Smart ForTwo BRABUS : Kian Sporty Dan Terlihat Lebih Agresif


 Smart ForTwo BRABUS yang pertamakali tampil di gelaran IIMS 2011 kemarin

Mungil, gesit dan bertenaga, ketiga kata tersebut rasanya cukup menggambarkan sosok dari varian Smart ForTwo BRABUS yang pertamakali tampil di gelaran IIMS 2011 kemarin. Mengenai dimensi dan ukuran, memang tak berbeda dengan varian Smart lainnya. Namun datang sebagai varian special edition  tentu Smart BRABUS memiliki kelebihan tersendiri yang dapat dibanggakan.

Desain

Smart BRABUS kian sporty dan terlihat lebih agresif

 

Seperti yang telah dibicarakan, mengenai dimensi dan segi tampilan desain memang varian Smart BRABUS ini nampak sama dengan line-up Smart lainnya. Namun untuk menunjukan jati dirinya, maka diberikan beberapa fitur yang membedakan dengan Smart lainnya dan menjadikannya kian sporty dan terlihat lebih agresif.

emblem bertuliskan BRABUS di beberapa sisi, exhaut BRABUS dan juga pelek alloy  Monoblock

 

Mulai dari LED daytime, emblem bertuliskan BRABUS di beberapa sisi, exhaut BRABUS dan juga pelek alloy  Monoblock BRABUS berdimensi 16″ pada bagian depan dan 17″ di bagian belakangnya yang terbungkus dengan si karet bundar.

ruang kabin yang hanya memiliki dua jok terbungkus motif elegan

Masuk keruang kabin yang hanya memiliki dua jok terbungkus motif elegan rupanya memberikan paduan suasana baru yang fresh. Dalaman interior yang juga memiliki beberapa emblem BRABUS pada bagian panel RPM, shift knob, handbrake dan juga panel spidometernya. Bahkan di bagian pedal juga memakai bahan alumunium yang makin membuatnya terlihat sporty. Smart BRABUS juga telah terintegrasi dengan atap panoramik yang memungkinkan pengendara menikmati pemandangan lebih leluasa.

Performance

Tubuh boleh mungil, namun urusan performa jangan dianggap enteng

Tubuh boleh mungil, namun urusan performa jangan dianggap enteng. Dilengkapi dengan mesin 3 in-line berkapasitas murni 999 cc plus dilengkapi dengan turbo, membuat si mungil Smart BRABUS ini cukup gesit dan agresif untuk dikendarai.

BRABUS mampu mengantarkan tenaga maksimum 102 dk pada 6.000 rpm dengan torsi sebesar 147 Nm di 2.000 rpm.

Pihak pabrikan mengklaim mesin yang disandang Smart BRABUS mampu mengantarkan tenaga maksimum 102 dk pada 6.000 rpm dengan torsi sebesar 147 Nm di 2.000 rpm. Maka bila digabungkan dengan kemungilan dimensinya, pantas saja bila Smart BRABUS melesat dengan pesat bukan. Saat melakukan pengetesan beberapa lalu di jalur bebas hambatan, si mungil ini mampu menyentuh top speed hingga angka 160 km/jam, tentu bila dipaksakan dan tak dibatasi secara elektronik masih mampu untuk mengejar top speed yang baik, namun entah kenapa raungan mesin terasa santar terdengar diiringi dengan aroma sengit dari belakang yang akhirnya membuat kami untuk tidak memaksakan mobil ini melaju terus.

Bicara soal handling, varian Smart yang satu ini pantas untuk diacungi jempol

Bicara soal handling, varian Smart yang satu ini pantas untuk diacungi jempol. Saat bermanuver di ruas Tol dan juga beberapa lokasi lainya, Smart BRABUS mampu memberikan handling yang amat baik. Hal ini karena suspensi yang lebih rendah 10 mm dibandingkan dengan varian Smart lainya, dan juga pelek yang lebih lebar sehingga mendapatkan daya cengkram yang mempuni. Tak salah rasanya bila kami sebut mobil mungil ini merupakan mobil yang cukup ambisius …

Fitur and Confort

Walau jati dirinya sebagai city car, tapi tak melupakan sisi kenyamanan yang rata-rata menjadi prioritas utama

Walau jati dirinya sebagai city car, tapi tak melupakan sisi kenyamanan yang rata-rata menjadi prioritas utama. Baik dari urusan legroom dan posisi berkendara, Smart BRABUS dan varian lainya memang didesain untuk dapat memanjakan pengendara serta penumpangnya. Pria dewasa yang memiliki rata-rata 175 cm pun mampu dengan nyaman duduk di singasana Smart tanpa mengeluh atau merasa sempit. Bahkan tepat di bagian belakang jok, juga terdapat bagasi mini yang mampu menampung beberapa barang bawaan walau luasnya tak seperti kebanyakan mobil lainnya. Namun adanya bagasi ini menandakan bahwa Smart masih memberikan sisi kenyamanan bagi para penggunanya.

bagian belakang jok, juga terdapat bagasi mini yang mampu menampung beberapa barang bawaan

Selain itu dari sisi fitur, Smart juga tak kalah dengan kebanyakan mobil lainnya yang telah terintegrasi dengan port USB dan AUx-In yang tersembunyi di balik laci depan walau tak disertai CD player. Satu lagi yang membedakan varian BRABUS ini dengan line-up Smart lainya, yaitu tidak adanya fitur “Eco” yang terpampang tepat di dekat persnelingnya. Akan tetapi diklaim sebagai kendaraan yang efisien, Smart BRABUS berhasil menorehkan rata-rata konsumsi bahan bakar rata-rata 16,7 km/l untuk luar kota dan 11,5 km/l di dalam kota.

varian BRABUS ini dengan line-up Smart lainya, yaitu tidak adanya fitur "Eco" yang terpampang tepat di dekat persnelingnya

Selain itu apparel keselamatan layaknya Airbag, ABS, EBD, BA  semuanya telah lengkap menjadi fitur standar bawaan Smart.

Price

Menyandang sebagai kendaraan premuim, rasanya Smart memang pantas dilabel dengan kisaran harga yang wajar di kelasnya. Sedangkan untuk varian BRABUS-nya yang merupakan versi upgrade baik dari tenaga dan tampilan memang wajar bila dibandrol dengan harga sebesar Rp 359 juta off-the-road.

Menyandang sebagai kendaraan premuim, rasanya Smart memang pantas dilabel dengan kisaran harga yang wajar di kelasnya