Memodifikasi kendaraan sebagai perangkat hiburan selama perjalanan


Memodifikasi kendaraan Memodifikasi kendaraan  adalah hobi yang sangat menyenangkan, termasuk modifikasi sepeda motor dan modifikasi mobil. Dalam memodifikasi mobil, ada beberapa bagian yang digunakan untuk menjadi sentuhan modifikator ini. Salah satu yang sering sentuhan awal interior, terutama pada perangkat hiburan. Tujuan dari modifikasi ini adalah untuk perangkat hiburan selama perjalanan, pengemudi dan penumpang tidak merasa lelah dan bosan dengan hiburan berkualitas dari perangkat audio.

Pada jaman dulu, sentuhan perangkat hiburan masih terbatas pada audio semata. Namun, seiring perkembangan jaman dan teknologi, kini perangkat hiburan di dalam mobil sudah dilengkapi dengan perangkat visual. Sehingga, selain hanya bisa mendengarkan musik kita juga bisa menyaksikan hiburan di dalam mobil. Seperti jika ingin memutar film, video musik atau juga hendak menyaksikan tayangan televisi. Semua sudah dimungkinkan demi memberikan kenyamanan kepada pengguna mobil tersebut di perjalanan.

Selain itu, modif mobil kerap pula dilakukan untuk membenahi penampilan luar sebuah mobil. Yang paling mudah untuk bagian luar mobil biasanya hanya dengan mengubah penampilan warna yang dibuat lebih berwarna-warni sesuai selera pemiliknya. Namun, untuk melakukan modif mobil dengan mengubah warna cat ini, biasanya harus melewati beberapa prosedur yang terkait administrasi identitas kendaraan. Salah satunya dengan mengubah keterangan warna mobil pada Surat Tanda Nomor Kendaraan atau STNK yang sudah mencantumkan tentang warna mobil tersebut.

Tips Modif Mobil

 

Memodifikasi kendaraan Para modifikator yang gemar melakukan modif mobil biasanya melakukan modifikasi hanya dengan melihat hasil modifikasi yang mereka lakukan saja. Akibatnya, tak jarang hal ini kemudian menimbulkan masalah di kemudian hari.

Baik itu dalam masalah administrasi kendaraan sebagaimana jika kita mengganti warna kendaraan atau mesin kendaraan. Demikian pula, jika modif mobil yang dilakukan berdampak menghambat fungsi kendaraan. Seperti dengan menjadikan mobil lebih pendek daripada ukuran asli. Hal ini akan berdampak pada sulitnya sebuah mobil jika harus melewati jalan yang bergelombang atau juga penuh dengan polisi tidur.

 

Oleh karena itu, sebelum kita melakukan modif mobil, kiranya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Hal ini demi mencegah hilangnya manfaat mobil yang seharusnya kita dapatkan karena melakukan modifikasi yang kurang tepat. Beberapa hal tersebut diantaranya adalah :

Pastikan bahwa proses modifikasi yang kita lakukan tidak menyalahi ketentuan dan peraturan lalu lintas yang berlaku. Hal ini demi mencegah kemungkinan proses hukum yang bisa diterima karena melakukan modifikasi tersebut. Salah satunya adalah dengan mengubah warna mobil yang tidak sesuai dokumen kendaraan, atau mengubah mesin yang tidak sesuai dengan data yang ada.
Proses modifikasi mobil harus sesuai dengan kemampuan mobil itu sendiri. Jangan paksakan modifikasi yang dilakukan di luar kemampuan standar mobil. Seperti mengubah ukuran ban secara ekstrim, karena hal itu akan berpengaruh pada kerja mesin serta kondisi lengan ayun mobil. Jika ingin memiliki mobil yang menggunakan ban berukuran besar, lebih baik ubah pula per mobil serta lengan ayunnya agar mobil tetap bisa nyaman. Demikian pula dengan mesin, hendaknya kemampuan mesin perlu disesuaikan agar tidak menjadikan beban kerja mesin menjadi berlebihan.
Buatlah prioritas dan perencanaan matang dalam melakukan modif mobil. Hal ini untuk pengaturan anggaran keuangan serta membatasi pengeluaran.
Dalam melakukan modif mobil, hendaknya jangan melupakan tentang fungsi dasar sebuah mobil. Seperti dengan menjadikan mobil tidak bisa digunakan menempuh berbagai medan atau juga dengan hanya menyisakan satu kursi untuk pengemudi saja. Modifikasi seperti ini, selain menghilangkan fungsi sebuah mobil juga hanya akan menyulitkan pemilik mobil itu sendiri.