Makanan yang Dikonsumsi Setelah Berolahraga Agar Mengandung Protein


Apabila Anda selesai melakukan olahraga pastinya Anda merasa tubuh memerlukan nutrisi untuk mengantikan kalori yang sudah terbakar ketika berolahraga. Nutrisi yang dikonsumsi setelah berolahraga bisa mempengaruhi faktor pemulihan tubuh menjadi lebih cepat, serta memperoleh kebugaran, mempertahanakan dan membangun otot-otot di tubuh. Namun kondisi ini tergantung dari makanan apa yang dikonsumsi setelah ia berolahraga, karena beberapa makanan bisa memicu percepatan pemulihan tapi ada juga yang memperlambat pencernaan sehingga tubuh kekurangan energi.

READ:  Manfaat Jahe Bagi Kesehatan

Untuk itu tubuh harus mendapatkan asupan glukosa untuk mendapatkan energi kembali dan mengganti simpanan glikogen yang hilang. Selain itu hal yang tak kalah penting adalah seseorang perlu mengonsumsi cairan yang cukup untuk menggantikan cairan yang hilang melalui keringat agar tubuh tidak mengalami dehidrasi. Penggantian simpanan glikogen, cairan dan ion tubuh yang hilang ini harus dimulai dalam waktu 30 menit setelah olahraga untuk meningkatkan proses pemulihan tubuh.

Ada beberapa makanan yang sebaiknya dikonsumsi setelah olahraga harus mengandung protein dan karbohidrat:

READ:  Tips Menghindarkan Diri dari Penyakit Stroke dan Jantung

1. Buah kering dan kacang
2. Buah atau jus sayuran bersama dengan sandwich ayam atau sandwich sayuran (sebaiknya pilih roti yang berwarna cokelat)
3. Omelet sayuran dengan roti
4. Cokelat susu
5. Sereal dengan susu
6. Roti panggang dan telur