4 Cara Mencegah Osteoporosis Pada Wanita


4 Cara Mencegah Osteoporosis Pada WanitaPenyakit osteoporosis atau lebih di kenal dengan pengeroposan tulang ini bisa di alami semua orang. Menjalankan pola hidup yang tidak sehat merupakan salah satu pemicu osteoporosis.

Penyakit osteoporosis ini cenderung dialami oleh wanita. Karena wanita mempunyai hormon estrogen tulang dan area tulang kortikal mereka lebih kecil dibanding pria. Itulah penyebab kenapa wanita lebih mudah mengidap osteoporosis.

Osteoporosis ini terkadang menyerang wanita saat mereka memasuki masa menopause. Kalau sejak muda Anda memiliki kebiasaan hidup yang tidak sehat, maka semakin besar Anda terkena osteoporosis.

READ:  Kelainan Fungsi Organ yang Disebabkan Kekurangan Gizi

Namun, Anda masih bisa mencegah osteoporosis. Untuk itu, langsung saja Anda simak berikut ini cara mencegah osteoporosis pada wanita.

Biasakan Jalan Kaki

 

Jalan kaki adalah salah satu jenis olahraga yang paling mudah Anda lakukan. Jalan kaki disini bermanfaat untuk memperkuat tulang khususnya bagian pinggul. Anda bisa berjalan kaki di taman kurang lebih 20 menit, agar tulang Anda tetap kuat.

 

Angkat Beban

Olahraga angkat beban terbukti bisa memperkuat tulang. Anda bisa melakukan 4 kali olahraga ini dalam satu minggu. Selain itu, angkat beban juga bisa dilakukan di rumah dengan cara mengangkat ember yang berisi air atau pus ap.

READ:  Apa Itu Fetisisme Payudara?

Yoga

Selain melangsingkan tubuh, yoga juga bisa menjaga tulang tetap sehat. Karena ada beberapa posisi yoga yang baik untuk menjaga kesehatan tulang. Namun, sebaiknya Anda didampingi orang yang ahli di bidang yoga agar terhindar dari cidera.

Gunakan Sepeda Statis

Sepeda statis terbukti bisa menjaga kepadatan tulang, terutama di bagian kaki hingga pinggang. Jika Anda tidak memiliki sepeda statis, Anda masih bisa menggunakan sepeda biasa.