Kulit Jeruk Sebagai Bahan Bakar Alternatif Baru


JerukTerus meroketnya harga bahan bakar minyak membuat banyak pihak melakukan trobosan rekayasa kimia guna menghasilkan sumber energi alternatif baru.

Jika belakangan ini kendaraan bermesin listrik makin marak bahkan sudah menjrus ke kendaraan hidrogen, maka peneliti dari Eropa, coba mencari cara agar buah-buahan juga bisa dijadikan sumber bahan bakar bagi kendraan bermotor.

Daily Express baru-baru ini melaporkan, kulit jeruk bisa menjadi bahan bakar alternatif baru setelah satu ilmuwan Inggris menemukan cara untuk mengubah kulit jeruk menjadi bahan bakar.

Prof. James Clark, sang ilmuwan, berhasil menemukan gelombang mikro berkekuatan tinggi yang mampu memecah molekul-molekul dalam kulit jeruk untuk melepaskan gas yang dapat dikumpulkan dan disuling menjadi produk mirip bensin maupun solar.

 

Kulit jeruk merupakan limbah yang sangat baik untuk menjadi sumber daya baru. Di Brazil, produsen jus jeruk terbesar di dunia, setengah dari buah jeruk terbuang menjadi limbah. Dan tiap tahun ada delapan juta kulit jeruk yang dihasilkan