Perhatikan Ini Saat Membuka Usaha Catering

 

Perhatikan Ini Saat Membuka Usaha CateringLUTIMNEWS.COM – INVESTASI – Di dunia ini terdapat jutaan peluang usaha yang bisa anda manfaatkan untuk meraup untung. Terkadang para pengusaha pemula melakukan usaha sesuai hobinya agar tidak jenuh. Menjalankan usaha dengan hobi adalah salah satu kesenangan tersendiri yang bisa anda dapatkan.

Apabila anda hobi masak, bukalah usaha catering atau pesanan nasi kotak. Meskipun masakan anda rasanya tidak begitu enak, namun jika anda terus belajar dan mengembangkan keahlian, lambat laun pasti akan dicintai oleh konsumen anda. Berikut ini berbagai hal penting yang harus anda perhatikan saat membuka usaha catering.

Permodalan

Setiap usaha pasti membutuhkan pembiayaan berupa modal. Semakin besar modal yang dikeluarkan, kemungkinan mendapat untung juga semakin besar. Anda bisa menggunakan modal sendiri untuk membuka catering, jika tidak bisa temukanlah investor yang cocok dengan anda.

BACA JUGA:  Tela KreZZ, Bisnis Peninggalan Ibu

Investor akan membantu anda dalam permodalan dan akses mendapatkan bahan baku lebih banyak. Namun ingat bahwa investor juga tidak mau rugi, berhitunglah secara cermat agar usaha anda menguntungkan dan dana dari investor bisa dikembalikan sesuai perjanjian.

Tempat usaha

Bisnis catering merupakan salah satu bisnis yang harus memiliki lokasi usaha. Meskipun ada yang tidak, atau hanya dilakukan dari rumah, namun tetap saja membutuhkan alamat pasti. Anda bisa menggunakan ruko kecil atau alamat rumah anda sendiri untuk menjalankan bisnis catering.

Tempat usaha kadang memberikan nilai tambah jika berada di lokasi ramai dan mudah ditemukan. Calon konsumen akan datang menemui anda dan melihat proses pembuatan makanan secara langsung. Jika mereka cocok dengan cara pembuatan anda yang baik, dan hasil masakan yang enak dipastikan akan terus berlangganan kepada anda.

 
BACA JUGA:  Kesalahan Yang Sering Dilakukan Pengusaha Kuliner

Branding

Branding merk cukup berpengaruh dalam bisnis catering. Kegunaannya untuk memperkenalkan atau menyebut catering anda oleh pelanggan. Sehingga ketika catering anda rasanya enak dan ada orang yang merujuknya, mereka akan dengan mudah menyebutkan nama merk catering anda. Buatlah branding yang mudah diingat dan tagline sesuai misi bisnis anda.

Pemasaran

Memasarkan catering bukanlah hal mudah, anda harus berani menawarkan ke komunitas, masyarakat atau kelompok yang sering melakukan jamuan makan. Namun jika anda ingin melakukan dalam skala besar lagi, anda bisa menawarkannya ke perusahaan-perusahaan besar di lingkungan anda. Tentunya dengan surat ijin yang diperlukan.

BACA JUGA:  5 Rahasia Penting Sukses Dalam Memulai Bisnis Catering

Menu masakan

Menu masakan menjadi salah satu kunci suksesnya bisnis catering. Usahakan agar anda memiliki menu  yang unik agar banyak dicari oleh pelanggan. Semakin unik maka akan semakin bagus.

Kemasan produk

Meskipun anda memiliki produk baru yang jarang dimiliki orang, hal itu akan menjadi percuman apabila anda tidak memperhatikan kemasannya. Produk akan semakin menarik dengan tampilan yang menarik pula. Buatlah kemasan unik dan mudah untuk dikenali.

TOPIK TERBARU:

gerobak rokok gratis, hari baik membeli barang elektronik, pertanyaan tentang aspek keuangan, cara membuat gir untuk tawuran, sebutkan contoh wirausaha yang terinspirasi dari gagasan orang lain, iklan kesehatan bahasa jawa, gaji karyawan hisana fried chicken, sebutkan dan jelaskan cara memperoleh permodalan bagi PT, contoh perusahaan non manufaktur, yang termasuk lapangan pemberian jasa adalah, cara perhitungan arisan menurun, contoh percakapan melobi, analisis swot rendang, slogan makanan tradisional, contoh peluang dari konsumen