Beda Antara Ban Radial Dengan Ban Bias


Beda Antara Ban Radial Dengan Ban Bias

Kebanyakan kendaraan komersial menggunakan ban bias ketimbang ban radial. Padahal, meski harganya sedikit lebih mahal, ban radial memiliki beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan ban bias. Apa saja itu?

Perbedaan utama antara ban radial dengan ban bias adalah terdapat pada kerangkanya. Ban bias hanya menggunakan benang, sedangkan ban radial menggunakan kawat, sehingga ban radial dapat dikatakan lebih kuat. Meski terlihat lembek, namun ban radial masih sanggup untuk mengangkut beban yang berat. Bahkan untuk beberapa jenis, 1 ban radial dapat mengangkut beban hingga lebih dari 1 ton.

Keunggulan lain dari ban radial adalah dinding ban radial yang dibuat lentur. Sehingga tapak ban yang menyentuh jalan lebih merata jika dibandingkan dengan ban bias. Kondisi ini membuat pengendalian kendaraan yang menggunakan ban radial menjadi lebih mudah ketimbang dengan truk yang menggunakan ban bias.

 

Selain itu, tapak ban radial juga memiliki kelebihan pada suhu. Tapak ban radial cenderung lebih dingin ketimbang dengan tapak ban bias. Efeknya, umur ban dapat lebih panjang dan tidak mudah mengalami ‘kebotakan’.

Terakhir, ban radial memiliki keunggulan dari efisiensi bahan bakar. Ban radial dipercaya dapat menghemat hingga 7% jika dibandingkan dengan ban bias. Hal ini dalam jangka panjang tentunya lebih menguntungkan jika dibandingkan dengan ban bias.