Mobil bertenaga listrik


Mobil tenaga listrikSeperti melanjutkan sukses kehadirannya di India, pabrikan Amerika Serikat (AS) General Motors (GM) sedang merencanakan untuk kehadiran Spark bertenaga listrik.

GM rencananya akan kembali membidik Negeri Taj Mahal itu untuk proyek mobil listrik terbarunya yang mereka sebut e-Spark.

Demi menjalankan program mobil listriknya tersebut, GM akan menjalin kerja sama dengan Reva Electric Company, dan dijadwalkan mobil listrik itu akan meluncur ke pasar akhir tahun ini.

“Proyek GM tetap terjadwal dan kita siap dengan e-Spark akhir 2011 yang segera diluncurkan di pasar India kuartal pertama 2012,” ucap Deputy Chairman Reva, Chetan Maini, seperti dikutip dari Just-auto.

 

Menurut Maini Spark bertenaga listrik tersebut akan diproduksi di pabrik GM Talegaon di Pune, India, dengan konstruksi yang sama dengan Chevrolet Spark konvensional bermesin bensin.

Namun GM akan menambahkan sumber tenaga RECC EV dengan dua sistem mode berkendara, yakni Reguler dan Boost. Sumber tenaga baterai listrik tersebut akan memasok torsi tinggi.

 

Selain itu dipastikan ada pula sejumlah fitur canggih ramah lingkungan lainnya yang diusung e-Spark. Bila rencana ini terwujud, maka e-Spark akan menjadi mobil empat penumpang pertama yang dijual di negara tersebut. Disamping e-Spark, Reva juga berencana menghadirkan mobil listrik lain, yakni NXR dan NXG, akhir  2011.