Ford Focus RS500 laku keras


autocarFord Focus RS500 edisi terbatas (limited edition) terjual habis dalam waktu 12 jam. Dilaporkan oleh majalah Autocar, Inggris. Fokus RS500 hanya membuat edisi terbatas 500 unit. Karena itu, mobil itu dinilai Fokus “hardcore” yang paling yang pernah dibuat oleh Ford.

Sebelumnya, Ford menampilkan foto “teaser” mobil ini sebelum diluncurkan secara resmi. Ternyata, dalam waktu singkat, situs Ford di Inggris dijebol dan gambar resmi pun terpaksa diperlihatkan 48 jam sebelum jadwal peluncuran. Hebatnya lagi, konsumen tidak melihat harga mobil tersebut. “Bagi mereka, mendapat unit edisi khusus segera dan pasti,” demikian komentar sumber Ford yang dikutip Autocar.

Dijelaskan pula, mereka yang membeli Focus RS500 edisi terbatas ini semua berasal dari Inggris. Kendati demikian, mobil tersebut akan dijual lagi di seluruh Eropa. Daya tarik Focus RS500 edisi terbatas ini merupakan Generasi terakhir Focus sekarang.

Mesin lima silinder yang ditelah dimodifikasi (perbaikan pada sistem pemasukan dan pembuangan), mampu mendongkrak tenaga 45 PS dari standarnya 300 PS. Torsi juga naik dari 440 Nm menjadi 459 Nm (44,9 kg-m menjadi 46 kg-m). Kemampuan dikebut, 0 – 100 kpj dalam 5,6 detik (0,3 detik lebih cepat dari RS ) dengan kecepatan top 260 kpj.

 

Tambahan lain, eksterior menggunakan cat hitam matt yang unik. Cat standar hitam glossy digunakan pada pabrik, lantas dikirim ke tempat pelapisan spesialis 3M dekat Frankfurt. Diberi lagi. Cat mengkilap dipertahankan pada gril bawah, spoiler belakang dan difuser belakang. Kaliper rem dicat merah. Interior, diubah dari biru menjadi merah. Di konsol tengah dipasang nomor edisinya.