Tips dan Cara Memulai Usaha Tanpa Modal

 

Tips dan Cara Memulai Usaha Tanpa ModalMerintis bisnis ini sebenarnya tidaklah sesulit yang dibayangkan. Siapa pun bisa melakukannya bahkan tanpa uang sepeser pun.

Justru, yang susah itu sebenarnya adalah bagaimana mempertahankan bisnis yang sudah berjalan. Faktanya banyak bisnis yang gagal di tengah jalan gara-gara persiapan dan eksekusi yang kurang matang.

Kerjakanlah dahulu pekerjaan rumah Anda sebelum memulai bisnis tanpa modal ini. Anda wajib mengetahui siapa saja dan apa saja yang dibutuhkan oleh para pelanggan, termasuk keunikan bisnis Anda dibandingkan kompetitor.

Nah, untuk membantu Anda memulai bisnis dengan tanpa modal, maka berikut ini kami sajikan beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk memulai usaha tanpa menggunakan modal, antara lain:

Meminjam uang

Teman, sahabat, pacar, istri, keluarga ataupun seseorang yang dekat dengan anda inilah yang bisa kita manfaatkan untuk mencari pinjaman uang.

 

Nah, pinjamlah uang dari mereka orang yang terdekat anda dan jelaskan padanya mengenai potensi suatu produk yang akan anda kerjakan serta segala macam keuntungan yang bisa didapat.

BACA JUGA:  Cara Tepat Membuka Usaha Dengan Modal Pas-Pasan

Yakinkan dia seberapa besar profit yang bisa Anda dapatkan dari produk yang anda jual. Tapi jangan terlalu membual, jelaskan dengan perhitungan yang masuk akal.

Lokasi usaha

Pernah dengan istilah SOHO? SOHO adalah Small Office Home Office. Jadi anda tidak perlu pusing untuk memikirkan tentang sewa tempat lagi untuk anda jadikan ruangan kantor. Jika anda memiliki sisa ruangan di rumah anda, maka ubahlah menjadi suatu ruangan kantor.

Mencari rekan kerja

Carilah rekan kerja dari lingkaran teman-teman atau saudara anda yang mau berinvestasi atau melakukan kerja sama ke dalam bisnis anda. Mungkin ini bisa meringankan beban anda sekaligus menolong anda untuk mendapatkan ide-ide baru dan mungkin juga, anda dan rekan kerja anda bisa menciptakan suatu keajaiban yang baru.

BACA JUGA:  8 Hal yang Membuat Anda Terpincut Jadi Wirausaha

Pekerjakan staff dengan sistem bagi hasil

Tidak ada salahnya anda mencoba untuk mempekerjakan orang dengan sistem bagi hasil. Dengan cara ini anda bisa menghemat banyak uang dan mereka akan mendukung sepenuhnya bisnis Anda.

Buat website

Saat ini Google menawarkan layanan website gratis bagi usaha kecil menengah. Jadi anda tidak perlu mengeluarkan banyak dana lagi untuk menciptakan dan merancang sebuah website.

Website bisnis bisa menggaet banyak pelanggan baru. Anda hanya tinggal mengcopy dan paste URL website anda ke akun jejaring sosial pribadi anda, lalu mintalah bantuan teman-teman dari jejaring sosial anda untuk mempromosikan ke kenalan mereka. Kemungkinan besar anda dapat menjaring pelanggan dengan potensial yang sangat besar.

Fokus

Jika bisnis anda tidak langsung menghasilkan profit walaupun sebagian besar memang tidak, tetaplah fokus untuk terus memperbaiki bisnis anda dan cari tahulah apakah ada yang salah dengan bisnis anda.

BACA JUGA:  Dasar-dasar Dari Day Trading

Mencari pekerjaan paruh waktu

Biasanya anda akan menghadapi banyak tantangan dalam mengumpulkan suatu modal. Jadi jika anda memiliki waktu luang atau kesempatan bekerja paruh waktu, maka tidak ada salahny untuk mengambil kesematan ini untuk anda jadikan langkah awal untuk mendapatk sebuah modal, lalu Investasikanlah separuh gaji anda ke dalam bisnis Anda.

Negosiasikan segalanya

Semuanya bisa dinegosiasi. Jadi, negosiasikan dengan para bank untuk mendapatkan bantuan untuk permasalahan pemodalan bisnis Anda. Banyak bank yang berada di luar sana yang pasti mau meminjamkan pinjaman bebas kolateral bagi start-up dan UKM. Yakinkanlah bank tersebut mengenai prospek serta kehebatan dan potensi produk anda.

##

Nah, itulah beberapa tips dan cara memulai usaha dan bisnis Anda tanpa modal. Semoga bermanfaat.

TOPIK TERBARU:

gerobak rokok gratis, hari baik membeli barang elektronik, pertanyaan tentang aspek keuangan, cara membuat gir untuk tawuran, sebutkan contoh wirausaha yang terinspirasi dari gagasan orang lain, iklan kesehatan bahasa jawa, gaji karyawan hisana fried chicken, sebutkan dan jelaskan cara memperoleh permodalan bagi PT, contoh perusahaan non manufaktur, yang termasuk lapangan pemberian jasa adalah, cara perhitungan arisan menurun, contoh percakapan melobi, analisis swot rendang, slogan makanan tradisional, contoh peluang dari konsumen