Peluang Usaha Bisnis Katering

 

peluang bisnis kateringBisnis katering merupakan salah satu bisnis rumahan yang sangat menguntungkan dengan potensi ekspansi dan pertumbuhan yang tinggi. Ini sangat bagus secara finansial dan menyenangkan.

Setiap melayani event seperti, pesta ulang tahun, makan malam, ataupun resepsi penikahan merupakan pengalaman baru dan tantangan yang baru pula yaitu berhadapan dengan sekelompok orang yang baru.

Bisnis katering membutuhkan stamina yang ekstra, kemampuan bekerja di bawah tekanan, dan harus memiliki keterampilan interpersonal yang sangat baik. Keberhasilan Anda dalam bisnis ini yaitu tergantung pada reputasi Anda sendiri.

Guna membangun reputasi yang baik dalam berbisnis, Anda harus bersedia bekerja keras dan kemampuan Anda bekerja di bawah tekanan. Berikut kami sampaikan tips dan strategi untuk memulai bisnis katering rumahan:

Permintaan Katering

Permintaan terhadap katering akan terus meningkat selama bertahun-tahun. Pemicunya yaitu semakin meningkatnya jumlah rumah tangga berpendapatan tinggi, angka pernikahan serta acara perusahaan.

 
BACA JUGA:  Melirik Bisnis Mukena Selama Ramadan

Banyak sekali perusahaan yang menggunakan jasa katering  untuk melayani makan siang, dan pertemuan makan malam guna membangun citra dan meningkatkan penjualan perusahaan.

Gaya hidup seperti ini memberikan peluang bagi bisnis katering. Sudah banyak ibu rumah tangga sekarang yang menggunakan jasa katering untuk menyiapkan pesta mewah dan tak terlupakan bagi para tamu mereka.

Meningkatnya jumlah ibu yang menggunakan jasa katering untuk pesta ulang tahun, kelulusan, dan resepsi pernikahan karena alasan sederhana yaitu karena dewasa ini para ibu mulai banyak yang bekerja di luar rumah sehingga tidak memiliki waktu untuk melakukan semua perencanaan pesta yang mengesankan.

Bahkan konsep makan perlahan-lahan diubah oleh bisnis katering: dari pada pergi ke restoran untuk memakan makanan yang mewah, keluarga bisa menggunakan jasa katering untuk menyantap makanan yang sama di rumah.

Modal

Katering menawarkan kesempatan untuk memulai sebuah bisnis jasa makanan dengan investasi awal lebih rendah dibandingkan dengan membuka restoran.

BACA JUGA:  Peluang Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga

Tujuan paling utama Anda harus memberikan layanan katering yang berkualitas, membuat setiap acara mengesankan, menyediakan layanan katering yang luar biasa mulai dari pemilihan bahan dan persiapan makanan, peralatan, porsi makanan, mengatur dan membersihkan daerah yang ditunjuk, konsultasi dan koordinasi makanan untuk melayani acara tertentu. Biaya untuk bisnis katering akan tergantung pada apa yang Anda masukkan ke dalam dapur.

Untuk menekan biaya awal Anda bisa memulai bisnis katering dengan menyewa  peralatan memasak. Anda bisa menyewa fasilitas dapur dari bisnis yang melayani penyewaan peralatan tersebut.

Apabila keuangan sudah stabil Anda bisa membeli peralatan sendiri.Dengan menyewa fasilitas, peralatan, dan perlengkapan, Anda bisa menggunakan beberapa bulan pertama untuk membangun reputasi Anda, mengembangkan modal untuk investasi, perluasan dan mengevaluasi berapa banyak waktu dan uang yang ingin Anda diinvestasikan.

BACA JUGA:  Strategi Jitu Membangun Bisnis Rumahan

Potensi Penghasilan

Potensi penghasilan dari bisnis katering tergantung pada ukuran acara yang dilayani. Seperti bisnis lainnya katering membutuhkan manajemen dan keterampilan organisasi bisnis yang baik untuk berhasil.

Kemampuan Anda menjaga biaya operasi sambil mempertahankan layanan yang berkualitas tinggi juga sangat menentukan. Banyak orang yang mengatakan bahwa keuntungan dalam bisnis katering adalah yang terbaik di industri makanan.

Untuk mengurangi biaya Anda bisa menggunakan rumah sebagai kantor, selanjutnya mempekerjakan karyawan dan menyewa dapur dari restoran terdekat.

Dengan sifatnya musiman, dalam bisnis katering biasanya tidak memerlukan karyawan yang banyak sepanjang tahun. Tetapi yang terpenting yaitu bisnis tidak hanya menyediakan makanan besar namun juga kualitas layanannya. Staff katering harus merespon kebutuhan para client, fleksibel serta profesional.

Semoga artikel peluang bisnis katering yang kami sajikan bisa member inspirasi untuk Anda untuk mulai membuka usaha katering.

TOPIK TERBARU:

gerobak rokok gratis, hari baik membeli barang elektronik, pertanyaan tentang aspek keuangan, cara membuat gir untuk tawuran, sebutkan contoh wirausaha yang terinspirasi dari gagasan orang lain, iklan kesehatan bahasa jawa, gaji karyawan hisana fried chicken, sebutkan dan jelaskan cara memperoleh permodalan bagi PT, contoh perusahaan non manufaktur, yang termasuk lapangan pemberian jasa adalah, cara perhitungan arisan menurun, contoh percakapan melobi, analisis swot rendang, slogan makanan tradisional, contoh peluang dari konsumen