Mobil Prius dan iQ tren 2012


Mobil tren 2011Kini berbagi mobil (car-sharing) menjadi tren baru bagi masyarakat perkotaan di beberapa dunia. Cara ini relatif murah dan menguntungkan bagi masyarakat yang tidak memiliki mobil.

Mobil dipakai dan disewa secara bersama-sama oleh masyarakat. Hal ini pun diyakini bisa mengurangi angka kemacetan yang menjadi momok di kota-kota besar.

Di AS, misalnya, pabrikan Jerman Mercy menggelar program penyewaan mobil car2go pada beberapa waktu lalu. car2go ini menggunakan mobil smart fortwo.

Dan di Jepang, tren penggunaan mobil seperti ini juga merebak. Toyota pun tak ketinggalan tren dengan menawarkan mobil ramah lingkungannya untuk disewa bareng-bareng warga yang tidak memiliki mobil.

 

Mobil tren 2011Toyota bekerja sama dengan perusahaan properti Nomura Real Estate Development Co. Ltd., Daikyo Incorporated dan Toyota Housing Corporation. Jadi nantinya mobil-mobil ini akan dipakai di kondominium perusahaan-perusahaan tadi.

Mobil yang akan disewakan adalah Prius Plug-in Hybrid dan iQ listrik. Namun berapa harga sewanya masih belum diputuskan.

 

Mobil Prius Plug-in Hybrid bisa diisi baterainya di rumah. Sekali diisi mobil ini bisa menjangkau sampai 23,4 km. Begitu baterai listrik habis, mobil akan menggunakan mesin bensin.

Sementara iQ listrik merupakan mobil kecil yang sepenuhnya menggunakan motor listrik. Mobil ini bisa menjangkau 105 km. iQ listrik cocok untuk pengendaraan jarak pendek.

Kedua mobil ini akan diluncurkan untuk publik pada 2012 nanti.

Prius Plug-in HybridPrius Plug-in Hybrid

iQ listrik iQ listrik iQ listrik