Panduan Lengkap Memulai Bisnis Berjualan Buku

 

Panduan Lengkap Memulai Bisnis Berjualan BukuLUTIMNEWS.COM – INVESTASI – Meningkatnya angka melek aksara dan tingkat pendidikan di tanah air, menjadikan buku sebagai salah satu barang yang terus-menerus diburu oleh banyak orang. Banyaknya buku digital pun tak menyurutkan jumlah peminat dan pembeli buku.

Konsumsi buku juga tidak dibatasi oleh faktor usia, jenis kelamin, suku, ras dan sebagainya. Bagi Anda yang hendak berbisnis sekaligus ingin menambah pengetahuannya, mengapa tidak mencoba membuka toko buku?

Berikut ini beberapa tips membuka toko buku yang bisa Anda tempuh untuk membuka sebuah toko buku:

Persiapan

– Bersiaplah dengan modal yang Anda perlukan.

Secara garis besar, modal yang diperlukan meliputi biaya untuk sewa tempat, modal kerja sesuai dengan banyaknya buku yang Anda sediakan serta biaya cadangan tenaga kerja (jika Anda merekrut karyawan, minimal 3 bulan) dan biaya untuk promosi seperti, promosi lewat brosur, spanduk dan sejenisnya.

– Miliki lokasi bisnis yang strategis seperti: daerah sekitar lingkungan kampus, sekolah, pondok pesantren, seminar dan sebagainya.

 
BACA JUGA:  Jenis Bisnis Yang Bisa Dijalankan Oleh Karyawan

Lokasi juga harus disesuaikan dengan besarnya modal yang Anda miliki. Jika modal Anda lebih besar kemungkinan untuk mendapatkan lokasi yang strategis juga akan semakin besar pula. Lokasi strategis biasanya memang berharga sewa tinggi.

– Tentukan cara penjualan yang sesuai dengan situasi dan Anda.

Misalnya, bila Anda memiliki modal yang cukup, tidak masalah jika Anda membuka sebuah toko buku di lokasi yang strategis. Jika Anda memiliki keterbatasan dalam hal modal, Anda bisa meminta kerjasama dengan penjual buku yang sudah lebih mapan.Temukan relasi tersebut di penerbit-penerbit yang ada dalam jangkauan Anda.

– Adakan survey dan pengamatan di lapangan mengenai buku-buku yang laris di pasaran, dengan cara berkeliling di toko-toko buku besar lainnya. Selanjutya, sediakanlah buku-buku tersebut di toko buku Anda.

Realisasi

– Pertimbangkan buku apa saja yang akan Anda jual dengan berdasarkan keadaan keuangan, ukuran toko buku, besarnya modal, dalamnya pengetahuan Anda terhadap dunia perbukuan dan sebagainya.

BACA JUGA:  Peluang Usaha dengan Modal yang Kecil

Bila Anda masih merasa kurang dalam hal modal serta pengetahuan perbukuan, ada baiknya jika Anda mencoba fokus pada jenis atau buku tertentu saja. Seiring berjalannya waktu pengetahuan serta pengalaman akan bertambah dan Anda bisa memperluas cakupan kategori buku yang Anda jual.

– Kedepankan hal yang unik atau khas untuk ditawarkan kepada para konsumen. Amati dan pelajari bagaimana para pesaing Anda menjalankan usaha toko buku mereka.

– Dapatkan buku secara langsung dengan cara mengambilnya di agen atau distributor, maupun dengan cara menghubungi penerbit. Bila Anda menghubungi penerbit Anda bisa mendapatkan potongan harga yang lebih tinggi. Tapi konsekuensinya yaitu Anda harus repot karena harus menghubungi penerbit secara satu persatu, dan Anda juga biasanya akan diwajibkan membeli dalam jumlah besar.

Sebaliknya dengan menghubungi agen atau distributor, Anda bisa menemukan banyak kategori dan judul buku. Namun peluang mendapatkan potongan harga yang besar juga tipis, dikarenakan agen atau distributor juga akan memungut sebagian keuntungan untuk mereka sendiri.

BACA JUGA:  6 Strategi Untuk Menjadi Pebisnis Sukses

– Tentukan cara yang sesuai untuk Anda dalam memperoleh buku yang akan Anda jual. Anda bisa memilih cara konsinyasi, kredit dalam jangka waktu tertentu, atau pembayaran langsung.

– Lakukan evaluasi arus kas dalam jangka waktu mingguan atau bulanan.

Pemasaran

– Jalin hubungan bisnis dengan penerbit.
– Berikan kartu nama pada relasi bisnis atau pembeli.
– Cetak dan pasang spanduk atau banner, brosur dan semacamnya.
– Ikut serta dalam event pendidikan atau pameran buku.
– Berikan potongan harga bagi pelanggan yang membeli dalam jumlah besar.
– Tetap mengikuti informasi terbaru mengenai dunia perbukuan, tren yang berkembang, buku-buku yang menjadi best-seller, dan lain-lain.

Nah, semoga bermanfaat.

(photo: startups.co.uk)

TOPIK TERBARU:

gerobak rokok gratis, hari baik membeli barang elektronik, pertanyaan tentang aspek keuangan, cara membuat gir untuk tawuran, sebutkan contoh wirausaha yang terinspirasi dari gagasan orang lain, iklan kesehatan bahasa jawa, gaji karyawan hisana fried chicken, sebutkan dan jelaskan cara memperoleh permodalan bagi PT, contoh perusahaan non manufaktur, yang termasuk lapangan pemberian jasa adalah, cara perhitungan arisan menurun, contoh percakapan melobi, analisis swot rendang, slogan makanan tradisional, contoh peluang dari konsumen