Peluang Usaha Bisnis Air Minum Isi Ulang

 

Peluang Usaha Bisnis Air Minum Isi UlangPeluang usaha depot air minum isi ulang mempunyai prospek yang semakin tinggi karena masyarakat yang biasanya memasak sendiri air untuk minum sekarang lebih memilih membeli air minum isi ulang.

Hal ini tak lepas dari sulitnya mendapat air bersih dan menurunnya kualitas air bersih yang di produksi oleh PDAM, bau kimia masih tercium jika air dimasak dan rasanya tidak enak. Kebutuhan akan air minum  isi ulang juga mulai terasa meningkat bahkan hingga ke daerah pinggiran karena dianggap lebih praktis.

Bagi orang yang mampu memang bisa dengan mudah membeli air minum bermerek sedangkan untuk masyarakat kelas menengah ke bawah lebih memilih air minum isi ulang karena harganya yang relatif murah dibanding dengan yang bermerek.

Oleh sebab itu peluang usaha bisnis air minum isi ulang sangat berpotensi terutama di daerah perkotaan yang selama ini menggantungkan diri dari air produksi PDAM.

Nah, untuk menjalankan bisnis pengisian air minum isi ulang, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain:

BACA JUGA:  Tips Sukses Menjalankan Bisnis Laundry Kiloan

Tempat Usaha Pengisian Air Minum Isi Ulang

 

Tempat usaha pengisian air minum isi ulang sebaiknya berada di kawasan padat penduduk. Pilihlah tempat yang mudah dijangkau dan berada di pinggiran jalan sebab mobil tangki pengisi air minum harus datang dari waktu ke waktu.

Perlengkapan Usaha Pengisian Air Minum Isi Ulang

Modal awal untuk usaha ini memang lumayan besar, hal ini karena perlengkapan yang dibutuhkan juga cukup lumayan harganya. Tentu saja yang paling penting adalah alat penyulingan air minum isi ulang yang bisa Anda dapatkan dari para supplier.

Biasanya para supplier alat penyulingan ini juga akan menyediakan air minum isi ulang yang bisa Anda beli per tangki yang diambil langsung dari mata air pegunungan.

Karyawan Usaha Pengisian Air Minum Isi Ulang

Untuk usaha air minum isi ulang Anda membutuhkan setidaknya 2 orang karyawan jika Anda terjun langsung. Anda bisa bertindak sebagai kasir dan dua orang karyawan sebagai pengisi air.

BACA JUGA:  Tips Menjalankan Bisnis Binatu

Jika Anda memutuskan ingin memberikan layanan pesan antar, maka setidaknya Anda memerlukan dua orang guna melakukan pengantaran dan membantu operational. Untuk itu Anda juga bisa menyediakan transportasi seperti sepeda motor yang telah dimodifikasi.

Promosi Usaha Air Minum Isi Ulang

Umumnya usaha ini 80% menunggu pelanggan datang dengan sendirinya. Tetapi Anda juga perlu melakukan promosi untuk usaha Anda ini, sebuah spanduk atau banner besar bisa di pasang di depan lokasi usaha wajib di buat untuk memberitahukan usaha Anda.

Anda juga bisa menyebarkan brosur dan kartu nama yang berisi informasi usaha Anda, pastikan terdapat nomor telepon yang bisa dihubungi untuk pemesanan.

Untuk Anda yang mempunyai managemen yang baik, Anda bisa meminjamkan galon air kepada calon pelanggan. Peminjaman galon air ini akan menjamin pelanggan selalu mengisi air isi ulang di tempat Anda, tapi hanya boleh dilakukan jika managemen Anda sudah baik, sebab jika buruk akan banyak galon air tidak kembali dan hilang.

BACA JUGA:  Manisnya Keuntungan Berjualan Angsle

Harga Jual Air Minum Isi Ulang

Saat ini harga jual air minum isi ulang berkisar antara Rp 3.000 hingga Rp 4.000. Pastikan harga jual yang Anda tetapkan tidak melebihi harga jual pesaing Anda.

Resiko Usaha Pengisian Air Minum Isi Ulang

Resiko terbesar berasal dari pesaing Anda. Adanya pesaing baru biasanya akan menurunkan omzet dalam 2 bulan pertama. Setelah itu jika pelayanan Anda prima, biasanya pelanggan Anda akan kembali normal seperti semula.

Resiko lain biasanya seperti rasa air yang tidak enak dan layanan pemesanan yang tidak tepat waktu. Rasa air minum yang tidak enak dapat disebabkan karena tabung filter yang jarang dibersihkan.

###

Nah, demikianlah beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan dalam menjalankan bisnis air minum isi ulang. Semoga bermanfaat!

TOPIK TERBARU:

gerobak rokok gratis, hari baik membeli barang elektronik, pertanyaan tentang aspek keuangan, cara membuat gir untuk tawuran, sebutkan contoh wirausaha yang terinspirasi dari gagasan orang lain, iklan kesehatan bahasa jawa, gaji karyawan hisana fried chicken, sebutkan dan jelaskan cara memperoleh permodalan bagi PT, contoh perusahaan non manufaktur, yang termasuk lapangan pemberian jasa adalah, cara perhitungan arisan menurun, contoh percakapan melobi, analisis swot rendang, slogan makanan tradisional, contoh peluang dari konsumen