Mercedes-Benz E300 Avantgarde Kemewahan di Kelas Sedan Premium


Mercedes-Benz E300 Avantgarde

Mercedes-Benz E300 merupakan mobil yang diciptakan pabrikan Jerman untuk memberikan persaingan di kelas sedan premium. Mobil sedan premium memang identik dengan kemewahan yang memberikan kenyamanan lebih daripada mobil lainnya, dan layaknya mobil ini cocok disupiri.

Anggapan itu berbeda jika mengendarai sebuah Mercedes-Benz E300 Avantgarde, karena pada varian ini tidak hanya penumpang yang diberikan kenyamanan. Tetapi pengendara juga diberikan sejumlah fitur sport untuk mendukung pengendalian sebuah E-Class ini, seperti yang dirasakan tim BosMobil.com pada saat mengendarainya.

Seperti apa sih fitur-fitur tersebut? Sebelumnya, kita bahas satu-persatu yuk.

 

Eksterior

Mercedes-Benz E300 Avantgarde memang tampil kalem nan mewah yang memiliki khas E-Class.

 

Mercedes-Benz E300 Avantgarde

Desain bemper depan diikuti grill yang yang besar mendukung gaya sedan premium, berikut dengan lampu depan besar terbagi 2 khas ‘Mercy’ yang berteknologi Bi-Xenon dan dilengkapi dengan Cornering Light Function yang membantu pengemudi untuk melihat sisi pada saat menikung, serta tambahan Daytime Running Lamp menggantikan posisi foglamp.

Terdapat garis panjang yang melintang dari spakbor depan hingga belakang pada bodi samping E300 Avantgarde untuk memberikan kesan mobil premium. Kesan tersebut makin didukung dengan adanya Chrome Strip Trim tipis yang terletak agak ke bawah dan spion yang terintegrasi dengan lampu sein berbohlam LED.

Mercedes-Benz E300 AvantgardeBemper belakang juga mengadopsi desain mobil premium dengan bentuk yang agak ‘gemuk’ berikut adanya Chrome Strip Trim. Tidak sampai disitu, sepasang tail pipe krom berbentuk oval juga menambah khas mobil premium. Pelengkapnya adalah sepasang stop lamp yang mengadopsi bohlam LED khas futuristik.

Sedangkan bagian roda E300 Avantgarde mengaplikasikan velg 5 twin-spoke light-alloy wheels berdiameter 17 inci. Velg palang 5 terbagi 2 yang dibalut ban 245/45-R17 tersebut memberikan nuansa sport pada bodi mobil yang memiliki panjang 4.868 mm dan lebar 2.071 mm.

Interior

Setelah bahas eksterior, kali ini saatnya untuk membahas interior.

Mercedes-Benz E300 AvantgardeMercedes-Benz E300 Avantgarde memiliki dasbor yang berbentuk agak meng-kotak berwarna hitam. Kesan sport hadir pada interior dengan adanya lapisan Black Ash Wood Trim, diikuti lingkar kemudi berbalut Nappa Leather berbentuk 4-spoke yang sangat nyaman untuk digenggam berikut beberapa tombol pengaturan untuk menonjolkan sisi ergonomis, dan Instrument Cluster In A 5-Tube Design berwarna silver dikombinasikan dengan hitam yang sangat lengkap menampilkan beberapa informasi yang ada di kendaraan seperti bensin, odometer, konsumsi bahan bakar, dan lain-lain.

Pindah ke bagian tengah dasbor, sisi ergonomis juga ditonjolkan pada interior E300 Avantgarde dengan beberapa tombol untuk pengaturan pendingin udara yang sangat mudah dikendalikan berikut dengan tulisan ‘AVANTGARDE’ yang berada diatasnya. Arm rest di bagian tengah diberikan untuk membuat pengemudi maupun penumpang depan merasa nyaman layaknya mobil premium. Jika mau meletakkan botol minuman, disediakan cup holder yang terletak dibalik lapisan Black Ash Wood Trim.

