Periksakan Diri Anda Ke Dokter Kandungan Jika Merasakan Sakit


Jika Anda sudah melewati usia reproduktif atau tidak ingin hamil lagi, akan dilakukan pengangkatan rahim, disertai pengencangan otot vagina depan dan belakang. Bila turunnya rahim disebabkan adanya tumor, tentu penyebab ini yang akan ditangani terlebih dahulu, yaitu dengan mengangkat tumornya. Selain itu akan dilihat pula apakah perlu atau tidak mengangkat rahimnya sekaligus. Seandainya pasien menolak dioperasi karena merasa keluhannya tidak berat, dokter akan memberikan solusi berupa pemasangan semacam cincin di vagina agar rahim tak semakin turun. Tindakan yang sama berlaku bagi pasien usia lanjut dan berisiko terhadap pembiusan.

READ:  Penyebab Wanita Sering PMS

Pengobatan secara oral umumnya tidak ada, kecuali untuk mengurangi gejala rasa sakit di bawah perut atau belakang bawah panggul dengan pemberian obat pengurang rasa nyeri. Namun obat ini tidak akan diberikan dalam jangka panjang mengingat dampaknya pada fungsi ginjal. Menurut Bonti, kebiasaan pengurutan di bagian perut (yang dipercaya dapat mencegah peranakan turun) di dalam dunia kedokteran belum dibuktikan secara ilmiah. Bonti berpendapat, otot-otot yang lemah tidak akan menjadi kuat lagi dengan pengurutan, kecuali hanyauntuk menghilangkan sementara rasa pegal yang timbul. Yang dikhawatirkan dari tindakan pengurutan itu adalah trauma atau cedera.

READ:  Inilah Manfaat Seks yang Anda Harus Ketahui

Saran Bonti, sebaiknya Anda melakukan latihan senam kegel (mengencang-kendurkan vagina dalam beberapa hitungan) untuk mengencangkan otot-otot dasar panggul. Hal ini diharapkan dapat membantu mencegah terjadinya prolaps uteri atau membuat prolaps uteri yang ringan tidak menjadi semakin parah. Latihan ini memang tidak bisa secara murni mencegah terjadinya turun rahim. Bagaimanapun juga semakin bertambahnya usia, otot-otot dasar panggul pun akan semakin melemah.