Tips Memulai Bisnis Ritel Dengan Benar

 

pemasaran-bisnis-ritelLUTIMNEWS.COM – INVESTASI – Memulai meniti karir sebagai pengusaha bukanlah hal yang mudah, anda harus siap dengan segala risiko yang akan dihadapi. Selain risiko, sebagai pengusaha juga anda akan mendapati berbagai pengorbanan yang mau tidak mau harus dilakukan.

Sebelum memulainya penting untuk menentukan rencana bisnis dan berbagai hal yang akan dilakukan. Hal ini akan membuat bisnis anda terencana dan dapat memperoleh untung serta memiliki perkembangan yang terarah. Jangan sampai anda membiarkan bisnis anda berkembang tak menentu tanpa arah sama sekali.

Salah satu bisnis yang cukup menjanjikan dan dapat dilakukan oleh siapapun tanpa keahlian khusus adalah bisnis ritel. Bisnis ini cukup menarik dan menjanjikan keuntungan yang berlipat ganda. Kemungkinan mengalami kerugian juga cukup kecil, berbeda dengan bisnis kuliner yang berisiko makanan basi jika tidak laku. Pada bisnis ritel seperti baju, bisa dijual kembali jika hari ini tidak laku.

BACA JUGA:  5 Tips dalam Berbisnis Sepatu

Bisnis ritael lebih dikhususkan pada penjualan barang yang tidak diproduksi sendiri. Melainkan anda mengambilnya dari supplier dan kemudian dijual kembali. Hal ini terlihat sangat mudah karena anda hanya dituntut untuk bisa berjualan barang.

Namun ternyata tidak semudah itu menjalankan bisnis ritel. Anda perlu mempersiapkan berbagai hal agar bisnis anda ini berkembang sesuai rencana. Berikut ini berbagai tips bagi anda yang akan memulai bisnis ritel.

Dapatkan barang berkualitas

Sebelum mengambil keputusan untuk memilih supplier, sebaiknya anda melakukan survey kepada beberapa supplier agar mengetahui kualitas masing masing. Kemudian pilihlah supplier dengan kualitas terbaik namun menawarkan harga yang lebih murah. Terkadang mengetahui supplier yang dipakai oleh pesaing anda juga penting agar anda bisa memenangkan persaingan bisnis.

 
BACA JUGA:  Berkreasi dengan Logam Sisa Pabrik

Cari produsen paling awal sehingga harganya lebih murah

Jika perlu, anda datangi langsung pada produsen seperti pabrik konveksi atau produsen produk jenis lain kemudian ajukanlah penawaran. Jika anda bisa mendapatkan barang dari tangan pertama, kemungkinan akan mendapatkan untung lebih besar akan terbuka lebar.

Pilih lokasi strategis

Anda bisa menggunakan media internet untuk memasarkan produk anda. Baca lebih lengkapnya di artikel tentang bisnis online. Jika anda membuka toko maka carilah lokasi yang paling strategis. Tentunya disesuaikan dengan anggaran yang anda miliki. Lakukan promosi dengan baik agar konsumen anda bisa menemukan produk anda dan tentunya bisa bersaing secara sehat dengan toko sejenis lainnya.

BACA JUGA:  Perbedaan Besar Antara Pedagang dan Pebisnis

Hindari bersaing harga

Persaingan harga bukanlah persaingan yang sehat dalam sebuah bisnis. Hal ini akan menurunkan pendapatan masing masing pelaku bisnis. Persaingan yang sehat ditandai dengan adanya peningkatan kualitas produk, kepuasan konsumen dan persaingan brand atau merk.

Menjaga loyalitas konsumen

Loyalitas konsumen cukup penting agar produk anda tetap laku. Jagalah loyalitas tersebut dengan menggunakan berbagai strategi. Misalnya dengan membuat kartu pelanggan, memberikan harga khusus pada pelanggan tetap, memberikan hadiah untuk pelanggan yang membeli jumlah banyak dan sebagainya.

 

TOPIK TERBARU:

gerobak rokok gratis, hari baik membeli barang elektronik, pertanyaan tentang aspek keuangan, cara membuat gir untuk tawuran, sebutkan contoh wirausaha yang terinspirasi dari gagasan orang lain, iklan kesehatan bahasa jawa, gaji karyawan hisana fried chicken, sebutkan dan jelaskan cara memperoleh permodalan bagi PT, contoh perusahaan non manufaktur, yang termasuk lapangan pemberian jasa adalah, cara perhitungan arisan menurun, contoh percakapan melobi, analisis swot rendang, slogan makanan tradisional, contoh peluang dari konsumen