VW Golf 1.4 TSi teknologi TSi yang memadukan antara supercharger dan turbocharger


VW Golf 1.4 TSi

Bicara soal mesin memang tak sebesar varian saudaranya yang beremblemkan GTi, tapi jangan sekali-kali meremehkan tenaga yang tersimpan di dalamnya. Meskipun hanya memiliki kapasitas mesin 1.4 liter tetapi power yang dihasilkannya penuh dengan kejutkan. Berkat adanya teknologi TSi yang memadukan antara supercharger dan turbocharger, membuat VW Golf 1.4 TSi memiliki performa sangar.

Satu lagi kejutan yang dihadirkan VW Golf 1.4 TSi yaitu harganya yang bisa dibilang cukup terjangkau untuk ukuran mobil Eropa dengan segudang kelebihan yang dimilikinya. Ditambah konsumsi bahan bakar yang tak terlalu menguras isi dompet anda.

Ingin tahu apa saja kelebihan yang dimiliki hatchback asal Jerman ini, mari kita kupas satu-persatu..

 

Eksterior

Eksterior VW Golf 1.4 TSi

 

VW Golf merupakan sebuah legenda mobil hatchback di dunia yang tarus mengalami evolusi hingga mencapai generasi ke-6 atau VW biasa menyebutnya MK6. Sejak muncul perdana pada 1974 hingga generasi terbaru, Golf tak pernah meninggalkan ciri khas tampang pandahulunya.

Eksterior VW Golf 1.4 TSiHatchback empat pintu terbaru dari VW Golf ini hadir dengan model yang lebih sporty dan stylish walau tak segarang model terdahulunya MK5. Desain head lamp yang pipih dengan tatapan yang tajam serta grill dan bumper depan yang senada membuat tampilan mobil ini terlihat lebih freindly walau tanpa meninggalkan kesan mewah, jadi mobil ini sepertinya layak dimiliki semua gender. Di bagian samping terdapat garis bodi yang tajam dan terletak agak kebawah sehingga menimbulkan kesan ceper.

So sexy… bentuk bokong yang cenderung membulat padat berisi dipadu rear spoiler yang aerodinamis serta stop lamp yang senada dengan head lamp, membuat bodynya terasa pas dipaandang dari segala penjuru mata angin.

Interior

Interior VW Golf 1.4 TSi

Lupakan sejenak crowded kemacetan jalan ibukota dan rasakan kenyamanan di dalam kabin VW Golf 1.4 TSi yang lapang, senyap serta jok dengan bantalan busa nyaman yang terbuat dari bahan semi bucket dan dilapisi bahan kombinasi fabric dan suade. Lihatlah disekiling anda dan perhatikan detail dashboard yang mempunyai cita rasa seni tinggi. Tak lupa juga menikmati alunan musik dari head unit yang memproduksi suara  cukup jernih dan bisa juga dioprasikan melalui control pada stir yang berlapis kulit.

Interior VW Golf 1.4 TSiJangan terlalu cepat menggenggam erat gagang setir kemudi, karena selain control audio, dilingkar setir juga terdapat tombol switch untuk mobile phone, multifunction display dan pedal sift untuk transmisi  tiptronic ( + dan -) yang dioperasikan secara manual melalui sentuhan kecil.

Tujuh airbag yang tersebar merata dibagian kabin, termasuk untuk lutut pengemudi yang merupakan inovasi terbaru dari volkswgen menjamin keamanan pengemudi dan seluruh penumpang Golf TSI. Kelengkapan ini menjadikan mobil ini sebagai mobil pertama dikelasnya yang menyediakan fitur keselamatan sedemikian komplit. Sementara bagasi mempunyai kapasitas 350 liter, tapi jika kursi belakang dilipat bisa menghasilkan bagasi sampai 1.305 liter.

Under The Hood & Perfomance

Under The Hood & Perfomance VW Golf 1.4 TSi

Wow … amazing!! Twin stratifiet injection (TSI) berkerja sangat maskimal ketika pedal gas di injak dalam-dalam. Teknologi twincharger dari VW ini merupakan penggabungan supercharger yang bekerja untuk putaran mesin bawah sedangkan ketika mesin beranjak naik maka turbocharger-lah yang bekerja, alhasil walaupun mobil ini mempunyai kapasitas hanya 1.390cc dengan 4 silider segaris tapi bisa melesat hingga 200 km/jam lebih atau dalam data, hatchback kompak ini mampu menghembuskan tenaga hingga 160 HP pada putaran mesin 5800 rpm dan torsi 240 Nm diputaran 2000 rpm. Kekuatatan seperti ini setara dengan mesin berkapasitas 2.3 liter tanpa turbo.

Under The Hood & Perfomance VW Golf 1.4 TSiKejuatan mobil ini tak berhenti sebatas tenaganya yang buas. Berkat gearbox 7 percepatan yang dilengkapi dual clutch gearbok (DSG) berkopling ganda yang dioperasikan secara hidraulik plus, membuat perpindahan gigi begitu halus dan cepat hampir tak ada sentakan. Sementara Posisi pada tongkat pemindah gigi disediakan mode “D” (normal) dan S (Sport). Tambahan lain adalah mode untuk tiptronic ( + dan -), yang dioperasikan secara manual melalui sentuhan kecil paddle shifter di setir kemudi.

Sensasi berbeda juga ditawarkan ketika tuas transmisi dipindahkan ke posisi ‘S’ mobil langsung menghempas walaupun dalam posisi start diam. Sedangkan untuk kestabilan dirasa cukup mumpuni, karena Golf 1.4 TSI sudah dilengkapi dengan Electronic Stability Program (ESP) sehingga ketika diajak bermanufer mobil tak kehilangan traksi.
Kinerja mesin TSI yang maksimal di setiap putaran Mesin dengan memanfaatkaan setiap asupan udara dari gas exhaust, dan  kompresor membuat VW Golf 1.4 TSI sangat ramah terhadap dompet anda. Terbukti mobil super power ini hanya mengkonsumsi 10,7 km/liter, itupun diperoleh dengan berkendara yang sangat agersif karena ingin mendapatkan akselerasi dan top speed, tapi bila sedikit lebih kalem mungkin bisa mencapai hasil yang baik. Klaim VW, menyebutkan kombinasi 16,6  km/liter, paling boros di dalam kota 13,3 km/liter dan teririt 19 km/liter.

Price & style

Mengenai harga PT Garuda Mataram Motor (GMM) selaku pemegang merek Volkswagen dan Audi di Indonesia membandrol Golf TSi 1.4 yang dirakit di dalam negeri (Completely Knock Down atau CKD) dengan harga Rp 349 juta on-the-road. Dengan harga terjangkau dan segudang kelebihan yang dimilikinya, maka pantaslah mobil ini memjadi yang terbaik di kelasnya.

So gimana menurut anda …. More economic and more affordable bukaan …