Modifikasi Motor Vespa Racing Agar Tidak Jadi Julukan Tunggangan Kecepatan Rendah


Modifikasi Motor Vespa Agar Tidak Jadi Julukan Tunggangan Kecepatan RendahKebanyakan orang berpikir jika Vespa adalah kendaraan yang tidak bisa melaju dengan kecepatan rendah. Namun, itu salah. Ada beberapa vespa yang memang didesain serta dimodifikasi sedemikian rupa sehingga motor buatan Italia ini mampu melaju layaknya motor racing. Jika Anda memiliki Vespa tua dan berniat memodifikasi, tidak salah jika Anda memilih untuk melakukan modifikasi Vespa racing. Berikut beberapa hal yang harus Anda lakukan untuk menggubah bagian luar (body) serta dalam (mesin) motor Vespa Anda.

Sedangkan sektor body membutuhkan kocek yang cukup dalam untuk mendapatkan hasil yang sempurna. Seperti motor-motor racing lainnya, Vespa racing juga membutuhkan bagian pijakan kaki yang sedikit ke belakang. Dalam hal ini, pijakan kaki motor Vespa harus dipindah sedikit ke belakang juga. Sementara itu, agar Anda lebih nyaman berkendara dengan posisi kaki sedikit lebih ke belakang, stang harus ditekuk sedikit ke bawah. Ini menjadi hal yang wajib diterapkan. Excel Fork harus diganti juga dengan Super/PS.

Setelah komponen tersebut selesai, kini giliran blok yang harus diganti blok racing misalkan blok Malossi atau Pinasco. Dua blok ini memiliki 6 buah lubang bilas, head silinder serta seher. Dengan adanya perubahan ini, cc motor Vespa Anda akan berubah dari 150cc menjadi 200cc.

Agar mendapatkan performa yang sempurna agar membuktikan Vespa juga bisa jadi Vespa Racing, karbu original motor Vespa Anda harus diganti dengan karbu setidaknya Spartan 24/24. Sebelumnya, karbu tersebut direamer ulang terlebih dahulu. Hal ini diperlukan agar semprotan BBM bisa lebih lancar. Jika Anda ingin performa yang labih, Anda juga bisa memilih karbu RX King.

 

Untuk tarikan semakin mumpuni perlu juga memastikan Vespa racing Anda menggunakan kopling racing yang memiliki 4 kampas. Kopling yang satu ini sangat membantu untuk mendukung modifikasi mesin yang sudah diubah. Untuk pembuangan atau knalpot, Vespa Anda harus dilengkapi dengan knalpot bersilider Ninja. Di pasar, banyak sekali model knalpot yang racing yang bisa Anda pesan. Rata-rata, racing racing untuk Vespa ditawarkan dengan harga berkisar antara Rp 150.000-Rp 300.000. Akan tetapi, untuk Pinasco, Anda harus merogoh kocek lebih dalam. Knalpot ini dibandrol dengan harga sekitar 3-4 juta rupiah.

Sedangkan untuk balutan striping atau cat bernuansa racing cukup berkreasi sendiri saja. Yang jelas, motif luar harus disesuaikan dengan selera Anda. Seperti contoh, Anda bisa memilih warna favorit Anda sebagai warna utama Vespa racing Anda. Akan tetapi, sangat direkomendasikan warna tersebut dikombinasikan dengan warna yang lain yang cocok. Tentu saja warna sekunder ini tidak kalah mendominasi warna utama.

 

Kalau kaki-kaki seperti pelek berperan begitu penting untuk penampilan. Tidak match kalau stang bengkok dan tampilan sporty tidak dibarengi dengan pelek racing. Ada berbagai pilihan jika Anda memilih pelek racing. Pelek bintang menjadi pelek racing yang paling banyak dicari. Dalam hal ini, warna pelek harus disesuaikan dengan warna body Vespa racing Anda.