Radio Audio 20 CD Untuk urusan hiburan, E300 Avantgarde dilengkapi dengan sebuah Radio Audio 20 CD berikut dengan 6 CD-Changer yang bisa memutar file MP3. Tidak cukup juga, masih terdapat slot USB untuk iPod dan Flashdisk berikut slot Aux-In. Layar 5,8 inci terdapat di tengah dasbor tidak menyulitkan pengemudi pada saat pengaturan audio. Selain di tengah dan lingkar kemudi, pengaturan audio juga terdapat di depan arm rest depan untuk menambah keergonomisan. Pengeras suara bersistem 2-way terdapat di depan dan belakang.

Kesan sport bertambah ketika duduk di bangku kemudi E300 Avantgarde berlapis kulit warna hitam yang seakan ‘memeluk erat’ pengemudi. Selain itu diberikan fitur Dynamics Multicontour Seat untuk bangku depan kiri dan kanan yang sangat mudah dioperasikan. Untuk pengaturan posisi bangku depan terletak di doortrim berwarna hitam yang serba elektrik, diikuti dengan lapisan Black Ash Wood Trim menambah kesan sport. Dibawah jok depan juga terdapat laci yang dapat menyimpan beberapa barang kecil maupun dokumen penting. Untuk bagian belakang, porsi kenyamanan juga sama rata dengan depan ditambahkan arm rest yang bisa berfungsi sebagai cup holder. Air Conditioner untuk penumpang belakang terdapat di tengah tepat di belakang arm rest untuk penumpang belakang.

Interior Mercedes-Benz E300 AvantgardePanoramic Glass Sunroof merupakan fitur menarik lainnya yang terdapat pada E300. Untuk membuka dan menutupnya sangat mudah digunakan yang pengendaliannya terdapat tepat ditengah lampu kabin depan. Agar penumpang bagian belakang tidak kepanasan, terdapat Sun Protection Package yang terdiri dari Sunblinds pada kaca kiri dan kanan dan Roller Blind pada kaca belakang, tentunya tidak menghalangi pengemudi jika mau melihat kebelakang.

Jika membawa barang yang banyak, jangan khawatir karena E300 memiliki bagasi yang sangat luas. Dibawah lantai bagasi terdapat ban cadangan apabila terjadi kebocoran ban yang dilengkapi dengan peralatan bongkar roda dan P3K.

Mercedes-Benz E300 Avantgarde mengusung mesin yang cukup besar untuk dikelasnya. Silinder yang berjumlah 6 berformasi ‘V’ memiliki kapasitas mesin 2.996 cc. Dengan spesifikasi piston berdiameter 88 mm dan langkah 82.1 mm, mesin ini sanggup memuntahkan tenaga hingga 231 HP di 6.000 RPM dan torsi yang besar mencapai 300 Nm pada kisaran putaran mesin 2.500 sampai 5.000 RPM. Untuk menghantarkan tenaga dan torsi tersebut ke roda, E300 Avantgarde dilengkapi dengan transmisi otomatis 7G-Tronic yang membuatnya sangat enteng untuk berakselerasi dan mencapai top speed.

Interior Mercedes-Benz E300 AvantgardePada saat mencoba performa kaki-kaki, kesan sport terasa sekali ketika E300 Avantgarde diajak menikung maupun berakselerasi yang didukung dengan teknologi Avantgarde Suspension. Keamanan juga ditunjang dengan discbrake pada masing-masing roda. Keamanan lainnya juga terdapatnya Electronic Stability Program (ESP) with Accelaration Skid Control (ASR), Anti-lock Braking System (ABS), Brake Assist (BAS).

Airbags merupakan standar keamanan pada mobil Mercedes-Benz dengan terdapat berjumlah 8 airbags yaitu Driver and Front passenger airbags, Driver and Front passenger side-airbags, Front & Rear passenger window-airbags dan Rear seat side-airbags.

Mercedes-Benz E300 Avantgarde sangat layak dimiliki bagi yang ingin memiliki dan mengendarai mobil premium bernuansa sport. Berbagai fitur yang menambah kesan sport membuat pengemudi ketagihan untuk mengemudikan mobil ini. Dengan harga 1,089 juta rupiah, sangat layak dipertimbangkan jika sedang memilih mobil premium ini.