Mesin Grand Livina Menggunakan Mesin Warisan Dari Nissan Juke


Mesin Grand Livina Menggunakan Mesin Warisan Dari Nissan JukeYang jarang kita tahu adalah mesin pada Grand Livina. Mesin baru yang digandeng oleh Nissan Grand Livina ini sebenarnya adalah warisan dari Nissan Juke. Hal ini diperkuat oleh pernyataan Hirofumi Yojo yang menjabat sebagai Chief Product Specialist Planning Departement Nissan Motor, saat dilakukan pengetesan Nissan Grand Livina di sirkuit Sentul, Jawa Barat saat launching Nissan Grand Livina 2014 Indonesia pertama kali pada pertengahan tahun 2013 yang lalu. Di Indonesia, Nissan Livina diberikan 2 varian yaitu Nissan Grand Livina dan Nissan Livina X-Gear yang mengusung konsep mobil Crossover.

“Meskipun pernah digunakan oleh Nissan Juke, HR15DE ini merupakan mesin mobil terbaru yang dikembangkan oleh Nissan dengan teknologi canggih sehingga dapat menghasilkan performa yang maksimal serta irit bahan bakar,” papar Hirofumi Yojo.

Mesin HR15DE dipercanggih dengan teknologi dual-injection dengan twin VTC. Teknologi tersebut dapat menghasilkan torsi lebih baik dalam kecepatan rendah hingga menengah dibandingkan mesin generasi sebelumnya. Selain itu tingkat efisiensi bahan bakar naik sebesar 4 persen dibandingkan versi terdahulu.

Tidak hanya itu, dikombinasikannya dengan XTRONIC CVT (Continuous Variable Transmision) generasi terbaru, Nissan Grand Livina menawarkan sensasi berkendara yang nyaman dengan perpindahan persenelan lebih halus karena nyaris tidak ada hentakan. Teknologi ini merupakan gabungan yang sempurna dari performa mesin dan tingkat efisiensi bahan bakar yang irit karena tidak ada tenaga yang hilang saat terjadi perpindahan gigi.