Holden Torana poduksi pertama General Motors Holden


Mobil klasik

Holden Torana adalah mobil yang diproduksi oleh General Motors-Holden (GM-H), anak perusahaan dari General Motors (GM) yang berada di Australia. Nama “Torana”sendiri diambil dari bahasa Aborigin yang memiliki arti  “terbang”.

Generasi pertama Holden Torana diproduksi pada tahun 1967, dan disebut sebagai seri HB. Sebenarnya tidak ada yang baru dari desain Torana, karena hanya merupakan facelift dari mobil Inggris dengan merk Vauxhall Viva, yang diproduksi pada pertengahan tahun 1960-an.

Model awal Holden Torana, sama seperti Vauxall Vivas yaitu sedan 2-pintu, yang dilengkapi dengan mesin 1.2 L (56 bhp), dipadukan dengan transmisi manual 4-kecepatan, dan  roda berukuran 12 inchi (305 mm). Selain transmisi manual, juga tersedia Transmisi otomatis 3-kecepatan (optional) yang menggunakan produk dari Borg-Warner Model 35. Untuk system pengereman, standarnya menggunakan drum brakes, pada  bagian roda depan maupun roda belakangnya. Sedangkan pilihan rem depan model cakram  dengan power assisted masih optional.

 

Pada tahun 1968, Torana diproduksi dengan beberapa model :

1.Torana  Standar

 

Menggunakan mesin yang memiliki daya 56 bhp (42 kW; 57 PS),dengan transmisi manual,  tanpa ada pilihan transmisi otomatis lagi.

2.Torana “Seri 70”

Menggunakan mesin seri 70, yang  memiliki rasio kompresi yang lebih tinggi, , higher lift camshaft  dan karburator single CD Stromberg, yang dapat meningkatkan dayanya hingga mencapai 69 bhp (51 kW; 70 PS). Rem depan model cakram dengan power assisted yang pada model sebelumnya adalah optional, kali ini menjadi perlengkapan standar.

3.Brabham Torana

Ini adalah Torana model Sport. Penggunaan nama “Brabham”, ditujukan sebagai penghormatan bagi  “Australian race-car driver”, Sir Jack Brabham.

Mesin yang digunakan pada Brabham Torana, sama dengan Seri 70, tapi dilengkapi dengan Karburator twin CD Stromberg dengan “sports air cleaner”.  Fitur ini kemudian dipadukan dengan  low restriction exhaust system, dapat menghasilkan daya hingga 79 bhp (59 kW; 80 PS). Untuk menunjang performanya, Brabham Torana dilengkapi dengan velg yang lebih lebar dan ban “red-wall tyre”, rem depan model cakram dengan power assisted, “badge” berbeda serta aksen hitam pada bagian bodinya. Namun tidak ada pilihan transmisi otomatis pada model ini.

4.Torana “69”

Pada bulan September 1968, diperkenalkan Torana “69”. Model ini  kadang juga disebut sebagai Torana  HB Seri II. Jika pada model sebelumnya menggunakan panel bodi yang impor dari Inggris, untuk model “69” seluruh panel bodinya (termasuk versi 4-pintu), telah dibuat di Australia. Bahkan untuk panel bodi versi 4-pintunya, diekspor kembali ke Inggris untuk dijual sebagai Vauxall Viva.

Beberapa fitur produk lokal (untuk menggantikan parts impor dari inggris)  juga dipasangkan pada Torana “69”, antara lain :   collapsable steering column, recessed instrument cluster , switch indicator dan  stir yang diadopsi dari sedan besar produk Holden.

Namun sayangnya, belum ada komponen local yang dapat menggantikan stik/tangkai pada stir yang berfungsi sebagai saklar lampu jauh (dip switch) dan klakson.  Akhirnya saklar lampu jauh diletakkan di lantai seperti pada mobil besar produk Holden lainnya. Kemampuan mesin standar Holden “69” adalah  56 bhp (42 kW; 57 PS). Sedangkan untuk sistem pengeremannya, model dual circuit kini menjadi perlengkapan standar di semua model, walaupun rem depan model cakram dengan power assisted tetap optional

Untuk model “69” ini, Holden tetap memproduksi  Brabham Torana, dengan fitur baru berupa : stir yang diambil dari Holden Monaro GTS, full instrumentation, “badge” yang berbeda dan aksen hitam yang juga berbeda. Holden Torana HB dihentikan produksinya pada tahun 1969. Total produksinya mencapai 16.318 (dengan panel bodi impor) dan 20.243 unit (dengan menggunakan panel bodi local)