Peluang Usaha Sumur Bor

 

Ilustrasi Usaha Sumur BorLUTIMNEWS.COM – INVESTASI ~ Semakin tingginya jumlah permintaan tempat tinggal atau perumahan berbanding lurus dengan permintaan pembuatan sumur bor.

Hal ini disebabkan karena kebutuhan air bersih perumahan tidak dapat sepenuhnya ditanggulangi oleh perusahaan air daerah. Peluang ini pula yang dimanfaatkan oleh Surya Irawan untuk menghidupi keluarganya.

Surya Irawan telah menekuni bisnis sumur bor sejak SMA di tahun 1989. Bisnis ini merupakan bisnis warisan orang tuanya yang kemudian ia kembangkan sampai dapat mencapai omzet 400 juta per bulannya.

BACA JUGA:  Mengintip Rutinitas Pada Pagi Hari Wirausaha Sukses Dunia

Sejak SMA Surya telah membantu orang tuanya menjalankan proyek pengeboran sumur tanah. Saat ayahnya meninggal dunia di tahun 2000, usaha pengeboran sumur ini sepenuhnya diwariskan kepadanya.

Saat itu perusahaan pengeboran memiliki aset kurang dari 100 juta rupiah dengan memiliki karyawan berjumlah delapan orang. “Mesin bor manual yang dimiliki pun hanya satu,” ujar Surya.

Berbekal pengalaman yang ia miliki semenjak ikut ayahnya, Surya bertekad mengembangkan Perusahaan pengeboran sumur PT Menara Asia Global milikinya. Surya mulai beberapa cara yang belum pernah dilakukan ayahnya diantara lain dengan  menggaet perusahaan pengembang perumahan. Meski begitu Surya tetap tidak lupa menjalin hubungan dengan pelanggan lama orang tuanya.

 
BACA JUGA:  6 Tips Sukses ala Richard Branson

Sebelum mengerjakan pengeboran sumur tanah diperumahan, Surya biasanya menjalin silaturahmi dengan tetangga pelanggan untuk minta izin sekaligus memperkenalkan usahanya. Maklum saja proses pengeboran sumur tanah pastinya mengganggu tetangga sekitar.

Usaha ini dijalankan Surya dengan  jujur dan penuh tanggung jawab, Pelanggan tidak perlu khawatir akan rugi jika pengeboran gagal. Tanpa perlu uang muka, nanti jika sudah ketemu air barulah pelanggan membayar. Tidak lama Surya menjalankan usahanya, perkembangannya pun mulai terlihat. Ia pun sudah mampu membeli satu mesin bor otomatis untuk memperlancar bisnisnya.

BACA JUGA:  Mengenal Airbnb, Company of The Year 2014

Selain menambah mesin, Surya juga memberlakukan spesialisasi terhadap karyawannya. Dahulu tiap karyawan memegang beberapa pekerjaan sekaligus namun kini tidak lagi. Selain kemampuan tiap individu yang ditingkatkan dibidang pengeboran dan kelistrikan Surya pun meningkatkan kesadaran keselamatan kerja pada karyawannya.

TOPIK TERBARU:

gerobak rokok gratis, hari baik membeli barang elektronik, pertanyaan tentang aspek keuangan, cara membuat gir untuk tawuran, sebutkan contoh wirausaha yang terinspirasi dari gagasan orang lain, iklan kesehatan bahasa jawa, gaji karyawan hisana fried chicken, sebutkan dan jelaskan cara memperoleh permodalan bagi PT, contoh perusahaan non manufaktur, yang termasuk lapangan pemberian jasa adalah, cara perhitungan arisan menurun, contoh percakapan melobi, analisis swot rendang, slogan makanan tradisional, contoh peluang dari konsumen