Syahmahfuz Chazali: Peluang Mulai Membentang

 

Peluang Mulai MembentangTim Faerumnesia boleh berbangga hati. Untuk menciptakan lapangan kerja dan menjadi usahawan mereka tidak harus menunggu sampai mendapatkan gelar sarjana. Keberhasilan itu di ikuti dengan beberapa pengakuan. Saat disertakan dalam lomba Bussines Plan Pemuda Tingkat Nasional yang diadakan Kementrian Pemuda dan Olahraga dalam rangka peringatan Hari Sumpah Pemuda 2008, penelitian ini meraih juara pertama. Sebelumnya dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) XXI pada Juli 2008 di Semarang, tim ini juga mendapat predikat Tim Penyaji Terbaik. Tahun itu, mereka di undang ke Cina untuk menyampaikan presentasi ilmiah. Tahun berikutnya undangan sudah menanti dari Australia untuk keperluan yang sama.

BACA JUGA:  Yoris Sebastian Nisiho: Yang Muda yang Berjaya

Beberapa tawaran bisnispun muncul. Dari negara tetangga Brunei Darusalam datang pesanan humat sebesar 60 ton per hari guna bahan baku pembuatan bahan bangunan semacam batako. Karya Syam dan kawan-kawannya memberikan dua manfaat besar bagi masyarakat. Pertama, mengatasi masalah limbah. Dan kedua, meningkatkan kualitas gerabah. Sebagai bahan baku gerabah, Syam memasang harga Rp. 1000 per kilogram. Harga ini jauh lebih murah dibandingkan jika perajin mempergunakan pasir sebagai bahan baku.

BACA JUGA:  6 Aplikasi Ini Membantu Anda Menetapkan Tujuan

Selain sebagai bahan baku gerabah, tim Faerumnesia sedang berusaha mengembangkan usaha ini ke sektor lain. Misalnya sebagai bahan baku genteng dan batu bata. Dengan bentuk tersebut mereka percaya manfaat humat akan lebih terasa bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan vital.

Sebagai hasil karya intelektual yang memiliki nilai ekonomis, Syam dan kawan-kawan sadar akan pentingnya mematenkan produknya. Namun ia mengaku pihaknya terbuka dengan pihak lain yang akan mempergunakan hasil karyanya, asal minta izin sehingga tidak menjadi masalah di kemudian hari.

BACA JUGA:  Strategi Sukses Menjalankan Bisnis Batu Akik

Yang penting adalah bila anda punya ide, pertahankan ide itu hingga dia menjadi sesuatu yang luar biasa buat hidup anda. Jadi kalau anda gagal, itu bukanlah berarti anda gagal tapi ada pembelajarannya bagaimana anda menjadi orang yang sukses. Jadi yakinlah, bisa, bisa, dan pasti bisa!

Sumber Buku: Wirausaha Muda Mandiri

 

TOPIK TERBARU:

gerobak rokok gratis, hari baik membeli barang elektronik, pertanyaan tentang aspek keuangan, cara membuat gir untuk tawuran, sebutkan contoh wirausaha yang terinspirasi dari gagasan orang lain, iklan kesehatan bahasa jawa, gaji karyawan hisana fried chicken, sebutkan dan jelaskan cara memperoleh permodalan bagi PT, contoh perusahaan non manufaktur, yang termasuk lapangan pemberian jasa adalah, cara perhitungan arisan menurun, contoh percakapan melobi, analisis swot rendang, slogan makanan tradisional, contoh peluang dari konsumen