Tips Cara Membuka Bisnis Penitipan Anak

 

tips cara membuka bisnis penitipan anakLUTIMNEWS.COM – INVESTASI – Banyaknya pasangan muda yang memanfaatkan waktunya untuk berkarir. Banyaknya waktu yang terpakai untuk bekerja, membuat para orang tua butuh akan bantuan jasa pengasuh anak.

Ini merupakan sebuah peluang yang dapat Anda manfaatkan untuk membuka usaha penitipan Anak di rumah Anda. Dengan pengelolaan yang baik bisnis rumahan ini tentunya akan sangat menjanjikan untuk menambah pemasukan Anda.

Sebelum ingin memulai usaha penitipan anak ini, Anda perlu pahami bahwa jasa penitipan anak adalah sebuah usaha yang mempunyai tanggung jawab yang besar dan didasari oleh kepercayaan. Sebab bisnis ini memiliki nilai edukasi dan sosial.

Disamping itu Anda juga membutuhkan dukungan manajemen profesional agar usaha Anda bisa berjalan lancar. Nah, berikut ini adalah beberapa tips dan cara membuka bisnis penitipan anak:

BACA JUGA:  Tips Membuka Usaha Jus Di Rumah

Persiapkan Lokasi Penitipan Anak

Jika Anda berniat membuka usaha penitipan anak di rumah Anda.  Upayakan untuk membuat ruangan di rumah Anda menjadi layak untuk anak-anak. Misalnya dengan menyingkirkan benda-benda berbahaya yang dapat melukai anak-anak seperti benda tajam dan sebagainya.

 

Anda bisa menyiapkan matras bermain, beberapa permainan yang sesuai dengan umur anak dan tempat mereka untuk beristirahat. Intinya buatlah tempat penitipan Anda senyaman mungkin dan aman untuk ditempati anak-anak.

Memperkenalkan Bisnis Penitipan Anak

Beriklan adalah cara yang efektif untuk memperkenalkan sebuah produk atau jasa. Anda bisa menempelkan beberapa leaflet yang berisi informasi usaha penitipan anak milik Anda. Selain itu Anda bisa memperkenalkan bisnis baru Anda ini kepada sahabat, tetangga, atau orang-orang yang Anda kenal lainnya.

BACA JUGA:  Rahasia Sukses Menjalankan Bisnis Coklat Rumahan

Anda juga bisa memanfaatkan media sosial seperti facebook, twitter, instagram dan lain sebagainya. Disini Anda bisa memaparkan bagaimana penitipan anak Anda beroperasi, misalnya berapa tarifnya, Apakah anda juga buka di hari libur atau tidak dan berbagai macam hal lainnya.

Persiapan Merekrut Pengasuh

Anda tidak bisa sendiri dalam mengurus beberapa anak. Anda juga memerlukan bantuan pengasuh yang sudah terbiasa mengurus anak kecil. Ada dua opsi dalam merekrut pengasuh. Pertama,  Anda bisa mempekerjakan sanak famili Anda atau merekrut tenaga kerja umum.

Dalam merekrut pengasuh umum, Anda sebaiknya bertemu langsung dengan calon asisten pengasuh Anda. Buatlah formulir pendaftaran.

BACA JUGA:  Tips Menjalankan Bisnis Air Mineral dan Gas LPG Rumah Tangga

Kemudian Anda bisa melakukan wawancara singkat untuk lebih mengenal mereka dengan baik, Anda bisa menanyakan pengalaman mereka mengurus anak,  selidiki pula latar belakangnya. Ini diperlukan karena bisnis penitipan anak memiliki banyak resiko.

Lakukan Pembagian Tugas

Dalam menjalani bisnis ini dibutuhkan kesabaran yang tinggi. Berbeda anak tentu berbeda karakternya. Anda harus sabar dalam menjaga dan  mengasuhnya. Lakukan pembagian tugas misalnya ada yang mengawasi, mendidik, memberi makan dan lain sebagainya.

Itulah beberapa tips dan cara membuka bisnis penitipan anak, semoga dapat bermanfaat bagi Anda yang ingin bergelut di bidang ini.

Salam Wirausaha!

TOPIK TERBARU:

gerobak rokok gratis, hari baik membeli barang elektronik, pertanyaan tentang aspek keuangan, cara membuat gir untuk tawuran, sebutkan contoh wirausaha yang terinspirasi dari gagasan orang lain, iklan kesehatan bahasa jawa, gaji karyawan hisana fried chicken, sebutkan dan jelaskan cara memperoleh permodalan bagi PT, contoh perusahaan non manufaktur, yang termasuk lapangan pemberian jasa adalah, cara perhitungan arisan menurun, contoh percakapan melobi, analisis swot rendang, slogan makanan tradisional, contoh peluang dari konsumen