Tips Mengatasi Kebangkrutan dalam Bisnis

 

Tips Mengatasi Kebangkrutan dalam BisnisBanyak sekali perusahaan yang baru muncul lalu berkembang dengan baik dan bisa diterima di pasaran, tetapi tidak lama kemudian produk dari perusahaan tersebut menghilang begitu saja, demikian juga perusahaannya.

Kebangkrutan memang bisa menyerang berbagai jenis usaha, baik itu usaha jasa maupun perdagangan. Kebangkrutan juga tak mengenal perusahaan baru atau lama. Lantas apa yang membuat usaha tersebut menghilang dan gulung tikar?

Ada sejumlah hal yang terkadang lepas dari perhatian para pebisnis sehingga secara perlahan dan tanpa disadari, arus uang (cash flow) pun menurun dan akhirnya terhenti dan secara perlahan akan habis tanpa disadari oleh pemilik usaha.

Nah, untuk mencegah hal tersebut terjadi pada bisnis Anda, berikut ini adalah beberapa tips dan cara yang bisa Anda praktekkan untuk mengatasi kebangkrutan dalam berbisnis, antara lain:

Belajar mengatur keuangan

Anda tidak perlu belajar  manajemen secara mendalam, tetapi anda harus cukup teliti dan tekun dalam hal membuat laporan keuangan pada setiap harinya.

 
BACA JUGA:  Tips Bisnis Hewan Kurban

Catatlah setiap pengeluaran dan pemasukan walaupun sekecil apapun bentuknya, dan janganan sampai anda menunda-nunda karena akan berbahaya apabila sampai menjadi suatu kebiasaan dan akhirnya anda akan kelimpungan dan kebingungan karena kehilangan hitungan pemasukan dan pengeluaran tersebut.

Jangan terlalu cepat tergoda usaha lain

Apabila anda mendapatkan keuntungan yang besar di awal usaha anda, anda jangan sampai berpikiran bahwa anda sudah menguasai pasar, usaha yang baru muncul itu biasanya baru memancing perhatian dari masyarakat luas sehingga keuntungan tersebut adalah keuntungan dari pembelian pertama para pelanggan anda.

Janganlah anda sampai merasa leluasa untuk langsung membelanjakan hasil dari keuntungan anda sebelum bisnis anda tersebut sudah stabil dan sudah memiliki pasar yang tetap. Ingatlah bahwa suatu profit yang harus anda kejar adalah profit dalam jangka yang panjang.

BACA JUGA:  Berbagai Hal Yang Membuat Anda Wajib Promosi Dalam Bisnis

Buatlah dua dompet yang berbeda

Pisahkanlah uang pribadi dengan uang hasil bisnis anda. Hal ini memang terasa sangat sepele apalagi jika para pebisnis memulainya usahanya sendiri dan langsung menggantungkan seluruh kebutuhannya dari keuntungan usahanya sehingga secara tidak sadar uang yang seharunya bisa berputar ternyata habis tidak jelas karena digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Maka dari itu cobalah kencangkan ikat pinggang Anda dan kuatkan iman agar tahan dari berbagai macam godaan untuk mencampurkan dompet pribadi dan dompet bisnis anda.

Ciptakan berbagai macam strategi yang efektif dan efisien

Apabila anda memiliki keleluasan modal, maka janganlah anda gegabah untuk membuat strategi untuk mengembangkan pasar anda. Cobalah berpikir secara positif, secara jernih dan kreatif sehingga modal yang akan Anda keluarkan untuk kepentingan promosi bisa ditekan seminimal mungkin, tapi bisa menghasilkan keuntungan semaksimal mungkin.

BACA JUGA:  5 Tips Beradaptasi Dengan Perkembangan Dunia Bisnis

Tanamkan juga dalam pikiran anda tentang bagaimana untuk melancarkan perputaran uang modal sehingga membawa arus profit yang begitu deras untuk pundi-pundi keuangan anda.

Menciptakan strategi yang efektif dan effisien ini adalah salah satu point yang paling penting, karena dengan menciptakan strategi yang efektif dan efisien ini semua hal yang anda lakukan akan menjadi sangat terencana dengan baik.

###

Nah itulah beberapa tips untuk mengatasi kebangkrutan dalam berbisnis. Mulailah mengubah gaya pemikiran bisnis anda, cobalah berpikir sejenak dan pikirkan secara matang bisnis anda akan anda bawa. Mulai sekarang, buatlah catatan kecil mengenai usaha anda dan catatlah segala hal yang terkait dengan bisnis Anda sekecil apapun itu.

TOPIK TERBARU:

gerobak rokok gratis, hari baik membeli barang elektronik, pertanyaan tentang aspek keuangan, cara membuat gir untuk tawuran, sebutkan contoh wirausaha yang terinspirasi dari gagasan orang lain, iklan kesehatan bahasa jawa, gaji karyawan hisana fried chicken, sebutkan dan jelaskan cara memperoleh permodalan bagi PT, contoh perusahaan non manufaktur, yang termasuk lapangan pemberian jasa adalah, cara perhitungan arisan menurun, contoh percakapan melobi, analisis swot rendang, slogan makanan tradisional, contoh peluang dari konsumen