Tips Sukses Budidaya Ikan Lele

 

tips sukses budidaya ikan leleBudidaya Ikan Lele pada saat ini sangat diminati oleh para peternak karena pasarnya yang selalu terus berkembang. Jenis ikan lele ini memang memiliki banyak penggemarnya kerena jenis ikan ini memiliki daging yang gurih serta tidak memiliki banyak duri.

Selain itu lele juga memiliki harga yang relatif murah, sehingga ikan lele ini bisa dinikmati oleh semua kalangan. Meningkatnya minat suatu pasar akan ikan lele ini sering dijadikan sebagai salah satu peluang usaha yang sangat menggiurkan.

Anda bisa memulai bisnis ini mulai dari bisnis kuliner yang beraneka ragam macam hingga bisnis budidaya lele yang sangat menguntungkan serta mampu memberikan keuntungan yang cukup besar. Ikan lele termasuk salah satu ikan yang budidayanya cukup mudah dan sangat cepat masa pertumbuhannya sehingga banyak para pelaku bisnis yang memilih ikan lele untuk dibudidayakan.

Sukses Membudidayakan Ikan Lele

Berikut ini adalah langkah-langkah sukses yang perlu dilakukan dalam hal membudidayakan ikan Lele:

1.         Proses Pemijahan

 

Proses Pemijahan adalah suatu proses mempertemukan induk jantan dan betina untuk mengeluarkan sel telur dan sel sperma.

BACA JUGA:  Rahasia Sukses Mewaralabakan Bisnis Baru

Proses pemijahan untuk mengawinkan lele jantan dan betina bisa dikatakan cukup mudah. Untuk melakukan proses ini biasanya dilakukan di kolam khusus pemijahan yaitu dengan mencampur-campurkan lele jantan dan lele betina yang sudah memenuhi syarat tertentu.

Berikut ini cara membedakan lele jantan dan lele betina

Ciri  Indukan Jantan: 

–          Kepala induk jantan lebih kecil dari betinanya serta memiliki tulang kepala yang gepeng.

–          Warna kulit pada dada induk jantan lebih tua dibandingkan betina serta kulitnya lebih halus dari betina.

–          Kelamin jantan lebih menonjol, memanjang kearah belakang anus dengan warna kemerahan.

–          Gerakan lele jantan lebih lincah daripada lele betina

–          Perut indukan jantan lebih langsing serta kenyal dibandingkan dengan betina.

Ciri Indukan Betina:

–          Memiliki kepala lebih besar dibandingkan induk jantan

–          Warna kulit dada lele betina lebih terang daripada induk jantan

–          Kelamin induk betina memiliki bentuk oval serta berwana kemerahan dan lubangnya lebar serta letaknya di belakang anus dan biasanya sel telur yang sudah matang berwarna kuning.

BACA JUGA:  Tips Budidaya Ikan Lele

–          Memiliki perut yang lebih gembung daripada induk jantan

Cara Pemindahan Anakan Lele:

–          Kurangi air yang ada di sarang pemijahan hingga tinggi air sekitar 10-20 cm

–          Siapkan tempat untuk menampungnya yang telah diisi air

–          Samakan suhu kolam anakan dengan suhu kolam pemijahan

–          Pindahkan anakan dari kolam pemijahan dengan menggunakan cawan atau piring

–          Pindahkan anakan ke kolam pedederan secara hati-hati pada malam hari, hal ini dilakukan karena masih rentan terhadap tingginya suhu air.

 2.         Proses Pembudidayaan

Proses Pembudidayaan adalah suatu proses pembesaran bibit lele hingga berukuran siap jual berkisar 5cm sampai 12cm. Setelah anakan segeralah dipisahkan ke dalam kolam pendederan dan usahakan kolam diberikan pelindung dari sinar matahari agar suhunya stabil. Untuk penutup Anda bisa menggunakan plastic atau menggunakan tanaman eceng gondok.

BACA JUGA:  Rumus Menentukan Gaji Seorang Pengusaha

Selain pengaturan suhu kolam, dalam proses pededaran anak ikan lele ini sudah bisa diberikan makan, makannya bisa berupa pakan alami seperti jentik-jentik, kutu air, cacing air, ataupun plankton yang bisa diberikan saat anak lele berumur kurang dari 3-4 hari dan setelah berumur 4-5 hari anak lele diperbolehkan untuk diberikan makanan buatan dengan kadar protein serta nutrisi yang cukup tinggi.

Anda bisa menambahkan POC NASA yang mengandung mineral penting serta protein yang berdosis 1 – 2 cc / kg pakan yang sudah dicampur dengan sedikit air.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, seekor ikan lele dapat dipanen setelah berumur 6-8 bulan, tetapi jika lele kurang dari umur 6-8 bulan  tapi memiliki berat mencapai 200gram per ekor, lele tersebut sudah bisa dipanen.

Nah itulah beberapa tips sukses dalam membudidayakan ikan lele yang bisa anda jadikan suatu peluang bisnis, peluang budidaya ikan lele ini memiki keuntungan yang besar serta menjanjikan terlebih lagi jika Anda mengembangkan bisnis ini. Semoga bermanfaat.

TOPIK TERBARU:

gerobak rokok gratis, hari baik membeli barang elektronik, pertanyaan tentang aspek keuangan, cara membuat gir untuk tawuran, sebutkan contoh wirausaha yang terinspirasi dari gagasan orang lain, iklan kesehatan bahasa jawa, gaji karyawan hisana fried chicken, sebutkan dan jelaskan cara memperoleh permodalan bagi PT, contoh perusahaan non manufaktur, yang termasuk lapangan pemberian jasa adalah, cara perhitungan arisan menurun, contoh percakapan melobi, analisis swot rendang, slogan makanan tradisional, contoh peluang dari konsumen