Penjualan Kia Indonesia di 2013 Menempati Urutan ke-10


Sepanjang tahun 2013 Kia Mobil Indonesia sukses memasarkan 12.121 unit kendaraanya, sedangkan dari catatan global Kia Motor Corporation mencatat angka penjualan tertinggi sepanjang waktu yaitu, 2.746,643 unit.

Penjualan Kia Indonesia di 2013 Menempati Urutan ke-10

Penjualan global dicapai oleh beberapa model antara lain, Rio, Sportage, Cerato, Optima dan Sorento. Sedangkan di Indonesia catatan tertinggi diraih oleh All New Picanto sebanyak 6.379 unit.

Selain Picanto beberapa produk lainya pun turut menuai hasil yang cukup signifikan. Beberapa unit lainya seperti All New Rio 3.326 unit, Sportage 1.075 unit, Sorento 425 unit, Carens 266 unit, Optima 13 unit dan sisanya disusul oleh penjualan dari Taxi dan product lainnya.

 

Tak hanya monerehkan hasil yang membanggakan namun dengan apa yang telah dicapainya Kia Indonesia pun sukses menempati urutan ke-10 diantara APM lainnya yang menjadi anggota GAIKINDO.

 Enggan Pasang Target Tinggi di 2014

Kisruhnya isu politik yang sebentar lagi akan mewarnai Indonesia rupanya membuat distributor mobil asal Korea, Kia enggan memasang target pemasaran terlalu tinggi, hal ini pun diutarakan oleh Hartanto Sukmono disela-sela media gathering di Jakarta.

 

“Untuk 2014 kami hanya mencoba untuk mempertahankan angka dilevel 12.500. Kondisi nilai tukar rupiah ditambah isu politik yang akan gencar akan sangat mempengaruhi pasar otomotif oleh karena itu pula kami lebih fokus pada pelayanan untuk konsumen ketimbang mengejar volume penjualan yang tinggi,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa 2014 ini Kia bertemakan konsulidasi untuk konsentrasi ke kualitas pelayanan bagi konsumen tak hanya berpatokan pada besarnya penjualan yang harus dikejar namun lebih untuk mempertahankan yang sudah diraih.

Bentuk-bentuk pelayanan yang diberikan berupa peningkatan kualitas baik untuk penjualan maupun after sales sampai dengan memperluas jaringan pelayanannya. Di 2014 rencananya Kia akan menambah 10 outletnya dari sekarang yang telah berjumlah 80 menjadi 90. Dalam hal penjualan sendiri Kia masih optimis untuk menjagokan All New Picanto serta All New Kia Rio menjadi tulang punggungnya selama 2014 ini.