakan kartu kredit sebagai alat bantu pembayaran, bukan alat untuk utang. Misal Anda menggunakan kartu kredit untuk mendapatkan bonus airmiles, atau diskon di tempat makan. Segera bayar tagihan kartu kredit kemarin. Biasanya orang-orang menunda pembayaran tagihan kartu kredit untuk bulan depan atau menunggu setelah ada tagiihan baru. Kenyataannya bulan depan akan ada pengeluaran lainnya, yang harus Anda keluarkan. Khusus untuk pengeluaran liburan, sebaiknya segera bayar tagihan kartu kredit Anda.

BACA JUGA:  6 Rahasia Finansial dari Entrepreneur Sukses

Tambah Dana Darurat, Jika Liburan Kemarin Sempat Menggunakan Dana Darurat

Apakah teman-teman kemarin sempat menggunakan dana darurat selama liburan? Jika teman-teman menggunakan dana darurat, itu bukanlah hal yang dilarang. Sekarang dikembalikan dana daruratnya, segera tambah (top up) dana darurat Anda. Ingat dana darurat untuk teman-teman yang sudah berkeluarga adalah 9 sampai 12 kali pengeluaran bulanan. Usahakan jangan sampai kosong dana daruratnya, karena kalau Anda tidak memiliki dana daurat, risikonya besar.

Mendapatkan Ide Baru Selama Liburan?

Apa yang didapat seseorang selama liburan? Tentu saja bukan hanya refreshing, bukan hanya teman baru, bukan hanya pengalaman baru, tetapi juga ide bisnis. Inilah yang semestinya yang harus dibawah sehabis dari liburan agar uang untuk liburan kemarin bisa kembali. Anda bisa memanfaatkan media sosial  untuk mengembangkan ide bisnis yang Anda dapatkan.

BACA JUGA:  Cara Belanja Hemat di Supermarket

Pastikan Keuangan Anda Tetap Sehat Setelah Pulang dari Berlibur

Pastinya liburan selalu membawa cerita dan suka cita untuk Anda dan keluarga. Tetapi jangan sampai suka cita tersebut berujung menderita karena kesalahan-kesalahan dalam mengelola dan mengontrol keuangan.

Semoga apa yang kami berikan di atas dapat membantu Anda mengelola keuangan setelah pulang dari liburan. Apa yang Anda lakukan untuk menahan nafsu belanja barang-barang yang tidak penting selama di tempat wisata? (ceritakan cara-cara Anda di kolom komentar di bawah ini !!!) Selamat beraktivitas kembali.

TOPIK TERBARU:

gerobak rokok gratis, hari baik membeli barang elektronik, pertanyaan tentang aspek keuangan, cara membuat gir untuk tawuran, sebutkan contoh wirausaha yang terinspirasi dari gagasan orang lain, iklan kesehatan bahasa jawa, gaji karyawan hisana fried chicken, sebutkan dan jelaskan cara memperoleh permodalan bagi PT, contoh perusahaan non manufaktur, yang termasuk lapangan pemberian jasa adalah, cara perhitungan arisan menurun, contoh percakapan melobi, analisis swot rendang, slogan makanan tradisional, contoh peluang dari konsumen