Ketangguhan Suzuki Splash Automatic Tidak Diragukan Lagi


Ketangguhan Suzuki Splash Automatic Tidak DiragukanJonggol merupakan salah satu daerah yang masih segar dan hijau di Bogor. Daerah inilah yang menjadi tujuan pengujian mobil buatan pabrikan Suzuki yaitu Suzuki Splash Automatic. Meski pun peluncuran mobil ini di pelataran parkir sebuah mal di Karawaci, PT Suzuki Indomobil Sales telah memberikan kesempatan untuk test drive Splash bertransmisi otomatis ini. Namun, yang membuat lebih puas jika menjajalnya sendiri di dengan rute dan medan yang bervariasi.

Masih dalam suasana pagi yang cerah, Splash Automatic menyelusur dari Jakarta menuju kawasan Jonggol, Bogor, melalui jalan tol Jagorawi, lalu keluar lewat Cibubur. Selama menyusuri jalan bebas hambatan tersebut, kami merasakan performa dan aura sport yang dihasilkan dari dapur pacu tipe K12M. Meski masih mempertahankan mesin lama yang dilengkapi dengan VVT (Variable Valve Timing), namun performa yang dihasilkan tetap maksimal.

Menurut pihak Suzuki, adanya Splash Automatic ini sebagian besar berdasarkan permintaan dari konsumen pecinta Splash Automatic. Mobil yang mengusung transmisi otomatis khususnya city car memang dibutuhkan bagi mereka yang menggunakannya di perkotaan. Hal ini terlebih lagi bagi mereka yang kerap melalui jalur-jalur yang kerap macet atau jalan tikus atau alternatif yang sarat polisi tidur.

“Cukup lama belakangan ini banyak konsumen yang menanyakan automatic. Jakarta, Jawa Timur, Jawa Barat ya khususnya, kota besar seperti Bandung, Surabaya, saya kira sekarang persentase dari pemakaian automatic ini semakin meningkat,” beber Endro Nugroho selaku Direktur Marketing 4W Suzuki Indomobil Sales.

 

Suzuki memang tidak hanya meringankan beban konsumen Splash dengan transmisi otomatisnya saja. Splash matic juga mendapat tujuh penyegaran baru, di antaranya tiga perubahan pada sisi eksterior. Gril baru yang diikuti dengan pembaruan pada bumper.

Headlamp yang dibantu dengan multireflektor dan leveling adjuster, plus foglamp untuk membantu penerangan. Masuk dalam kabin, area hiburan kini memiliki headunit baru. Sementara itu, dua perubahan lain ada pada sektor mesin.

 

Kembali pada perjalanan Splash matic menuju Jonggol. Selepasnya keluar tol Cibubur sudah disambut dengan uraian panjang kendaraan di sepanjang jalan alternatif Cibubur. Memang, kemacetan ini hal biasa yang ditemui di kawasan Cibubur di saat weekend.

Rintangan ini tak berarti bagi city car terbaru dalam persembahan Suzuki ini. Justru, dalam kondisi seperti inilah Suzuki menciptakan Splash dengan transmisi otomatis. Persneling otomatis yang diusung dengan alur, semakin mempermudah perpindahan tuas transmisi. Saat kondisi jalan macet tersebut, tuas persneling sengaja kami posisikan di 3-D, yang sesekali berpindah ke posisi N.

Untuk kenyamanan pengemudi melalui transmisi otomatis, diusung pula dengan fasilitas khusus keamanan terbaru bagi pengemudi dan penumpang. Karena New Splash sudah dibekali dengan Safety Belt 3 point ELR (Emergency Locking Retractor). Teknologi yang memungkinkan kendaraan dapat mengunci secara otomatis pada saat terjadi benturan secara tiba-tiba. Serta fasilitas Antilock Braking System (ABS) dan Electronic Breaking Dsitribution (EBS) yang berperan pada sektor keselamatan.

Suzuki Splash Automatic ini disediakan dalam enam varian pilihan warna yang bisa Anda pilih. Yaitu Midnight Pearl Black, Metalic Bakers Chocolate, Metalic Silky Silver, Superior White, Breeze Blue Metalic dan Mystique Red. Sedangkan harga yang ditawarkan adalah Rp 151 juta (on the road) Jabodetabek.